Studi: Unggah Foto Makanan di Instagram Bisa Menambah Berat Badan, Kok Bisa?

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 Oktober 2021 - 10:15 WIB

Ilustrasi Foto Makanan (Foto: Ist)
Ilustrasi Foto Makanan (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Baru-baru ini menurut sebuah studi mengungkapkan bahwa orang-orang yang membagikan foto makanan mereka di Instagram, umumnya memiliki kelebihan berat badan. Survei tersebut menunjukkan hampir 70 persen milenial secara teratur membagikan gambar atau foto makanan mereka sebelum makan.

Dilansir dari laman Times of India, Senin (18/10/2021), studi yang dilakukan oleh para peneliti di Georgia Southern Univerity di Amerika Serikat menunjukkan bahwa pengunjung yang mengklik foto makanan mereka dan mengunggahnya di media sosial membutuhkan waktu untuk merasa lebih kenyang. Sehingga, membuat mereka lebih mungkin untuk memiliki porsi kedua.

Studi yang lebih lama juga menunjukkan bahwa berbagi foto makanan di media sosial membuat makanan terasa lebih enak karena memotret membuat otak lebih berkonsentrasi pada bau dan rasa makanan.

Sesuai studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Appetite, tim merekrut 145 siswa dan membaginya menjadi dua kelompok. Kedua kelompok diberi sepiring kerupuk keju untuk digigit tetapi setengahnya diberitahu untuk berhenti dan befoto dahulu. Segera setelah mengkonsumsi makanan, relawan diminta untuk menilai seberapa banyak mereka menyukai makanan dan apakah mereka menginginkan lebih.

Jadi, ditemukan bahwa orang-orang yang mengambil foto mendapat skor lebih tinggi dalam hal kenikmatan dan menginginkan porsi kedua. Sesuai penelitian, pengambilan gambar tampaknya mengubah cara otak merasakan makanan dan meningkatkan nafsu makan.

Para peneliti mengatakan, ingatan tentang makanan dapat mempengaruhi berapa banyak kita makan. "Hasil kami menunjukkan pengambilan gambar mengarah pada keinginan makanan yang lebih besar setelah dikonsumsi," jelas peneliti.

Peneliti juga menyarankan, bagi orang yang makan porsi yang lebih kecil, terutama makanan lezat karena mereka ingin mengurangi kalori, mereka harus menghindari mengambil foto dari apa yang mereka makan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…