Wow! Jabar Bangun Proyek Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia, Kang Emil: Pariwisata Jabar Siap Bangkit

Oleh : Kormen Barus | Senin, 25 Oktober 2021 - 05:51 WIB

Kang Emil Gubernur Jawa Barat (Foto Dok Industry.co.id)
Kang Emil Gubernur Jawa Barat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Kab. Bogor - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengunjungi lokasi pembangunan Eiger Adventure Land (EAL) di Kawasan Megamendung, Kabupaten Bogor, Sabtu (23/10/2021). Rencananya, kawasan wisata alam ini akan beroperasi dan dibuka untuk umum pada pertengahan 2023.

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, wisata alam tersebut diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Apalagi, dalam kawasan wisata alam ini akan ada jembatan gantung terpanjang di dunia.

Jembatan Gantung ini akan memiliki panjang 530 meter. Dengan panjang tersebut, maka ikon landmark di EAL akan melewati Jembatan Gantung bernama Arouca Bridge di Arouca Geopark, Portugal, yang memiliki panjang 516 meter.

Selain itu, akan hadir juga kereta gantung sepanjang 836 meter dan fasilitas-fasilitas lain yang menitikberatkan pada kegiatan petualangan tropis, seperti petualangan hutan, jalan–jalan budaya, permainan ruang terbuka, desa tradisional, tempat penginapan bernuansa alam, penangkaran, naik gunung, hingga jelajah nusantara.

"Sekarang kita dengan semangat Jabar Jabar ini akan membangun jembatan gantung terpanjang di dunia, 530 meter. Yang terpanjang hari ini ada di Portugal 516 meter kita tambahin 14 meter akan menjadi terpanjang di dunia," kata Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, dengan adanya jembatan gantung terpanjang di dunia ini, juga diharapkan bisa membawa semangat baru bagi industri pariwisata di Jabar. Pasalnya, pariwasata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak COVID-19.

"Mudah-mudahan hari ini dengan pengakhiran batu pertama membawa semangat bangkit Jawa Barat. Karena Jawa Barat itu salah satu keunggulan ekonominya itu pariwisata regional yang tidak mengandalkan pesawat terbang. Akan selesai targetnya di pertengahan 2023," tuturnya.

Hadirnya wisata alam ini juga berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Jika masyarakat sekitar sejahtera, maka akan berdampak pada ekonomi Jabar.

"Mudah-mudahan saya titip membawa kesejahteraan masyarakat sekitar para warganya semuanya, berikutnya kesejahteraan Jawa Barat," kata Kang Emil.

Selain sektor pariwisata, Pemda Provinsi Jabar juga terus mendorong produk-produk untuk menembus pasar internasional. Salah satunya adalah dengan mendorong perusahaan asal Jabar, Eiger, untuk membuka toko di luar negeri.

"Eiger ini perusahaan yang sangat membanggakan bahkan tahun depan akan membuka cabang pertamanya di Eropa, menandakan pelan-pelan Indonesia akan mendunia, termasuk kopi Jabar, Jabarano, sudah dibuka di Australia selanjutnya bersama Eiger kita akan menguasai dunia melalui kopi," ucapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Senin, 06 Desember 2021 - 03:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Kerja Sama Internasional Kamla

Memantapkan wawasan, pengetahuan dan pemahaman personel terhadap bentuk, proses dan implementasi kebijakan, politik dan kerja sama internasional di bidang keamanan dan keselamatan lautKemarin.…

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…