Rp 1 Miliar Lebih Donasi PT Fajar Paper Wujudkan Progam Lingkungan Berkelanjutan

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Lokasi pabrik PT Fajar Surya Wisesa Tbk.(ist)
Lokasi pabrik PT Fajar Surya Wisesa Tbk.(ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Fajar Surya Wisesa Tbk, atau yang dikenal sebagai FajarPaper, memberikan dukungan kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Program Lomba Wana Lestari 2021 sebagai upaya mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan. Dukungan diberikan dalam bentuk pemberian hadiah senilai Rp1.200.000.000,00 berupa 33 unit sepeda motor kepada 33 orang Teladan Lomba Wana Lestari 2021. Pemberian hadiah secara simbolis kepada Teladan diselenggarakan pada Jumat (22/10/2021).

Lomba Wana Lestari adalah salah satu metode penyuluhan yang dilaksanakan untuk menetapkan perorangan, kelompok, atau aparatur pemerintah yang berprestasi dalam memberdayakan dan mengubah perilaku masyarakat dalam pembangunan bidang lingkungan hidup dan kehutanan melalui mekanisme penilaian tertentu. Lomba Wana Lestari diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan tujuan agar dapat terwujudnya peningkatan motivasi dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan.

Yustinus Kusumah selaku Direktur FajarPaper mengatakan, “Kelestarian lingkungan hidup dan keberlanjutan merupakan salah satu prinsip FajarPaper dalam menjalankan operasional perusahaan. Program Lomba Wana Lestari yang bertujuan sebagai bentuk sosialisasi dan implementasi sadar lingkungan dan penghijauan ini sejalan dengan prinsip perusahaan. Oleh karena itu, kami berharap dukungan yang kami berikan dapat memberikan motivasi bagi para teladan untuk terus menerapkan dan mensosialisasikan pola hidup hijau demi mewujudkan lingkungan yang berkelanjutan.” 

Adapun ke-33 pemenang yang memperoleh hadiah dukungan dalam bentuk 7 unit Honda Vario 125 CBS dan 26 unit Kawasaki KLX 150 G dari FajarPaper adalah sebagai berikut:

1. Penyuluh Kehutanan PNS (PK PNS) - 6 teladan

2. Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM) - 6 teladan

3. Kelompok Tani Hutan (KTH) - 6 teladan

4. Kader Konservasi Alam (KKA) - 3 teladan

5. Kelompok Pencinta Alam (KPA) - 3 teladan

6. Pemegang Ijin Usaha Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (IUPHKm) - 3 teladan

7. Hak Pengelolaan Hutan Desa (HPHD) - 3 teladan

8. Pengelolaan Hutan Adat (PHA) - 3 teladan

Ir. Helmi Basalamah, MM selaku Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan, “Partisipasi dari FajarPaper ini merupakan salah satu bentuk usaha yang sudah sejak awal FajarPaper lakukan dalam membuktikan komitmennya untuk mendukung program-program pemerintah, salah satunya dalam hal mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan. Hari ini, kita melihat partisipasi FajarPaper dalam menyiapkan fasilitas bagi teman-teman untuk mewujudkan kegiatan kelompok-kelompok binaan dalam menciptakan lingkungan yang lebih lestari dan lebih berkelanjutan.”

 Kasim, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat Kalimantan Selatan HST, Pemenang Lomba Wana Lestari Terbaik 1 se-Indonesia, mengungkapkan, “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada FajarPaper yang telah sangat membantu kegiatan penghijauan dan lingkungan hidup. Semoga FajarPaper dapat terus memotivasi para penyuluh lingkungan hidup.”

FajarPaper secara kontinyu senantiasa berkontribusi baik dalam hal menjaga kelestarian lingkungan hidup maupun bagi kemajuan masyarakat Indonesia melalui berbagai program CSR. Adapun program-program tersebut meliputi bidang lingkungan hidup, bidang pendidikan seperti program renovasi sekolah dasar, donasi alat tulis dan seragam guru kepada lebih dari 50 sekolah dasar, bantuan terhadap penanggulangan COVID-19, serta bidang sosial dan keagamaan.

Tentang PT Fajar Surya Wisesa Tbk

PT Fajar Surya Wisesa Tbk (FajarPaper) adalah salah satu produsen kertas kemasan terkemuka di Indonesia dengan kapasitas produksi gabungan terpasang lebih dari 1,5 juta ton per tahun. Didirikan pertama kali sebagai perseroan terbatas pada tanggal 29 Februari 1988, kemudian status perusahaan berubah menjadi perusahaan terbuka setelah terdaftar di Bursa Efek Jakarta sejak tanggal 19 Desember 1994 (FASW.JK). Pada tahun 2019, SCGP melalui SCGP Solutions (Singapore) Pte. Ltd. mengakuisisi 55% Kepemilikan Saham Perseroan.

FajarPaper adalah perusahaan masa depan, terutama dalam hal cara berpikir ke depan yang diterapkan dalam menjalankan usahanya, yaitu melalui konservasi energi dan lingkungan di sekitar perusahaan berada. Setiap produk yang dihasilkan berasal dari 100% kertas daur ulang dan semua kebutuhan energi untuk mesin-mesin kertas dapat dipenuhi sendiri melalui pembangkit listrik yang dimiliki Perseroan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:25 WIB

Jelang KTT G20, Menteri Basuki Tinjau Persiapan Dukungan Infrastruktur

Menjelang Presidensi Indonesia pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bulan Oktober 2022, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pelaksanaan peningkatan…

Nestle

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Menteri Bahlil Siap Kawal Perluasan Bisnis Nestle di Indonesia

Dalam kunjungan kerjanya ke Davos, Swiss, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia bertemu langsung dengan Head of Operations Nestle Magdi Batato (24/5).…

Pelaku Ekonomi Kreatif di Bali (Foto: Kemenparekraf)

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:15 WIB

Gaet Investor, Menparekraf Bekali Pelaku Ekraf Bali Strategi Pithching yang Efektif

Untuk menarik investor, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno membekali pelaku ekonomi kreatif di Bali tentang strategi pithcing yang efektif.

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Jumat, 27 Mei 2022 - 10:04 WIB

Menteri Basuki Ajak Delegasi di Forum GPDRR 2022 Siapkan Antisipasi Pengurangan Perubahan Iklim

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, bencana akibat perubahan iklim merupakan ancaman nyata yang harus disiapkan antisipasinya untuk pengurangan…

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

Jumat, 27 Mei 2022 - 09:30 WIB

Venesia Tunda Pajak Turis untuk Wisatawan Hingga 2023

Sesuai perkembangan terbaru, Venesia telah menunda rencananya untuk membebankan pengunjung 'pajak turis' untuk mengelola overtourism.