PT TWC Dukung Perayaan Abhiseka Prambanan Jadi Wisata Religi Kelas Dunia

Oleh : Hariyanto | Senin, 15 November 2021 - 10:55 WIB

 Perayaan Abhiseka Prambanan
Perayaan Abhiseka Prambanan

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) mendukung perayaaan Ahiseka Prambanan menjadi wisata religi kelas dunia. Upacara memperingati peresmian pembangunan Candi Prambanan oleh Rakai Pikatan ini diharapkan bisa menampilkan aspek seni budaya yang memperkuat aspek kepariwisataan khususnya di kawasan Candi Prambanan.

“TWC mendukung penyelenggaraan Abhiseka ini. Kami berharap kegiatan perayaan keagamaan seperti ini tidak hanya menghadirkan kemanfaatan religius bagi umat Hindu saja, namun juga bisa menunjukkan kegiatan seni budaya yang menguatkan aspek kepariwisataan, khususnya di kawasan Candi Prambanan ini,” terang Direktur Utama PT TWC Edy Setijono dalam sambutannya dalam acara pembukaan Abhiseka di kompleks TWC Prambanan, Klaten, Jumat (12/11/2021).

Candi Prambanan sebagai World Heritage yang diakui UNESCO merupakan big civilization library, bisa dijadikan inspirasi untuk belajar kebesaran peradaban bangsa di masa lampau. Inspirasi dari Prambanan ini diharap bisa menjadi penyemangat untuk memulai kehidupan pascapandemi yang lebih sejahtera.

“Abhiseka tidak hanya bertujuan membersihkan dan menyucikan candi hindu terbesar di Indonesia, namun juga memberikan kemanfaatan sosial lainnya yang bisa mendorong semangat masyarakat khususnya untuk segera bangkit dari Covid-19 menuju kehidupuan yang bahagia dan sejarhtera,” lanjutnya. 

Senada dengan itu, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama RI Tri Handoko mendukung program wisata religi yang ada di Prambanan. Menurutnya, upacara seperti Tawur Agung dan Abhiseka Prambanan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Prambanan.

“Kami merencanakan festivak seni keagamanal di Prambanan ini melibatkan seluruh umat di Indonesia. Misal Nyepi, tidak hanya sehari dua hari saja, tapi sepekan. Kita undang tamu internasional untuk mempromosikan nilai adiluhung Candi Prambanan. Semoga, ke depan Prambaan bisa menjadi destinasi religi dunia,” terangnya.

Ditjen Bimas Hindu Kementerian Agama RI berharap melalui upacara Abhiseka ini upaya pelestarian dan pemanfaatan Candi Prambanan akan semakin terjaga dan berkesinambungan. 

“Pemanfaatan untuk kepentingan agama ditujukan untuk beribadah sehingga tidak merusak kelesatarian candi. Candi semakin lestari dan memberi nilai manfaat bagi Indonesia serta bagi masyarakat di sekitar,” terangnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia saat peresmian fasilitas produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI)

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:10 WIB

Resmikan Fasilitas Produksi PT STI, Menteri Bahlil Minta Ruang untuk Anak-anak Daerah jadi Tuan Rumah

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia hadir dalam Peresmian Fasilitas Produksi PT Smoore Technology Indonesia (STI) yang berlokasi di Kabupaten Malang.

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Jumat, 01 Juli 2022 - 12:09 WIB

Kabar Duka Cita, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta…

Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani saat menerima laporan dari Ketua Komisi II Ahamd Doli Kurnia. Foto: Jaka/ rni

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:17 WIB

DPR Sahkan 3 UU Provinsi Baru, Puan, Jaminan Hak Rakyat Papua dalam Pemerataan Pembangunan

Jakarta-Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua. Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani mengatakan, dukungan…

Ilustrasi tenaga kerja konstruksi

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Tahun 2022-2023, Kementerian PUPR Perbanyak Program Pembinaan Tenaga Kerja Konstruksi Vokasional

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus melakukan pelatihan dan sertifikasi pada tenaga kerja konstruksi guna meningkatkan kompetensi…

KSP Indosurya

Jumat, 01 Juli 2022 - 11:05 WIB

Sah! KSP Indosurya Berstatus Koperasi dalam Pengawasan Khusus

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) akan menetapkan KSP Indosurya dalam status Koperasi Dalam Pengawasan Khusus menyusul belum tuntasnya proses pembayaran kewajiban terhadap anggota serta…