Sandiaga Uno Terpukau Indahnya Kampung Wisata Namatota 'Hidden Gem' di Papua Barat

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 27 Oktober 2021 - 11:45 WIB

Kampung Wisata Namatota, Papua Barat (Dok: Kemenparekraf)
Kampung Wisata Namatota, Papua Barat (Dok: Kemenparekraf)

INDUSTRY.co.id - Kabupaten Kaimana, Papua Barat memiliki keindahan yang begitu eksotis, salah satu yang populer di daerah tersebut yaitu Kampung Wisata Namatota. 

Termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang terpukau dengan keindahan dari kampung yang masuk ke kategori 300 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ini. 

"Desa Wisata Namatota atau yang bisa kita sebut dengan “The Hidden Gem” merupakan destinasi yang menjadi gerbang pariwisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang tentunya menyuguhkan daya tarik wisata bahari yang sejalan dengan kelestarian laut," kata Sandiaga melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Kampung ini dapat ditempuh sekitar 30-45 menit dari Pelabuhan Kaimana menggunakan speedboat. Mendekati dermaga Kampung Namatota, pengunjung disuguhi pemandangan hamparan air laut yang jernih dan penuh ikan dan terumbu karang.

Sehingga, Sandiaga pun terpancing untuk terjun berenang dari kapal yang ia tumpangi menuju tepian pantai di Kampung Namatota. 

"Hari ini saya betul-betul bahagia berenang dari pinggir Desa Namatota ini menuju pantai dan disambut begitu meriah dan saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat Desa Namatota," katanya.

Selain keindahan alam, Kampung Namatota juga dikenal dengan nilai sejarahnya yang sangat tinggi. Terutama dalam hal penyebaran agama Islam di Kaimana.

Diketahui, di masa lampau ada dua kerajaan Islam di Kaimana yakni Namatota dan Kumisi.

Namun demikian, permasalahan konektivitas telekomunikasi meniadi kendala utama di kampung ini. Sehingga, Sandiaga pun akan meminta Telkomsel dan Tower Bersama Group agar menyediakan jaringan telekomunikasi di Kampung Namatota. 

"Tadi ada permintaan dari Bapak Raja Namatota agar sambungan telekomunikasi dihadirkan di sini. Jadi saya instruksikan langsung kepada Telkomsel dan Tower Bersama untuk memasang BTS di sini dalam kurun waktu tiga bulan," tukasnya.

Selain berenang dan berkeliling kampung, dalam kunjungan ini Sandiaga juga menyerahkan plakat 300 Besar ADWI 2021 kepada Kampung Namatota.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…