Penuhi Target COD, PLTS Sei Mangkei Berpotensi Turunkan Emisi Karbon 1.300 Ton Setahun

Oleh : Hariyanto | Selasa, 12 Oktober 2021 - 11:06 WIB

PLTS Sei Mangkei
PLTS Sei Mangkei

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PLTS Sei Mangkei hasil kerja sama antara Pertamina NRE dan PTPN III berhasil memenuhi target commercial operation date (COD) pada 24 Agustus 2021.  PLTS ground mounted dengan kapasitas 2 MW tersebut menyuplai listrik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Sumatera Utara.

PLTS Sei Mangkei diperkirakan dapat memproduksi listrik hingga 1,6 GW dalam setahun dan berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 1.300 ton per tahunnya. Penurunan emisi tersebut setara dengan penyerapan CO2 59 ribu pohon dewasa dalam setahun. 

KEK Sei Mangkei merupakan KEK yang dikelola oleh PTPN III dan menjadi KEK pertama di Indonesia yang memiliki konsep green economic zone, yaitu mengutamakan pengembangan energi terbarukan, termasuk penggunaan energi untuk pembangkit listrik.

Secara tradisional, kawasan industri merupakan penghasil emisi GRK dalam jumlah besar. Namun dengan konsep green economic zone, kegiatan industri di KEK Sei Mangkei diharapkan lebih ramah lingkungan.

“Transisi menuju energi bersih yang dilakukan Pertamina sejalan dengan konsep green economic zone KEK Sei Mangkei. Kami percaya industri dapat memberikan kontribusi besar bagi upaya dekarbonisasi, yaitu melalui pemanfaatan energi yang lebih bersih dan menurunkan emisi GRK dalam aktivitas bisnisnya,” ungkap Dannif Danusaputro, Chief Executive Officer Pertamina NRE yang dikutip INDUSTRY.co.id, Selasa (12/10/2021).

PLTS tersebut bukan satu-satunya pembangkit listrik energi terbarukan di Kawasan Sei Mangkei. Awal tahun lalu, bersama dengan PTPN III Pertamina NRE juga telah menyelesaikan proyek pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) berkapasitas 2,4 MW.

Biogas yang digunakan berasal dari palm oil mill effluent (POME) atau limbah cair kelapa sawit. Bersama-sama, kedua pembangkit tersebut berpotensi menurunkan emisi karbon sebesar 71.300 ton per tahun.

Mohammad Abdul Ghani, Direktur Utama Holding PTPN III mengungkapkan bahwa KEK Sei Mangkei merupakan kawasan industri yang didesain khusus dengan konsep green economic zone dimana penggunaan energi bersih melalui pengembangan sumber-sumber listrik berbasis Energi Baru Terbarukan antara lain pengembangan PLT Biomassa, PLT Biogas dan PLT Surya menjadi prioritas utama dalam pengembangan kedepannya.

"Upaya-upaya tersebut sejalan dengan target pemerintah dalam mencapai bauran EBT sebesar 23 % pada tahun 2025. Kami berharap kedepan KEK Sei Mangkei dapat menjadi salah satu contoh kawasan industri berwawasan lingkungan bagi kawasan industri lainnya," ungkap Mohammad Abdul Ghani.

Pertamina agresif melakukan transisi energi sesuai rencana jangka panjangnya. Sebagai bagian dari praktek environment, social, and governance (ESG), Pertamina memiliki kepedulian bersama masyarakat global untuk menghambat laju perubahan iklim.

Pertamina mendukung upaya pemerintah mencapai penurunan emisi GRK sebesar pada tahun 2030. Pertamina juga menargetkan sebesar 17 persen energi bersih dalam portofolio bisnisnya di tahun 2030.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:26 WIB

Polisi Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Subsidi di Pati, Kabareskrim : Kasus Terbesar Sepanjang 2022

Jakarta- Kasus penyalahgunaan bahan bakar minyak jenis solar bersubsidi di Kabupaten Pati diungkap tim Direktorat Tipidter Bareskrim Polri. Dalam kasus yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang…

CEO LPKR John Riady (Ist)

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

Simak Cara PT Lippo Karawaci Tbk. Dorong Pencapaian Target Pra Penjualan

PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) menerapkan sejumlah strategi untuk mencapai target pra penjualan yang sebesar Rp5,2 triliun pada tahun 2022 atau tumbuh 5% YoY (year on year) dari realisasi pada…

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, menyambangi booth Save the Children di Rumah Resiliensi Indonesia dan berbincang dengan Ranti dan Annisa

Rabu, 25 Mei 2022 - 13:10 WIB

GPDRR Bali: Save The Children Usung Hak Partisipasi Anak dalam Upaya Pengurangan Risiko Bencana

Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ke-tujuh Platform Global para multi-pemangku kepentingan untuk Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan di Bali.

Ratu Elizabeth II (Foto Istimewa)

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:45 WIB

Koleksi Perhiasan Pribadi Ratu Elizabeth akan dipamerkan di Istana Buckingham

Istana Buckingham di London siap untuk menjadi tuan rumah koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth II pada kesempatan perayaan Platinum Jubilee. Rupanya, perayaan Platinum Jubilee ratu ini untuk…

Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Rabu, 25 Mei 2022 - 12:37 WIB

Polisi Hebat! Iptu Nizar Zulfikar dkk Bawa Pulang Medali Emas Sea Games

Jakarta. Tim bola voli indoor putra Indonesia yang diawaki oleh Sang Kapten, Iptu Nizar Zulfikar dkk meraih medali emas pada ajang olahraga Sea Games 2021 di Vietnam.