Ini Penjelasan Pemprov Jateng Soal ASN Nonmuslim Ikut Berpakaian Santri

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 23 Oktober 2021 - 17:48 WIB

Potret Toleransi Beragama Jateng, ASN Nonmuslim Ikut Berpakaian Santri
Potret Toleransi Beragama Jateng, ASN Nonmuslim Ikut Berpakaian Santri

INDUSTRY.co.id, SEMARANG – Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah mengatur pemakaian pakaian ala santri saat peringatan Hari Santri, ternyata tidak hanya diikuti oleh ASN yang muslim. Sejumlah ASN nonmuslim yang bekerja di lingkungan Pemprov Jateng, juga ngantor dengan berpakaian santri.

Seperti Sukmono Adi, Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Tugurejo. Dia tampil percaya diri dengan pakaian santri, meskipun beragama Kristen Protestan. Pagi itu Sukmono berangkat ke kantor mengenakan baju koko berwarna putih dan celana panjang kain. Ia juga tampak gagah dengan peci hitam yang dipakainya.

 “Meskipun saya Kristen Protestan, tapi hari ini saya bangga mengenakan baju koko dan berpeci, karena ini Hari Santri Nasional. Saya menghormati para santri dan dedikasi mereka dalam pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia,” katanya ditemui di kantornya, Jumat (22/10/2021).

Selain sebagai bentuk penghormatan para santri yang telah berjuang melawan penjajah, Sukmono juga menilai penggunaan pakaian santri, merupakan bentuk toleransi antarumat beragama. Meski ASN nonmuslim tidak diwajibkan, namun dirinya bangga mengenakannya.

“Ini bagian dari toleransi beragama. Jadi untuk saya, saya tidak mempermasalahkan. Bahwa penggunaan atribut bukan menjadi sesuatu yang diharamkan. Tapi ini sesuatu yang bernilai toleransi,” pungkasnya.

Ada juga ASN nonmuslim lain yang mengenakan pakaian ala santri saat ngantor, yakni Antonius Tri Puji Haryoko, Kasubag Program Dinperindag Jateng. Antonius yang beragama Katholik memakai koko putih, celana panjang dan peci hitam.

“Hari ini kami menggunakan baju santri karena hari ini pemerintah menetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Tentunya, kami bersama teman-teman ASN lain ingin menyemarakkan,” ucap Antonius.

Ada pula Subroto Budi Utomo, Kasi Pengamanan Persandian dan Informasi Diskominfo Jateng. Demi ikut menyemarakkan Hari Santri, Subroto yang seorang Kristiani tampil lebih lengkap lagi. Ia mengenakan kemeja batik, peci dan memakai sarung.

“Karena ini adalah Hari Santri Nasional dan juga salah satu bentuk dari toleransi antarumat beragama di Pemprov Jateng. Selamat Hari Santri tahun 2021,” timpal Subroto.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengeluarkan SE tentang Peringatan Hari Santri Nasional. Ganjar mengharapkan semua ASN di lingkungan Pemprov Jateng yang beragama muslim untuk ngantor sarungan dan memakai pakaian ala santri. Sementara yang nonmuslim, bisa menyesuaikan dan sifatnya tidak wajib.

Gubernur Ganjar Pranowo hari ini ngantor sarungan. Ia mengenakan baju koko putih, sarung batik dan peci hitam. Seharian penuh, Ganjar berkegiatan dengan pakaian ala santrinya itu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Senin, 06 Desember 2021 - 08:00 WIB

Bakrie Amanah, Kaltim Prima Coal & Lanal Sangatta Gelar Aksi Tanam 7000 Pohon

Berkolaborasi dengan PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Lanal Sangatta, Bakrie Amanah menggelar aksi penanaman 7000 pohon untuk memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati setiap…

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Senin, 06 Desember 2021 - 07:10 WIB

Realisasi Capai 73%, Menteri Bahlil Percaya Diri Target Investasi Tembus Rp900 Triliun di Akhir 2021

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahl Lahadalia optimis target investasi Rp900 triliun bakal tercapai pada akhir tahun 2021.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Senin, 06 Desember 2021 - 07:00 WIB

Dankormar Mayjen Mar Suhartono Serahkan Kunci Rumah Susun Surabaya

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menyerahkan secara simbolis kunci Rumah Susun (Rusun)…

Gedung Antam

Senin, 06 Desember 2021 - 06:09 WIB

Antam Capai Laba Tahun Berjalan Sebesar Rp 1,71 Triliun

PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM menunjukkan kinerja positif. Ini terlihat dari capaian laba yang dihasilkan perusahaan pelat merah tersebut sepanjang periode sembilan bulan pertama tahun 2021…

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono

Senin, 06 Desember 2021 - 06:00 WIB

Pangdam XVII Cenderawasih Papua Beri Arahan Kepada Perwira Remaja

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A memberikan pengarahan kepada para Perwira Remaja Abituren Akademi Militer (Akmil) yang akan bertugas di jajaran Kodam XVII/Cenderawasih,…