Vietnam Berencana akan Buka Pariwisata Secara Penuh pada Juni 2022

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:30 WIB

Pantai Nha Trang, Vietnam (Foto:vietnamvisavoa)
Pantai Nha Trang, Vietnam (Foto:vietnamvisavoa)

INDUSTRY.co.id - Vietnam berencana untuk membuka kembali tujuan wisata mulai Desember untuk pengunjung yang divaksinasi dari negara-negara dengan risiko Covid-19 yang rendah. 

Dilansir dari laman Times of India, pemerintah Vietnam baru-baru ini menyatakan bahwa pembukaan pariwisata ini menjelang dimulainya kembali perjalanan wisata yang ditargetkan pada Juni 2022.

Sesuai laporan, Vietnam memberlakukan kontrol perbatasan yang ketat ketika pandemi Covid-10 melanda negara itu. Hal tersebut dalam sebuah langkah dan upaya untuk mencegah penyebaran virus lebih jauh. 

Meskipun langkah ini mengalami keberhasilan di awal namun, ternyata mempengaruhi sektor pariwisata yang sedang berkembang saat itu. Sektor pariwisata dapat menyumbang sekitar 10 persen dari produk domestik bruto.

Laporan mengatakan bahwa kedatangan wisatawan asing turun menjadi 3,8 juta pada tahun lalu, yang turun dari 18 juta pada 2019, ketika pendapatan dari pariwisata menghasilkan sekitar USD 31 miliar, yang setara dengan 12 persen dari PDB.

Saat ini, Vietnam tengah melakukan semua upaya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19. Namun, sampai sekarang hanya 13 persen dari 98 juta penduduknya telah divaksinasi. Sehingga, menjadikan negara ini salah satu tingkat terendah di Asia. 

Sebelumnya, Vietnam mengumumkan bahwa mereka akan membuka kembali pulau resor Phu Quoc mulai November untuk wisatawan yang divaksinasi.

Sekarang, mulai Desember akan memungkinkan wisatawan dari negara-negara yang disetujui untuk mengunjungi situs Warisan Dunia UNESCO, Hoi An dan Teluk Halong, pantai Nha Trang, dan kota dataran tinggi Dalat. 

"Kami hanya terbuka ketika itu benar-benar aman. Kami bergerak selangkah demi selangkah, dengan hati-hati tetapi fleksibel untuk beradaptasi dengan situasi nyata pandemi," ungkap Pemerintah Vietnam dalam sebuah laporan.

Langkah ini mengikuti langkah serupa yang diambil oleh negara tetangga Thailand, yang mulai bulan depan akan memperluas lokasi dalam skema percontohannya untuk memungkinkan pengunjung yang divaksinasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Daging sapi di sebuah pasar becek

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:56 WIB

Kementan Pastikan Ketersediaan Hewan Ternak Aman

Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar talk show Tani on Stage di halaman Masjid Baiturrahman Kaum, Kampung Seuseupan, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Kiri-kanan: Sofianto Widjaja- General Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Cloudinia J Dieter- Senior Project Manager PT. Wahana Kemalaniaga Makmur, Abdul Sobur- Ketua presidium Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), H.M Wiradadi Soeprayogo- Bidang Organisasi, kelembagaan, Hukum dan Aspirasi Daerah, Asosiasi Pengusaha Kayu Gergajian dan Kayu Olahan Indonesia

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:50 WIB

Pamer Ketangguhan Industri Furnitur! IFMAC & WOODMAC 2022 Hadirkan Teknologi-Teknologi Terbaru Pasca Pandemi

Jakarta– Industri furnitur Indonesia menunjukkan ketangguhannya dalam mengatasi dampak pandemi. Pelaku industri furnitur mampu beradaptasi dan mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Daging Ayam yang dijual di Pasar

Selasa, 05 Juli 2022 - 16:14 WIB

Singapura Setuju Impor Daging Ayam dari Indonesia

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan, Singapura melalui Badan Pangan Singapura atau Singapura Food Agency (SFA) telah menyetujui Indonesia sebagai sumber baru impor ayam…