Warga RI Boleh Berkunjung ke Singapura, Salah Satu Syaratnya Harus Punya Asuransi Kesehatan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 18 November 2021 - 12:35 WIB

Singapura
Singapura

INDUSTRY.co.id - Mulai 29 November, Singapura akan membuka akses perjalanan bagi wisatawan asal Indonesia untuk masuk ke wilayahnya. Pembukaan wilayah tersebut dilakukan melalui program Vaccinated Travel Lanes (VTL).

Dilansir dari laman Times of India, maka dengan ini memungkinkan wisatawan asal Indonesia masuk ke Singapura tanpa karantina. Pemerintah Singapura pun juga mengumumkan bahwa wisatawan asal India juga diperbolehkan masuk ke negara tersebut pada 29 November. Selain itu, disusul dengan Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab pada 6 Desember juga diperbolehkan berkunjung ke Singapura.

Melalui program tersebut, wisatawan dari negara-negara yang telah ditentukan bisa masuk tanpa karantina dengan syarat sudah menjalani vaksinasi lengkap. Selain itu, adapun sejumlah syarat dokumen yang perlu diserahkan untuk wisatawan yang ingin ke Singapura. 

Selain itu, para wisatawan asing tersebut harus menjalani tes PCR dengan hasil negatif yang diambil dua hari sebelum keberangkatan, dan juga menjalani tes PCR pada saat kedatangan. 

Tidak hanya itu, syarat kedatangan ke Singapura harus juga mempunyai asuransi medis terkait Covid-19 minimum 30 ribu dolar Singapura. Pelancong bisa memilih asuransi yang basisnya di Singapura atau luar negeri. Sementara, bagi mereka yang tidak divaksin karena berusia 12 tahun ke bawah, dapat melakukan perjalanan VTL jika ditemani mereka yang divaksinasi lengkap.

Lebih lanjut, wisatawan juga harus mengajukan permohonan skema VTL yang dibuka mulai 22 November untuk warga Indonesia melalui safetravel.ica.gov.sg

Menteri Perhubungan Singapura S Iswaran mengatakan bahwa India dan Singapura telah bekerja sama dalam hal pengakuan vaksin untuk beberapa waktu.

"Ini berarti bahwa wisatawan yang sepenuhnya divaksinasi tidak perlu lagi menjalani tes pasca-kedatangan, mereka hanya perlu memantau diri sendiri selama 14 hari setelah kedatangan. Diskusi kami dengan India berjalan dengan baik. Dan kami bertujuan untuk melanjutkan dua penerbangan VTL harian masing-masing ke Chennai, Delhi dan Mumbai pada 29 November," katanya.

Ia juga mengatakan saat konferensi pers oleh gugus tugas multi-kementerian Covid-19 bahwa negara-negara yang akan dibuka Singapura adalah semua tujuan penting. Misalnya, India menyumbang sekitar 7 persen dari kedatangan penumpang di Bandara Changi pada 2019.

Sebelumnya Singapura telah membuka VTL ini dengan 16 negara lain. Tiga belas di antaranya sudah berlaku, dan tiga lagi dengan Malaysia, Swedia dan Finlandia akan dimulai pada 29 November. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Parfum Summerscent

Rabu, 29 Juni 2022 - 22:30 WIB

Summerscent Hadirkan Wewangian Mewah dengan Harga Terjangkau

Dalam beberapa tahun terakhir, produk wewangian atau parfum lokal mulai menjamur dan tengah digandrungi oleh masyarakat. Banyak brand wewangian lokal yang menarik perhatian, salah satunya Summerscent.…

Webinar Jamkrindo preneur

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:49 WIB

Jamkrindo Dukung Transformasi Digitalisasi UMKM

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52, PT Jaminan Kredit Indonesia (PT Jamkrindo), perusahaan penjaminan kredit terbesar di Indonesia, menyelenggarakan Coaching Clinic Jamkrindopreneur…

Depot air isi ulang

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:32 WIB

Asosiasi Depot Air Minum: Label BPA Bantu Pertumbuhan UMKM.

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (APDAMINDO) —induk organisasi 60.000 depot air minum di Indonesia, Budi Darmawan, menepis isu pelabelan Bisfenol A atau…

Cisco Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama dalam Best Workplaces Indonesia tahun 2022

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:29 WIB

Great Place to Work Indonesia Berikan Penghargaan kepada Perusahaan dengan Budaya Tempat Kerja Terbaik

Jakarta-Great Place to Work® adalah otoritas global dalam budaya tempat kerja, mengumumkan daftar perdana Certified™ dan 10 Best Workplaces™ terbaik pada acara Indonesia Best Workplaces…

Ilustrasi Kwitansi

Rabu, 29 Juni 2022 - 19:12 WIB

Pengertian dan Cara Menggunakan Kwitansi dalam Melakukan Transaksi Keuangan

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen bukti transaksi keuangan. Mengenai transaksi keuangan, mungkin sejak kecil kita sudah biasa melakukannya. Seperti ketika kita membeli jajan di pedagang…