Ingin Tidur Nyenyak Sepanjang Malam? Coba Ikuti Tips Ini

Oleh : Hariyanto | Rabu, 13 Oktober 2021 - 13:20 WIB

Ilustrasi Tidur (ist)
Ilustrasi Tidur (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tahukah Anda kalau banyak orang melakukan banyak cara agar dapat memiliki kualitas tidur yang lebih baik, misalnya saja dengan mengonsumsi obat tidur.  Hal ini sangat berbahaya apalagi tanpa pengawasan dokter, dan bahkan dapat meningkatkan risiko kematian hingga empat kali lipat. 

Namun, tidak semua dokter setuju dengan laporan tersebut. Salah satunya Carl W. Bazil, M.D., Ph.D., yang memegang gelar ganda dalam bidang kedokteran dan farmakologi, juga profesor neurologi klinis di College of Physicians and Surgeons Columbia University. 

Dia mengatakan mungkin ada faktor lain yang berkontribusi penyebab di atas, namun tetap Dr. Bazil menyarankan agar tetap berkonsultasi terlebih dahulu, dan cobalah untuk melepaskan rasa khawatir atau mengingat tugas pada hari berikutnya.
Beliau justru menyarankan untuk mempertimbangkan saran berikut ini sebelum mencoba pengobatan:
Tips umum dari Dr. Bazil
1. Usahakan untuk  tidur pada waktu yang hampir sama setiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi.
2. Hindari untuk melakukan tidur siang setelah jam 4 sore atau lebih 
3. Saat merasa mengantuk hindari aktivitas seperti tiduran, atau berguling-guling di atas kasur. Justru lakukan aktivitas yang menenangkan hingga merasa mengantuk, kemudian baru kembali ke tempat tidur. 
4. Melakukan berbagai aktivitas yang baik untuk kesehatan mental dan menenangkan seperti meditasi.
5. Hindari melakukan aktivitas yang menimbulkan efek kecemasan, frustasi, seperti belajar, menonton televisi, bermain gadget saat di tempat tidur
6. Berolahraga yang mana sangat baik untuk tubuh dan kesehatan secara menyeluruh. Namun ada baiknya untuk melakukan aktivitas ini lima jam sebelum tidur ya! 
7. Menghindari mengonsumsi kafein setelah tengah hari, yang mana bukan saja kopi, tapi juga termasuk cokelat, teh atau soda. 
8. Berhentilah merokok sebelum satu atau dua jam sebelum tidur.
9. Batasi mengkonsumsi alkohol, terutama sebelum tidur.
10. artikel berlanjut setelah iklan
Selain tips dari pakar kesehatan, ada hal umum lainnya yang bisa Anda  lakukan untuk mendapatkan istirahat yang baik
1. Ciptakan ruangan yang nyaman, dan memberikan suasana yang mendukung misalnya menggunakan diffuser yang sudah diberikan oil, atau pengharum ruangan dengan aroma menenangkan. 
2. Hindari menumpuk barang-barang berlebih di dalam kamar, karena akan memberikan kesan sumpek, cukup letakan beberapa perlengkapan penting seperti meja, lemari, maupun harga tempat sampah. 
3. Memberikan penerangan yang cukup, misalnya untuk tidur Anda  bisa memanfaatkan lampu berwarna kuning yang memberikan kesan hangat
4 . Buang segala emosi negatif sebelum tidur, baik itu kepada teman, pasangan, dan keluarga. Cara ini juga baik untuk membebaskan dari kecemasan menurut Stephanie Sarkis PhD
3. Saat kepala sudah menyentuh bantal, jangan lupa untuk bersyukur atas hari yang sudah dilalui, dan ingatlah hal-hal baik yang sudah terjadi sepanjang hari.
5. Menggunakan bahan-bahan sprei, selimut yang nyaman agar dapat membuat tidur lebih nyenyak
6. Mengatur suhu ruangan yang pas yaitu 20 - 22 derajat celcius. Tapi untuk yang satu ini bisa Anda  sesuaikan dengan keinginan masing-masing.
Itulah tips tidur lelap yang diberikan para ahli maupun secara umum. Selamat mencoba, dan pastikan untuk melengkapi peralatan tidur dengan kualitas terbaik hanya di Ruparupa, temukan pilihan harga pengharum ruangan sampai harga tempat sampah dan harga kursi kantor lengkap dan banyak diskon melalui platform belanja yang mengedepankan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bertransaksi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…