Berikut Ini 4 Tips Memanfaatkan Media Sosial Secara Produktif dan Kreatif

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 Oktober 2021 - 12:15 WIB

Media Sosial (Ist)
Media Sosial (Ist)

INDUSTRY.co.id - Media sosial merupakan sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaringsosial, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. 

Aloysius Wemby, Risk Management Consultant PT Prudential Indonesia mengatakan, seiring perkembangan zaman kehadiran media sosial semakin beragam. Sebagian orang menganggap kalau perubahan ini memberikan dampak, sekilas media social hadir untuk memberikan kemudahan mendapatkan informasi. Namun sebenarnya ada dampak negatifnya juga, setiap orang penting untuk mengetahuinya sehingga setiap orang bias memanfaatkan media social secarap ositif. 

“Media sosial memudahkan berkomunikasi, melakukan pencarian informasi, personal branding, sebagai sarana berbisnis dan pembelajaran,” katanya saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat I, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Namun jangan lupa media sosial ternyata membuat kecanduan, kini sejak bangun tidur, saat makan, menjaga anak, belajar, bekerja, hamper tak bisa lepas dari membuka gawai. Kebiasaan tersebut tentu bisa menjadi kegiatan yang menghabiskan waktu jika apa yang dilakukan di media social ternyata bukanlah hal produktif. 

Lebih jauh dia pun memberikan tips agar setiap orang bisa memanfaatkan media sosial secara lebih produktif dan kreatif. antara lain:

1.Ikuti atau follow orang-orang yang memberi inspirasi secara positif, sehingga bias memicu sikap produktif dan kreatif. Contohnya memfollow Bill Gates.

2.Menggunakan media sosial untuk membangun jaringan dan komunitas yang baik, bias dilihat dari unggahan yang sering dibagikannya. Dengan begitu akan makin banyak mengenal orang dan terhubung relasi baik.

3.Belajar dari orang yang sudah berhasil, misalnya YouTuber yang sekarang sudah sukses. Anda pun bias memerhatikan apa saja yang dilakukannya hingga bias sesukses sekarang.

4. Berpikir out of the box. Awalnya mungkin kita belajar karena belum paham betul, namun seiring berjalannya waktu pasti akan bisa mengeluarkan potensi dan berpikir out of the box sehingga mampu menciptakan konten sendiri yang orang lain belum membuatnya.

Webinar Literasi wilayah Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat I, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Siberkreasi. 

Di webinar kali ini, hadir pula narasumber seperti Fibra Trias, Editor in Chief Mommies Daily, Dee Rahma, Digital Marketing Strategist, Fiona Damanik, Konseler dari Universitas Multimedia Nusantara, dan Ryan Samuel seorang Photographer. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…