Meningkatnya Pembangunan Infrastruktur Pacu Peningkatan Produksi Semen Baturaja

Oleh : Hariyanto | Kamis, 01 Juni 2017 - 11:15 WIB

Pabrik Semen Baturaja (Bm)
Pabrik Semen Baturaja (Bm)

INDUSTRY.co.id , Jakarta - Pembangunan infrastruktur yang semakin meningkat di indonesia, terutama di sumatera, menjadi peluang bagi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk untuk menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi.

"Kami telah menjalin komunikasi intensif dengan seluruh BUMN konstruksi yang mendapat penugasan dari pemerintah di Sumatra. Hal ini sangat prospektif karena sebagian besar pembebasan lahan untuk jalan tol sudah selesai," kata Direktur Utama PT Semen Baturaja, Rahmad Pribadi di Jakarta, Rabu (31/5/2017).

Menurut Rahmad, dengan sinergitas pihaknya bisa mengetahui rencana logistik secara utuh karena pembangunan jalan tol akan selalu diikuti dengan kawasan di sekitarnya.

"Jadi, kita sudah tahu kira-kira mereka butuhnya apa berikut rencana pengembangannya. Mereka juga tahu rencana kita, intinya dimulai dari exchange of information atau pertukaran informasi," tutur Rahmad.

Rahmad menginginkan agar perusahaan dengan kode emiten SMBR ini mengambil mayoritas pangsa atau kebutuhan proyek pemerintah di Sumatra bagian selatan. Berbagai formulasi kerja sama tengah didiskusikan.

"Ada rencana mengalokasikan tambahan kapasitas produksi sekitar 550.000 ton pada semester II tahun ini dengan adanya pabrik Baturaja II, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan semen dari proyek-proyek pemerintah. Kendati memfokuskan penjualan pada kota-kota kecil di Sumatra, potensi permintaan semen di wilayah tersebut masih cukup besar, beberapa proyek pembangunan infrastruktur pemerintah yang digarap antara lain jalan tol, stadion olahraga, dan sarana transportasi," ujar Rahmad.

Selama ini, pangsa pasar SMBR di Baturaja dan sekitarnya mencapai 70% bahkan ada pula yang mencapai 100%. Selebihnya, khusus di daerah yang tergolong kompetitf, seperti Palembang dan Lampung berada di bawah 50%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…