Perusahaan Ekspedisi Sicepat Kembali Menambah Kepemilikan Saham di PT Digital Mediatama Maxima Tbk

Oleh : Kormen Barus | Senin, 25 Oktober 2021 - 05:35 WIB

Transaksi pembelian saham DMMX oleh SiCepat berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan diharga Rp2.330,- per saham. SiCepat mengalokasikan dana sebesar 15,97 milyar rupiah untuk menambah kepemilikan tersebut.
Transaksi pembelian saham DMMX oleh SiCepat berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan diharga Rp2.330,- per saham. SiCepat mengalokasikan dana sebesar 15,97 milyar rupiah untuk menambah kepemilikan tersebut.

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Perusahaan jasa penyedia platform media digital, PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) mendirikan anak usaha baru yang bergerak di bidang Jasa penyedia platform media digital bernama PT DMMX Dektos Inti pada 11 Oktober 2021.


Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama perseroan Budiasto Kusuma melalui keterbukaan informasinya kepada regulator, PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu lalu.

Perseroan menyampaikan, kepemilikannya atas anak usaha baru ini mencapai sebesar 46 persen atau sebanyak 6.900 lembar saham senilai Rp 690 juta.


Perseroan tidak menjelaskan siapa pemegang saham lainnya atas anak usaha baru ini. Namun, perseroan menegaskan bahwa tidak ada dampak material terhadap kegiatan operasional, kondisi keuangan dan kelangsungan usaha perseroan.

"Transaksi ini berguna untuk menunjang kegiatan usaha utama kami," kata Budiasto.

DMMX didirikan pada tanggal 15 September 2015. Pada tanggal 12 Februari 2019, Perusahaan melakukan perubahan nama dari sebelumnya PT. Digital Marketing Solution menjadi PT. Digital Mediatama Maxima. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pemasaran perdagangan digital dan platform pertukaran iklan cloud yang menyediakan layanan ujung ke ujung mulai dari manajemen konten, iklan terprogram hingga program akuisisi penjualan.

Dan saat ini, Perusahaan Ekspedisi PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) kembali menambah kepemilikan sahamnya di PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX). Dengan ini, maka SiCepat menambah kepemilikan sahamnya dari semula 5.96% menjadi 6.05% atau sama dengan 6.831.300 lembar saham.

Transaksi pembelian saham DMMX oleh SiCepat berlangsung pada 21 Oktober 2021. Pembelian dilakukan diharga Rp2.330,- per saham. SiCepat mengalokasikan dana sebesar 15,97 milyar rupiah untuk menambah kepemilikan tersebut.

Chief Executive Officer SiCepat Ekspres, The Kim Hai mengatakan bahwa dengan kembali menggeliatnya ekonomi seiring dengan semakin menurun kasus terinfeksi COVID-19 secara nasional maka diperlukan sinergi yang semakin erat dengan mitra bisnis seperti DMMX.

“DMMX dengan jaringan distribusi POP (Point of Present) sekitar 100 ribu yang terdiiri dari toko tradisional, modern retail dan sarana transportasi merupakan sinergi yang menguntungkan bagi SiCepat untuk mengembangkan jaringan drop-point dan pick-up point. Ekspansi jaringan DC (Distribution Center) berupa warehouse dan titik-titik pool kendaraan juga dapat dialokasikan dengan lebih akurat karena sudah adanya last mile point dengan bersinergi dengan DMMX”, tambah The Kim Hai.

Di sisi lain, SiCepat juga akan meluncurkan bisnis baru untuk kendaraan bertenaga listrik (motor listrik) dan stasiun pengisian baterai bagi pengguna kendaaran listrik dalam waktu dekat ini. Ketersediaan tempat untuk stasiun pengisian baterai menjadi sangat penting dalam bisnis ini dan untuk dalam waktu cepat dapat mengakuisisi POP dalam jumlah masif maka diperlukan sinergi dengan mitra seperti DMMX.

Sinergi ini menambah potensi bisnis dan efek ekonomi dari kedua belah pihak. Melalui sinergi ini, maka para mitra DMMX yang tergabung dalam jaringan distribusi kami akan mendapat pendapatan baru sebagai agen drop-point dan pick-up center dari SiCepat dan untuk stasiun pengisian baterai maka merupakan tambahan ads inventory (LED display ads) baru bagi bisnis cloud advertising kami yang berpotensi untuk menambah pendapatan bagi perusahaan.

Sebelumnya, PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat) telah menjalin kerjasama dengan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (IDX: DMMX) dalam hal Digital Cloud Ad yang tersebar pada beberapa service points SiCepat. Kerjasama ini merupakan pengembangkan platform komersial untuk jaringan ritel UMKM DMMX bersama jaringan logistik SiCepat. Dalam kemitraan ini, SiCepat Ekspres melalui platform commerce enabler milik SiCepat Group, akan memberikan dukungan penuh dalam pengadaan pasokan (supply) groceries/raw materials/supplies kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX.

SiCepat Ekspres adalah perusahaan ekspedisi yang berdiri sejak tahun 2014, dimana fokus utama dalam pelayanannya adalah pengiriman 8 Jam Sampai untuk wilayah Jabodetabek dan Bandung serta pengiriman 1hari Sampai untuk kota besar seluruh wilayah Indonesia. Dengan Slogan “Ketika Semua Jadi Mudah”, SiCepat Ekspres mempunyai cabang dan gerai yang tersebar di seluruh kota di Indonesia untuk menjawab segala kebutuhan dan keinginan pelaku e-commerce didukung dengan sistem teknologi terkini. SiCepat Ekspres merupakan salah satu dari sedikit pemain yang menyediakan layanan logistik terintegrasi (termasuk Last-mile, Warehouse & Fulfilment, Commerce Enabler, Distribusi Online dan Logistik Jarak Jauh).

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…