Seputar Perkuliahan Tatap Muka (PTM) Universitas BSI November 2021

Oleh : Herry Barus | Jumat, 15 Oktober 2021 - 11:50 WIB

Universitas BSI
Universitas BSI

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Setelah setahun lebih menjalankan perkuliahan daring, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melalui edaran mekanisme Perkuliahan Tatap Muka (PTM) akan memastikan segera melaksanakan PTM terbatas mulai 8 November 2021.

Hal tersebut mengacu pada Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2021 berkaitan mengenai Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka, dilansir melalui Instagram official Kemendikbud Ristek @kemendikbud.ri, Kamis (23/9).

Menurut Rektor Universitas BSI, Dr Mochamad Wahyudi, melalui PTM ini, mahasiswa Universitas BSI akan menjalani kegiatan belajar mengajar secara tatap muka (luring) dan secara virtual (daring).

“Sebelum memulai PTM terbatas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mahasiswa Universitas BSI. Sekurang-kurangnya, ada 8 hal yang perlu diperhatikan,” tutur Wahyudi, Rabu (13/10).

Apa saja ya yang harus diperhatikan mahasiswa Universitas BSI dalam melaksanakan PTM terbatas?

1.            Pembelajaran Tatap Muka (PTM) adalah kegiatan belajar mengajar dengan pertemuan langsung antara dosen dan mahasiswa di kelas masing-masing. Pembelajaran virtual adalah kegiatan belajar mengajar tanpa pertemuan langsung antara dosen dan mahasiswa yang didukung oleh aplikasi pembelajaran daring. PTM terbatas di Universitas BSI akan dilaksanakan mulai semester Gasal 2021/2022 pada pertemuan ke 9 (sembilan) yang jatuh pada hari Senin tanggal 8 November 2021.

2.            Dosen dan mahasiswa yang dapat mengikuti PTM adalah yang sudah mendapatkan vaksinasi minimal tahap 1 (satu). Mahasiswa memberikan konfirmasi kesediaan atau penolakan mengikuti PTM melalui http://students.bsi.ac.id pada tanggal 14 s/d 19 Oktober 2021.

3.            Memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tentang pengaturan jumlah mahasiswa yang dapat menuju kampus, maka PTM tidak berlaku disemua matakuliah.

4.            Mahasiswa yang berhak mengikuti PTM adalah semua mahasiswa aktif pada semester Gasal 2021/2022. Biro Administrasi Akademik (BAAK) akan membagi tiap kelas ke dalam 2 kelompok yaitu kelompok A dan B berdasarkan nomor urut. Jumlah maksimal mahasiswa per kelompok adalah 50 % dari jumlah mahasiswa per kelas.

5.            Pada awal pelaksanaan PTM di semester Gasal 2021/2022, kelompok A mempunyai 4 kali kesempatan PTM sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) yaitu pada pertemuan 9,11,13, dan 15. Sedangkan kelompok B mempunyai 3 kali kesempatan yaitu pada pertemuan 10,12, dan 14.

6.            Jadwal perkuliahan masing-masing kelompok dapat diakses pada laman www.bsi.ac.id mulai tanggal 1 November 2021. Presensi kehadiran mengajar dan kuliah tetap dilakukan melalui aplikasi MyBest.

7.            Mahasiswa akan melakukan penyesuaian metode perkuliahannya dari metode daring ke luring atau sebaliknya, maka mahasiswa harus mengirimkan pemberitahuan ke BAAK melalui alamat email [email protected]

8.            Pemberitahuan lebih lanjut tentang mekanisme PTM disampaikan berdasarkan kebijakan Pemerintah dan Surat Keputusan Rektor tentang Protokol Pencegahan COVID-19.

Dalam PTM terbatas, Dr Wahyudi menegaskan, Universitas BSI akan terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Hal ini tentunya agar PTM terbatas Universitas BSI tetap terkendali.

“Semoga kondisi penyebaran dan penanganan Covid-19 semakin membaik. Sehingga PTM terbatas Universitas BSI dapat dilanjutkan dan menjangkau seluruh matakuliah serta mahasiswa pada periode selanjutnya,” tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:11 WIB

Kementerian BUMN Tetapkan Direktur dan Pengalihan Tugas Direksi RNI

Jakarta – Kementerian BUMN menetapkan Adhi Cahyono Nugroho sebagai Direktur Supply Chain Management dan Teknologi Informasi PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sesuai Keputusan…

Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway Satu Unit Rumah Senilai 1,5 Miliar di BSD City Siap Diserahterimakan

Minggu, 05 Desember 2021 - 23:03 WIB

Wow! Misi Melatih Lazzie Jadi Bintang Dapat Rumah di Lazada 12.12 Grand Giveaway

Jakarta- Menyambut Hari Belanja Online Nasional tanggal 12 Desember 2021, sebagai pelopor Harbolnas, Lazada Indonesia mengadakan program Lazada 12.12 Grand Giveaway

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12).

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:42 WIB

BSI Kirimkan Relawan Medis ke Lokasi Terdampak Erupsi Semeru

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dan Yayasan BSMU menyalurkan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen dari BSI…

Bank BTN melalukan sosialisasi program "Kangen" bagi para agen real estate . Selain memberikan reward bagi para agent, program tersebut memberikan banyak keuntungan bagi nasabah.

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:09 WIB

Pacu Penyaluran KPR, BTN Rangkul Agen Properti Lewat Program 'Kangen'

Surabaya-Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk terus berinovasi memperluas sayap pemasarannya diantaranya dengan…

Menkeu Sri Muyani saat meluncurkan materai elektronik

Minggu, 05 Desember 2021 - 20:00 WIB

Meterai Elektronik Tawarkan Solusi Mudah Bayar Pajak Atas Dokumen Elektronik

Pada 2020 Pemerintah mengeluarkan Undang-Undang (UU) nomor 10 tahun 2020 tentang Bea Meterai. Ketentuan perundangan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan dan ketertiban administratif…