Mechalika dan 20 Artis Lainnya Dukung Konser Amal Malam Kasih Untukmu Pray for Pekerja Seni

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 02 Oktober 2021 - 12:00 WIB

Artis Mechalika
Artis Mechalika

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sudah satu tahun lebih pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Pandemi tersebut memberi dampak di semua sektor kehidupan. Mulai dari sektor kesehatan, ekonomi, pendidikan, keagamaan, dan sektor lain, semua terkena imbasnya.

Tidak hanya profesi tertentu terkena dampaknya. Profesi artis juga mengalami hal serupa. Hal inilah yang menggerakkan para artis menggalang solidaritas sosial.

“Para artis menggalang solidaritas sosial. Demi membantu sesama seniman dan pemulung para artis ini rela show tidak dibayar,” terang Pendiri Komunitas Amal Sedekah Ikhlas Hati (KASIH), Ageng Kiwi, kepada wartawan di Jakarta, belum lama ini.

Ketua Umum Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Eddie Karsito, di kesempatan yang sama menjelaskan, bahwa kegiatan sosial yang melibatkan para artis kerap dilaksanakan. Bahkan sudah sejak 26 tahun lalu, sejak lembaga nirlaba ini didirikan.

“Menolong orang lain hakekatnya membantu diri sendiri. Hal ini yang sering kami tanamkan kepada anak-anak Sanggar Humaniora. Kebaikan tidak akan berhenti pada orang yang kita tolong. Tetapi akan terus berlanjut dan menyebar ke lebih banyak orang,” ujar Eddie Karsito.

Perilaku prososial, kata Eddie, biasanya muncul saat orang menyadari bahwa ada pihak lain yang mengalami kesulitan. Sejak dulu nenek moyang bangsa Indonesia, ujarnya, telah mengajarkan bagaimana hidup bersama dalam budaya gotong royong; saling tolong-menolong.

“Salah satu hal yang selalu diajarkan pada kebanyakan orang sejak kecil adalah kebiasaan menolong orang lain. Nilai-nilai inilah yang tertanam pada budaya gotong royong bangsa Indonesia hingga saat ini,” ujar volunteer yang juga penggiat budaya ini.

Sejumlah artis yang terlibat dalam konser amal ini, adalah; Indra L. Brugman, Anisa Bahar, Ageng Kiwi, Eddie Karsito, Ratu Bidadari, Jelita KDI, Echal Gumilang, ustadz Imadduddin, Risky Ridho, Della Puspita, Anies Fitria, Lia Emilia, Capt. Andi M. Pakpahan, Wibi Andrino, Irma Rachim, Gusti Rossaline Oca, Halilintar Saragih, Kevin Panjaitan, Mechalika, dan Del Sarono.

Tampil juga Wikwik “Ambyar”, Makjedor "Suzana KW", Ratna Koin, Vrazion, Citra Alegro KDI, Ervanka BP2, Eko Bermana KDI,  Ratu Eva, Vellin “Ratu Begal,” Anis Sugiono, Raditya Jason, Azza BP6, Rifaldy, Ines Balladiva, “Duo Bunga,” Boy Sahara, dan para artis lainnya.

Pergelaran musik amal bertajuk “Konser Amal Malam Kasih Untukmu, Pray for Pekerja Seni” ini, terselenggara atas kerjasama Komunitas Amal Sedekah Ikhlas Hati (KASIH) - Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, dan GMN Management & DK Musik Lab. Didukung oleh AK Production, dan Forum Wartawan Hiburan (FORWAN) Indonesia.

Konser ini akan disiarkan live streaming dari GMN Management & DK Musik Lab, Karawaci, Tangerang Banten, Rabu 6 Oktober 2021, mulai pukul 19.00 WIB.

Masyarakat juga dapat menyaksikan konser ini melalui live streaming youtube dan instagram #Indra L. Brugman dan #Ageng Kiwi, dan Tanjung Enim Radio Streaming and News.

“Hasil penggalangan dana kami salurkan untuk membantu para pekerja seni; artis panggung, pemusik, musisi, crew pergelaran, dan seniman lainnya. Juga menyantuni para pemulung janda lanjut usia binaan kami, yang mengalami kesulitan akibat pandemic covid-19,” terang Ageng Kiwi.

Menurut Echal Gumilang, yang juga panitia dari GMN Management & DK Musik Lab, akibat pandemic covid-19 perekonomian Indonesia, khususnya jasa industri hiburan sangat terpukul.

“Teman-teman kami sesama seniman paling terkena dampaknya. Mereka banyak kehilangan pekerjaan. Oleh karena itu, kami berinisiatif menggelar konser penggalangan dana ini,” terang Echal Gumilang

Tahun 2021, kata Echal, merupakan tahun penuh pilu. “Akhir tahun 2019 banyak rencana kegiatan temen-temen pekerja seni yang akan dilaksanakan. Tetapi tidak disangka dua tahun ini terjadi pandemi wabah virus corona. Puncaknya di tahun 2021 mudah-mudahan wabah ini berakhir,” tutur Echal prihatin.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…