Meningkatnya Pembangunan Infrastruktur Pacu Peningkatan Produksi Semen Baturaja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Juni 2017 - 11:15 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Pembangunan infrastruktur yang semakin meningkat di indonesia, terutama di sumatera, menjadi peluang bagi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk untuk menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi.

"Kami telah menjalin komunikasi intensif dengan seluruh BUMN konstruksi yang mendapat penugasan dari pemerintah di Sumatra. Hal ini sangat prospektif karena sebagian besar pembebasan lahan untuk jalan tol sudah selesai," kata Direktur Utama PT Semen Baturaja, Rahmad Pribadi di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Menurut Rahmad, dengan sinergitas pihaknya bisa mengetahui rencana logistik secara utuh karena pembangunan jalan tol akan selalu diikuti dengan kawasan di sekitarnya.

"Jadi, kita sudah tahu kira-kira mereka butuhnya apa berikut rencana pengembangannya. Mereka juga tahu rencana kita, intinya dimulai dari exchange of information atau pertukaran informasi," tutur Rahmad.

Rahmad menginginkan agar perusahaan dengan kode emiten SMBR ini mengambil mayoritas pangsa atau kebutuhan proyek pemerintah di Sumatra bagian selatan. Berbagai formulasi kerja sama tengah didiskusikan.

"Ada rencana mengalokasikan tambahan kapasitas produksi sekitar 550.000 ton pada semester II tahun ini dengan adanya pabrik Baturaja II, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan semen dari proyek-proyek pemerintah. Kendati memfokuskan penjualan pada kota-kota kecil di Sumatra, potensi permintaan semen di wilayah tersebut masih cukup besar, beberapa proyek pembangunan infrastruktur pemerintah yang digarap antara lain jalan tol, stadion olahraga, dan sarana transportasi," ujar Rahmad.

Selama ini, pangsa pasar SMBR di Baturaja dan sekitarnya mencapai 70% bahkan ada pula yang mencapai 100%. Selebihnya, khusus di daerah yang tergolong kompetitf, seperti Palembang dan Lampung berada di bawah 50%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menyaksikan penandatanganan kerja sama dengan Supertex

Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:20 WIB

Tingkatkan Pendapatan Nelayan, Kadin Gandeng Swedia Terapkan Teknologi Digital

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani kerjasama dengan perusahaan komunikasi asal Swedia, Supertext, untuk menyediakan platform komunikasi dan informasi untuk pemberdayaan…

President Director DHL Global Forwading Indonesia Vincent Yong bersama VP Head of Road Freight & Multimoda ASEAN and South Asia DHL Global Forwading Bruno Selmoni saat peluncuran DHL Asiaconnect+ (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:05 WIB

DHL Global Forwading Resmi Perkenalkan Asiaconnect+ untuk Pasar Indonesia

Perusahaan jasa logistik global DHL Global Forwarding memperkenalkan layanan kiriman logistik terbaru untuk pasar Indonesia menggunakan jalur darat dengan nama DHL Asiaconnect+ di Jakarta.

Dolar (Foto/Rizki Meirino)

Selasa, 15 Oktober 2019 - 16:28 WIB

Utang Luar Negeri Indonesia Tumbuh Melambat

Jakarta - Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada Agustus 2019 tumbuh melambat dengan struktur yang sehat. ULN Indonesia pada akhir Agustus 2019 tercatat sebesar 393,5 miliar dolar AS, terdiri…

Pertanian bawang putih disuport Kementan

Selasa, 15 Oktober 2019 - 16:15 WIB

Tak Hanya Kentang, Kementan Jadikan Mondoinding Kawasan Bawang Putih

Minahasa Selatan - Kementerian Pertanian (Kementan) terus mengembangkan sentra tanaman hortikultura di sejumlah daerah. Pengembangan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nasional dan meningkatkan…

Samsung Dex pada Samsung Galaxy Note 10

Selasa, 15 Oktober 2019 - 15:12 WIB

Ini 4 Alasan Mengapa Samsung Dex Cocok Menjadi Partner Bagi Powerful Generation

Untuk mendukung produktivitas dan aktivitas multitasking, smartphone harus memiliki lebih dari satu fitur unggulan yang saling melengkapi agar bisa digunakan secara optimal.