Ngeri! Ini yang Bakal Terjadi Jika Menkeu Sri Mulyani Tak Segera Teken Perpanjangan Safeguard Keramik

Oleh : Ridwan | Rabu, 06 Oktober 2021 - 11:40 WIB

Pekerja di industri keramik (foto Bisnis.com)
Pekerja di industri keramik (foto Bisnis.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menyebut peningkatan impor produk keramik semakin merajalela.

Tercatat, periode Januari -  Agustus 2021, impor produk keramik meningkat tajam diatas 60%.

Kenaikan angka impor tersebut didominasi oleh produk keramik asal Tiongkok yang meningkat 105%, serta India sekitar 20%.

"Peningkatan angka impor yang demikian tinggi jika tidak diantisipasi melalui perpanjangan safeguard atau Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP), maka kelangsungan industri keramik nasional semakin tidak pasti," kata Ketua Umum Asaki Edy Suyanto kepada INDUSTRY.co.id, Rabu (6/10/2021).

Disamping itu, tambah Edy, peningkatan impor juga akan menimbulkan kerugian negara berupa penerimaan bea masuk yang diperkirakan berkisar Rp 90-100 miliar per bulan dengan data besaran impor keramik bulanan rata-rata Rp500 miliar per bulan.

Oleh karena itu, Asaki mendesak pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk segera melakukan perpanjangan safeguard atau BMTP yang akan berakhir pada 11 Oktober 2021.

Lebih lanjut, Edy mengatakan, Komite Pengamanan Perdagangan Indonesia (KPPI) melalui Menteri Perdagangan (Mendag) telah mengirimkan surat rekomendasi perpanjangan safeguard atau BMTL untuk tiga tahun kedepan kepada Menteri Keuangan.

"Namun, hingga saat ini berdasarkan informasi yang kami terima masih dalam proses di Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu hinga beberapa hari menjelang berakhirnya BMTP," jelas Edy.

"Kekhawatiran kami terhadap gangguan berat yang serius akan terjadi jika perpanjangan safeguard atau BMTP keramik tidak dilakukan tepat waktu," tambahnya.

Seperti diketahui, industri keramik nasional sudah mulai kembali bergeliat pasca pelonggaran PPKM yang dilakukan pemerintah. Hal ini terlihat dari tingkat utilisasi produksi selama Januari - Seotember 2021 yang berada di level 75%, dan menjadi yang tertinggi sejak tahun 2015.

Edy optimis pasca penurunan harga gas menjadi USD 6 per MMBTU, industri keramik nasional bisa bangkit kembali ke tingkat utilisasi di atas 90%, seperti yang terjadi di tahun 2011 - 2104 lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…