Etika Berinteraksi pada Telekonferensi dan Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 03 November 2021 - 21:00 WIB

Ilustrasi Berinternet (Ist)
Ilustrasi Berinternet (Ist)

INDUSTRY.co.id - Dunia digital dan pengguna internet di awal 2021 jumlahnya meningkat pesat. Kebanyakan mengakses internet melalui perangkat selulsr. Dengan pengguna yang terbilang besar, kita harus mengimbangi interaksi di dunia digital dengan baik menggunakan netiket.

Netiket adalah kumpulan perilaku yang baik dan dianjurkan di internet. Mematuhi dan menerapkan perilaku online yang baik bukan hanya wajib, tetapi sudah menjadi tanggung jawab kita semua sebagai pengguna internet. Setiap harinya, kita bisa membagi alat komunikasi kita di dunia digital menjadi dua yakni melalui telekonferensi dan media sosial.

Ketika kita berinteraksi pada sebuah telekonferensi sesuai dengan etika, kita tentu perlu mempersiapkan diri kita untuk hadir dalam telekonferensi tersebut. Hadir tepat waktu dan mengenakan pakaian yang pantas. Biasakan menyalakan kamera video sebagai bentuk menghargai orang lain. Matikan mikrofon saat tidak ada kepentingan berbicara dan beri tanda apabila kita ingin berbicara. 

“Jangan enggan untuk bersikap hormat, menggunakan kata-kata santun, dan berkata tolong, maaf, dan terima kasih,” tutur Intan Maharani, COO Positivibe dalam Webinar wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Sementara itu, dalam berinteraksi di media sosial sesuai dengan etika ialah memilih hal-hal yang positif, termasuk akun yang difollow rekan, dan informasi yang ingin dibagikan. Kemudian, pilihlah bahasa dan tutur kata yang baik untuk dibagikan di media sosial, pastikan segala informasi yang ingin dibagikan itu valid. Hindari mengunggah informasi pribadi dan tidak berkomentar negatif pada postingan orang lain di media sosial.

“Sopan santun adalah landasan utama masyarakat yang beradab. Kita sebagai warga Indonesia yang beradab harus memperlakukan setiap orang dengan baik dan hormat, baik tatap muka maupun di balik layar,” jelasnya.

Untuk itu, kita harus bisa menjadi manusia yang baik dan memulai segala hal positif dari diri sendiri. Ingat juga bahwa rekam jejak digital kita bisa diakses secara global dalam jangka waktu yang lama.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 - untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (2/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Pringgo Aryo Pradana (Produser Musik/Komposer), Mardiana R.L (Vice Principal in Kinderhouse Pre School), Pipit Djatma (Foundraiser Consultant and Psychosocial Activist IBU Foundation), dan Janna S. Joesoef (Key Opinion Leader).

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital merupakan rangkaian panjang kegiatan webinar di seluruh penjuru Indonesia. Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…