Tujuh Artis Perempuan yang Berprestasi di Bidang Pendidikan

Oleh : HerryBarus | Senin, 11 Oktober 2021 - 13:00 WIB

Cinta Laura (Foto Ist)
Cinta Laura (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Ada banyak artis perempuan Tanah Air yang memiliki segudang prestasi, khususnya di bidang pendidikan. Siapa yang sangka jika di tengah kesibukannya, mereka tetap menaruh perhatian besar dan tidak mengesampingkan pendidikan.

Padahal sebagai public figure, mereka tentu harus berjuang ekstra untuk dapat membagi waktu dengan baik. Demikian catatan Albertina – Anggota Perempuan Indonesia Satu.

Dari daftar yang akan disebutkan, beberapa tercatat sukses meraih nilai sempurna di bangku kuliah. Siapa saja artis-artis tersebut? Berikut 7 artis perempuan yangberprestasi di bidang pendidikan yang bisa kamu ketahui. Ini dia daftarnya:

1. Dian Sastrowardoyo

Siapa yang tidak kenal dengan Dian Sastrowardoyo. Pemeran Cinta di film legendaris 'Ada Apa Dengan Cinta' ini rupanya merupakan lulusan Universitas Indonesia (UI). Ketika kuliah, perempuan yang biasa disapa Dian Sastro ini menempuh jurusan Filsafat.

Setelah lulus S1, Dian Sastro kembali melanjutkan pendidikannya ke jenjang pascasarjana atau program magister, tepatnya mengambil jurusan Manajemen di universitas yang sama. Begitu menyandang, perempuan yang kini memiliki dua anak ini meraih predikat cumlaude.

2. Gita Gutawa

Selain dikenal sebagai penyanyi berbakat, Gita Gutawa juga termasuk artis yang mementingkan pendidikan di luar kariernya sebagai penyanyi. Putri komposer Erwin Gutawa ini disebut menjadikan pendidikan sebagai prioritasnya, bahkan disbanding kariernya sendiri.

Gita Gutawa berkuliah di luar negeri. Ia mengambil jurusan Ekonomi di di Universitas Birmingham, Inggris. Setelah lulus pada tahun 2014, Gita Gutawa langsung melanjutkan pendidikan S2 dengan berkuliah di London School of Economics and Political Science. Saat lulus S2 di tahun 2015, Gita pun berhasil menyandang predikat sebagai mahasiswa cumlaude di kampusnya itu.

3. Cinta Laura

Cinta Laura, artis sekaligus penyanyi blasteran Indonesia - Jerman ini juga menaruh perhatian yang tinggi untuk pendidikannya. Cinta Laura merupakan lulusan Columbia University, Amerika Serikat tahun 2014. Ketika kuliah di sana, ia bahkan meraih dua gelar sekaligus serta berhasil mendapatkan predikat cumlaude.

Saat kelulusan, Cinta Laura berhasil meraih IPK yang hampir sempurna, yakni 3,9. Dengan prestasi yang diraihnya ini, Cinta Laura membuktikan bahwa menjadi artis tidak sama sekali menghalanginya untuk tetap berprestasi di bidang pendidikan.

4. Tasya Kamila

Mantan penyanyi cilik, Tasya Kamila, rupanya juga termasuk dalam deretan artisperempuan yang berprestasi di bidang pendidikan. Ketika kuliah, Tasya Kamila mendapatkan beasiswa LPDP di tahun 2015 silam. Ia berkuliah di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Setelah menyelesaikan bangku pendidikannya di Universitas Indonesia, Tasya kemudian melanjutkan kuliah di program pascasarjana Universitas Columbia, Amerika Serikat. Saat itu ia mengambil jurusan Administrasi Publik dan berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Bagi Tasya Kamila, menyandang status sebagai artis, tidak menghalanginya untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya. Ia pun berhasil membuktikan bahwa usahanya tidak mengkhianati hasil. Ketika kembali ke Indonesia, Tasya pun sering tampil sebagai pembicara di acara-acara yang berkaitan dengan beasiswa LPDP.

5. Isyana Sarasvati

Semua pasti sudah mengenal Isyana Sarasvati, penyanyi sekaligus komposer muda ini sudah berprestasi sejak ia masih remaja. Isyana pernah mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Singapura untuk belajar di Nanyang Academy of Fine Arts (NAFA).

Selain itu, Isyana Sarasvati juga tercatat pernah mendapatkan beasiswa RCM Excellence Award. Adapun penghargaan lain yang pernah didapatkan olehnya meliputi Best Scholarship Graduate dari Royal College of Music London sampai mendapatkan penghargaan dari Kedutaan Besar Peru.

6. Maudy Ayunda

Artis yang dikenal sebagai aktris dan penyanyi juga memiliki prestasi di bidang pendidikan. Maudy Ayunda merupakan lulusan Universitas Oxford yang semasa kuliahnya pernah mendapatkan predikat cumlaude.

Selesai menempuh pendidikan S1 di universitas tersebut, Maudy Ayunda melanjutkan pendidikan pascasarjana. Tak tanggung-tanggung, ia bahkan diterima di dua universitas sekaligus yakni Harvard University dan Stanford University.

Membanggakan, bukan?

Namun, Maudy Ayunda akhirnya memilih melanjutkan S2 di Stanford University, lantaran ia bisa mendapatkan 2 gelar sekaligus. Di sana, Maudy Ayunda memilih jurusan Administrasi Bisnis dan Pendidikan.

7. Nycta Gina

Beberapa orang mungkin mengenal artis yang satu ini lewat karakter Jeng Kelin. Adalah Nycta Gina, artis yang juga merupakan seorang dokter. Perempuan yang satu pernah berkuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti pada tahun 2011 silam.

Selain menjadi dokter, Nycta Gina juga pernah menjadi penyiar di salah satu radio di Ibukota yaitu Prambors Radio.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).