Jadikan Ramadhan Waktu yang Tepat Berhenti Merokok

Oleh : Ridwan | Kamis, 01 Juni 2017 - 14:27 WIB

Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)
Ilustrasi Berhenti Merokok (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Berhenti merokok mungkin mudah untuk diucapkan, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Bulan Ramadhan ini bisa menjadi waktu yang tepat bagi perokok untuk menetapkan komitmennya untuk berhenti merokok. Pasalnya saat berpuasa, seseorang akan menahan lapar, haus dan perilaku yang membatalkan, termasuk merokok.

Jika prokok memanfaatkan bulan Ramadhan ini sebagai waktu untuk menghentikan kebiasaan buruknya, maka bisa dipastikan ia akan kehilangan kecanduan terhadap benda yang mengancam kesehatannya.

Seperti dilansir dari Independent.co.uk, Kepala Pengobatan Masyarakat di CMH Lahore  Medical College, Profesor Dr Muhammad Ashraf Chaundry mengatakan, setelah 12 jam berhenti merokok, maka kadar monoksida atau gas beracun dalam darah menurun drastis hingga mendekati batas normal.

"Jika dilakukan dua minggu sampai tiga bulan, maka resiko serangan jantung dab gangguan paru-paru menjadi turun," terangnya.

Ia menambahkan, setelah satu hingga sembilan bulan seseorang berhenti merokok maka gejala batuk, hingga sesak nafas menjadi berkurang. Lima hingga lima nbelas tahun setelahnya, resiko stroke, kanker mulut, hingga kerongkongan berkurang hingga 50 persen. "Namun tentunya, keinginan untuk kembali merokok bisa jadi kambuh setelah tiga bulan pertama berhenti merokok," imbuhnya.

Ashraf menghimbau kepada mantan perokok untuk mengkonsumsi banyak air dan jus. carilah kegiatan positif yang dapat meghindarkan anda dari rokok. Hindari hal-hal yang memicu rasa bosan karena dapat membuat resiko kekambuhan untuk merokok.

Jangan jadikan roko elektronik sebagai langkah untuk berhenti merokok. Menurut Ashraf, rokok elektronik sama bahayanyadengan rokok konvensional. "Tidak ada rokok yang lebih baik, merokok apapun jenisnya bisa membahayakan nyawa anda. Jadi stop rokok mulai dari sekarang," pungkasnya.

 


 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…

Vivo V15

Jumat, 19 April 2019 - 10:53 WIB

Optimalkan Hasil Jepretan Vivo V15, Ini Beberapa Tips Yang Harus Diperhatikan

Tren smartphone dengan layar utuh tanpa notch mulai marak di tahun ini. Tren tersebut ditandai dengan semakin banyaknya vendor smartphone meluncurkan ponsel cerdas kamera depan model hole…