Jababeka Berikan Edukasi Lingkungan kepada Bank Sampah Anak di Desa Jatibaru

Oleh : Ridwan | Kamis, 11 November 2021 - 16:30 WIB

CSR Jababeka peduli lingkungan
CSR Jababeka peduli lingkungan

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Kepedulian terhadap lingkungan harus ditanamkan kepada anak-anak sejak dini. Sebab lingkungan yang ada saat ini, kelak akan diturunkan kepada mereka. 

Jika suatu daerah tidak bisa menjaga lingkungan akibat banyak yang abai membuang sampah pada tempatnya, maka lingkungan tersebut akan rentan banjir. Hasilnya, “warisan” yang diturunkan ke generasi selanjutnya atau anak ialah lingkungan yang rentan banjir. 

Oleh karenanya, penting melakukan edukasi lingkungan kepada anak-anak sejak dini. Semata agar mereka bisa tumbuh menjadi seseorang yang memiliki perilaku menjaga lingkungan, semisal tidak membuang sampah sembarang. Seperti diketahui, sampah menjadikan beban pada lingkungan atau alam.

Menyadari hal itu, PT Jababeka Tbk mengajak Bank Sampah Anak (BSA) Kenanga mengadakan program edukasi lingkungan untuk turut serta mengelola sampah di rumah. Tujuannya, untuk memotivasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab serta kepedulian terhadap sampah yang mereka hasilkan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun sebanyak 15 anak perwakilan anggota BSA Kenanga mengikuti edukasi lingkungan ini selama dua hari. Mereka mulai dari kelas 3–6 SD, sangat antusias menjalankan program yang dibuat oleh Jababeka bersama BSA Kenanga seusai pulang sekolah. 

Pada hari pertama diadakan kegiatan pemutaran video tentang sampah plastik dan pembuatan ecobrick menggunakan botol dan kantong plastik bekas yang kemudian dirangkai menjadi bangku dan meja. Pada hari kedua, anak-anak melukis tong sampah dengan tema lingkungan yang kemudian dilanjutkan dengan aksi pungut sampah di sekitar BSA Kenanga. Di mana sampah plastik yang mereka kumpulkan kemudian ditimbang dan dicatat ke dalam buku tabungan sampah mereka.

Karlina Ropi selaku Ketua PKK Kecamatan Cikarang Timur, yang turut hadir pada hari pertama, amat mendukung  kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat di mana memberikan kegiatan positif untuk mengisi waktu luang anak-anak pasca pulang sekolah.

"Jadi, mereka tidak sekedar bermain, melainkan bermain sambil belajar. Sehingga mereka pun mendapat kan ilmu dan pengalaman baru,” ujarnya.

Hal itu bisa dilihat dari salah satu peserta yang bernama Egi. Ia mengaku sangat senang dan menikmati kegiatan kegiatan edukasi lingkungan ini.

“Saya senang bisa memungut sampah bareng teman-teman. Dan kemudian nanti hasil tabungannya bisa buat rekreasi dan beli peralatan sekolah," ungkapnya, singkat.

Sementara itu, Tjahjadi Rahardja selaku Wakil Direktur Utama PT Jababeka Tbk menyampaikan bahwa kegiatan edukasi lingkungan merupakan salah satu wujud komitmen PT Jababeka Tbk yang amat menaruh perhatian terhadap kelestarian alam dan lingkungan. 

Hal itu bisa terlihat dalam salah satu pilar program Corporate Social Responsibility (CSR) yang fokus pada isu lingkungan, yaitu Jabat Lingkungan. Goal-nya, Jababeka terlibat secara intens hingga mampu memberi dampak langsung, dan bisa terbangun lingkungan kawasan dan sekitar  yang bersih, sehat dan berkelanjutan.

Sekadar informasi, sebelumnya, belum lama ini, Jababeka telah memberikan bantuan penghijauan kepada umat Hindu di Kabupaten Bekasi yang tergabung dalam Banjar Suka Duka Hindu Dharma. 

Kemudian, penanaman pohon-pohon trembesi di sekitar kawasan industri jababeka dan melakukan penanaman tanaman melalui vetiver system di bantaran Sungai Kali Ulu, demi bisa mencegah bencana banjir, memproteksi infrastruktur, dan mitigasi erosi.

“Sementara untuk kegiatan edukasi lingkungan bersama Bank Sampah Anak Kenanga, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa, maka kami ingin membantu kebiasaan baik dalam menjaga lingkungan sejak kecil. Sehingga, harapannya, saat mereka tumbuh menjadi remaja hingga dewasa, kebiasaan baik mereka dapat terus jalani, bahkan bisa menular ke banyak orang,” tutup Tjahjadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…