Warga Digital Perlu Kesadaran Beretika di Media Sosial

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 09 Oktober 2021 - 16:20 WIB

Ilustrasi Medsos (Ist)
Ilustrasi Medsos (Ist)

INDUSTRY.co.id - Aktivitas online saat menggunakan internet dan berinteraksi di ruang digital perlu diikuti dengan etika dan sopan santun seperti halnya komunikasi di dunia nyata. Karena di dunia digital setiap orang juga berhubungan dengan manusia bukan sekadar ponsel atau robot.

"Sempatkan waktu untuk berpikir sebelum berinteraksi dan berpartisipasi di dunia digital, sehingga segala aktivitas di dalamnya dilakukan dengan kesadaran," kata Chika Amalia, Public Figure Branding and Partnership saat webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Setiap individu juga perlu menyadari, ada jejak digital di internet yang bisa memberikan dampak pada karier dan personal branding.
Unggahan maupun komentar negatif bisa saja mendatangkan masalah di kemudian hari, dilihat oleh pasangan, bahkan calon bos. Seperti unggahan opini pribadi dengan unsur ejekan yang merugikan orang lain. Bahkan bisa merugikan orang lain dalam skala besar jika menyangkut ketidaksengajaan penyebaran hoaks atau berita bohong. 

Lebih jauh dia pun mengajak agar tiap individu mengisi ruang digital dengan konten positif, misalnyamemilih topik yang aman agar tidak memancing respon negatif dari khalayak. Begitu juga dalam pemilihan foto atau bahasa yang baik untuk dilihat oleh orang lain di media sosial. Untuk kasus public figure yang memakai media sosial sebagai branding image, unggahannya biasanya mengarahkan khalayak untuk berdiskusi terkait materi konten sesuai dengan topik.
 
"Setiap orang juga perlu memiliki kebijaksanaan dalam memberikan respons, agar tidak terdapat unsur provokasi. Bukan hanya dalam unggahan berupa foto maupun status saja, termasuk saat membagikan ulang sebuah berita di media sosial setiap orang juga harus mengecek terlebih dulu kebenarannya. Karena apa yang dibagikan juga memengaruhi personal branding," jelasnya.

Webinar Literasi Digital wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Pada webinar hadir pula nara sumber lainnya seperti Farid Pamungkas, Guru Seni Budaya SMAN 1 Cikarang Utara, Vivi Andriyani, Marcomm & Manager Bumbubumbuku dan Mona Ratuliu, Founder ParenThink. 

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Literasi Digital di 34 Provinsi dan 514 Kabupaten dengan 4 pilar utama. Di antaranya Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Willy Anwar, Co-founder dari Transporta

Selasa, 05 Juli 2022 - 20:08 WIB

Transporta Terpilih untuk Mengikuti Program Inkubasi Startup Studio Indonesia Batch

Jakarta-Transporta, perusahaan startup teknologi di Indonesia, terpilih menjadi salah satu dari 15 perusahaan startup untuk berpartisipasi dalam Startup Studio Indonesia Batch 4 setelah melewati…

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Hal itu dilakukan sebagai upaya memenangi Pilpres 2024.

Selasa, 05 Juli 2022 - 19:57 WIB

Kerja Sama Akar Rumput Perkuat Konsolidasi KIB Hingga ke Daerah

Jakarta- Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menginstruksikan pengurus partai dari tingkat pusat hingga daerah untuk menjalin kerja sama dengan PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia…

Hafferson Manurung, Executive Director NTT DATA Business Solutions Indonesia, bersama Yoke Chian Wong, Partner Account Manager OpenText Singapura sedang berbincang di sela-sela pertemuan dengan perusahaan-perusahaan di Jakarta.

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:24 WIB

Bekerjasama dengan OpenText dan Google, NTT DATA Business Solutions Indonesia Hadirkan Solusi Cloud untuk Otomatisasi Keuangan Perusahaan

Jakarta– NTT DATA Business Solutions Indonesia bersama OpenText dan Google Cloud Platform menghadirkan solusi Cloud yang dapat diintegrasikan dengan berbagai inovasi.

Mendag Zulkifli Hasan

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:12 WIB

Janji Mendag Zulhas Terbukti, Harga Minyak Goreng Curah Kini Rp14 Ribu per Liter

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku kerja nyatanya selama dua minggu telah membuahkan hasil. Ia mengklaim, ketersediaan minyak goreng di pasaran aman dengan harga sesuai harga…

Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (Dok: Kemenparekraf)

Selasa, 05 Juli 2022 - 17:00 WIB

Kunjungan Wisatawan ke Labuan Bajo Meningkat Hingga 65.362 Pengunjung

Kunjungan wisata ke Labuan Bajo hingga Juni 2022 mencapai 65.362 kunjungan, hal tersebut disampaikan oleh Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, dan Kebudayaan Manggarai Barat, NTT. Lebih lanjut,…