Sejumlah yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Membeli Asuransi, Berikut Saran IFG Life

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 November 2021 - 13:00 WIB

Indonesia Financial Group IFG
Indonesia Financial Group IFG

INDUSTRY.co.id - Jakarta-PT Asuransi Jiwa IFG (IFG LIfe) kembali menyelenggarakan IG Live Talks yang tetap menggandeng Finansialku.com yang merupakan kegiatan edukasi kepada masyarakat mengenai keuangan dan asuransi. Pada IG Live Talks kali ini mengundang Robby Christy yang merupakan Head of Advisor di Finansialku dan Donna Maretha selaku moderator IFG Life. Tema yang diangkat pada IG Live Talks kali ini adalah “Asuransi, Proteksi atau Investasi?”.

Diawal acara, Donna menyatakan pentingnya memahami produk asuransi yang akan dibeli. “Sebelum membeli produk asuransi jiwa alangkah baiknya jika kita memahami produk yang kita beli, jangan sampai ibarat pepatah membeli kucing dalam karung. Sebagai nasabah, kita juga perlu dengan seksama membaca isi polis apakah sudah sesuai dengan kebutuhan dan juga apakah sudah sesuai dengan penjelasan dari agen asuransi. Membeli polis asuransi sejatinya tidak akan beda dengan barang-barang lainnya yang kita beli, kita harus memahami betul produk asuransi seperti apa yang kita butuhkan dan apakah produk tersebut sudah sesuai dengan yang ditawarkan” tuturnya.

Dalam diskusi Robby mengatakan bahwa, ”terdapat perbedaan antara produk asuransi jiwa dan produk asuransi unit link. Produk asuransi tradisional adalah produk asuransi murni yang hanya memiliki proteksi. Sedangkan produk asuransi unit link adalah gabungan dari produk asuransi murni yang menambahkan porsi investasi di dalamnya,”

Menurut Robby, produk asuransi unit link adalah produk jangka panjang dan jangan pernah berpikir untuk mencari profit. Karena produk investasi di dalam produk tersebut digunakan sebagai biaya asuransi sampai dengan usia tertentu. Terkait dengan pengembangan di dalamnya tentunya juga terdapat risiko investasi yang dapat merugi.

Robby menambahkan bahwa produk asuransi unit link memiliki fleksibiltas di mana kita sebagai nasabah dapat memilih jenis investasi apa yang akan kita inginkan. Selain itu terdapat pembebasan premi (waiver) yang berguna ketika kita mengalami risiko seperti penyakit kritis atau cacat permanen, maka pembayaran asuransi dapat dilanjutkan oleh perusahaan asuransi. Tak hanya itu, di dalam produk unit link juga terdapat cuti premi, sehingga nasabah tidak perlu membayar premi namun dipotong dari saldo hasil pengembangan investasi.

Diakhir acara, Donna menyarankan agar memilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhkan kita dan teliti dalam membaca isi polis asuransi untuk mengetahui manfaat asuransi yang kita terima, cara klaim, besaran premi yang harus dibayarkan serta memperhatikan konteks pengecualian di dalam polis asuransi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Senin, 24 Januari 2022 - 04:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Bantu Prosesi Pemakaman Warga Perbatasan RI-PNG

Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC membantu proses pemakaman salah satu warga meninggal dunia karena sakit di Kampung Sach, Distrik Waris, Kab. Keerom.

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:00 WIB

Ketum IMI Ingatkan Semangat Brotherhood Harus Rekatkan Ikatan Kebangsaan, HUT Ke-3 MBI DKI Jakarta

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengingatkan bagi sebuah organisasi, peringatan hari ulang tahun adalah momen penting, baik sebagai sarana refleksi…