Meningkatnya Pembangunan Infrastruktur Pacu Peningkatan Produksi Semen Baturaja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Juni 2017 - 11:15 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Pembangunan infrastruktur yang semakin meningkat di indonesia, terutama di sumatera, menjadi peluang bagi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk untuk menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi.

"Kami telah menjalin komunikasi intensif dengan seluruh BUMN konstruksi yang mendapat penugasan dari pemerintah di Sumatra. Hal ini sangat prospektif karena sebagian besar pembebasan lahan untuk jalan tol sudah selesai," kata Direktur Utama PT Semen Baturaja, Rahmad Pribadi di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Menurut Rahmad, dengan sinergitas pihaknya bisa mengetahui rencana logistik secara utuh karena pembangunan jalan tol akan selalu diikuti dengan kawasan di sekitarnya.

"Jadi, kita sudah tahu kira-kira mereka butuhnya apa berikut rencana pengembangannya. Mereka juga tahu rencana kita, intinya dimulai dari exchange of information atau pertukaran informasi," tutur Rahmad.

Rahmad menginginkan agar perusahaan dengan kode emiten SMBR ini mengambil mayoritas pangsa atau kebutuhan proyek pemerintah di Sumatra bagian selatan. Berbagai formulasi kerja sama tengah didiskusikan.

"Ada rencana mengalokasikan tambahan kapasitas produksi sekitar 550.000 ton pada semester II tahun ini dengan adanya pabrik Baturaja II, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan semen dari proyek-proyek pemerintah. Kendati memfokuskan penjualan pada kota-kota kecil di Sumatra, potensi permintaan semen di wilayah tersebut masih cukup besar, beberapa proyek pembangunan infrastruktur pemerintah yang digarap antara lain jalan tol, stadion olahraga, dan sarana transportasi," ujar Rahmad.

Selama ini, pangsa pasar SMBR di Baturaja dan sekitarnya mencapai 70% bahkan ada pula yang mencapai 100%. Selebihnya, khusus di daerah yang tergolong kompetitf, seperti Palembang dan Lampung berada di bawah 50%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proyek Lapangan Sidayu

Kamis, 24 September 2020 - 12:05 WIB

PGN SAKA Komitmen Tepat Waktu dan Efisiensi Proyek Lapangan Sidayu

Sesuai dengan persetujuan Plan of Development (POD), pengembangan Lapangan Sidayu terdiri dari pembangunan dua wellhead platforms, yaitu Well-Head Platform C (WHP C) dan Well-Head Platform…

Pementasan Ala Broadway dalam Kisah Huana di New York

Kamis, 24 September 2020 - 12:00 WIB

Pementasan Ala Broadway dalam Kisah Huana di New York

Pementasan #BroadwaynyaIndonesia yang bertajuk Kisah Huana di New York ini mengusung tema komedi musikal dan akan ditayangkan pada Sabtu, 26 September dan Minggu, 27 September 2020 pukul 15.00…

Pembangkit Listrik

Kamis, 24 September 2020 - 11:47 WIB

Hingga Juni 2020, Kapasitas Pembangkit Listrik Nasional Mencapai 71 Giga Watt

Angka ini naik 1,3 GW dibandingkan akhir tahun 2019 lalu sebesar 69,7 GW.

Mendikbud Nadiem

Kamis, 24 September 2020 - 11:36 WIB

Kabar Gembira! Mendikbud Tegaskan Tak Akan Ada Sekolah yang Dana BOS-nya Turun, Nadiem: Tahun Depan Naik

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan tidak akan menurunkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tahun depan. Bahkan Menteri Nadiem memastikan sekolah-sekolah…

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dipastikan Tingkatkan Perekonomian Tanah Melayu

Kamis, 24 September 2020 - 11:33 WIB

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dipastikan Tingkatkan Perekonomian Tanah Melayu

Jum’at(25/9/2020), jalan tol pertama di Provinsi Riau ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual.