Masuk 50 Besar ADWI 2021, Ekowisata Burai Unggulan Desa Warna-Warni

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 01 Oktober 2021 - 13:15 WIB

 Desa Wisata Burai Terletak di kecamatan Tanjung Batu, kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Dok: facebook.com/oganilirterkini)
Desa Wisata Burai Terletak di kecamatan Tanjung Batu, kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan (Dok: facebook.com/oganilirterkini)

INDUSTRY.co.id - Terletak di kecamatan Tanjung Batu, kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan, Desa Wisata Burai memiliki beragam daya tarik wisata yang dapat memikat wisatawan. Salah satu daya tarik utama adalah ekowisata Warna Burai. 

Di desa wisata ini wisatawan dapat menikmati pemandangan warna-warni rumah warga juga gazebo yang tersebar di segala penjuru desa. Dermaga di desa wisata ini juga dicat dengan warna beragam sehingga menjadi tempat berswafoto paling artistik.

Deretan keunggulan ini kemudian mengantarkan Desa Wisata Burai masuk dalam 50 besar desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Belum lama ini, Desa Wisata Burai juga meraih juara II dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020, sebagai ekowisata terpopuler.

"Desa Wisata Burai saya nyatakan sebagai 50 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Mudah-mudahan desa wisata ini terus berkembang dan menjadi saluran membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, melalui siaran pers yang diterima Industry.co.id.

Selain keunggulan ekowisata, Desa Wisata Burai juga memiliki panorama keindahan sungai yang mengelilingi desa. Masyarakat setempat dengan inovasi mengembangan wisata bahari seperti naik kapal wisata atau naik kapal ketek. Menparekraf berkesempatan menyusuri sungai menggunakan kapal wisata sambil menyapa para masyarakat setempat.

Dari sisi ekonomi kreatif, Desa Wisata Burai mempunya produk unggulan khas, seperti kain songket burai yang dapat dijadikan pakaian ataupun tas. Lalu, ada anyaman purun, kerajinan tangan ibu-ibu Desa Wisata Burai yang terbuat dari olahan rumput yang bernama purun. Kemudian diolah menjadi pernak-pernik, sendal, dan juga tas.

Kulinernya sendiri tidak diragukan lagi kelezatannya. Rata-rata olahan kuliner di desa ini berbahan dasar ikan gabus yang berasal dari sungai. Ikan tersebut kemudian diolah menjadi kemplang, tekwan, pempek, model, dan pindang.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf memberikan satu kapal wisata kepada pihak Desa Wisata Burai untuk menunjang permintaan wisatawan untuk wisata air. Kapal baru ini akan dihadirkan dalam tiga bulan ke depan.

"Alhamdulillah sudah kita komit untuk dalam tiga bulan kita hadirkan di Desa Wisata Burai dan saya melihat tadi peluang kerja sama dengan Dulux dan Propan agar warna-warna yang menjadi ciri khas Burai ini tetap terjaga," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru mengatakan Desa Wisata Burai merupakan kebanggaan Sumatra Selatan. Oleh karena itu, potensi ini harus terus kita kembangkan agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat. 

"Mudah-mudahan desa ini bisa lebih dikenal lagi. Dan tentu pengembangan ini akan menjadi perhatian semua pihak," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kendaraan Listrik

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:30 WIB

RI Siap Akselerasi Bangun Ekosistem Industri Kendaraan Listrik

Indonesia tengah bersiap memasuki era kendaraan listrik, sesuai dengan tren global saat ini. Butuh sinergi berbagai pihak agar mencapai tujuan tersebut. Oleh karena itu, pemerintah dan stakeholders…

Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda bersama Menperin Agus

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:11 WIB

Menperin Agus Bagikan Potret Bersama Sahabat Lamanya Putra Mantan PM Jepang Tatsuo Fukuda

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengunggah sebuah momen duduk santai bersama anak mantan Perdana Menteri (Jepang) yaitu Tatsuo Fukuda.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Firman Shantyabudi

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:08 WIB

Tolong Disimak! Korlantas Polri Mulai Terapkan ETLE Kamera Handphone di Tiga Provinsi

Jakarta-kepolisian daerah (Polda) di Indonesia sudah menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile. Sebanyak tiga kepolisian daerah (Polda) telah menerapkan penindakan hukum berbasis…

Bandara Internasional Batam (Foto Dok Tribunnews)n

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:07 WIB

Bandara Internasional Batam DiharapkanSebagai Cargo Hub dan E-commerce

etua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi penandatangan MoU antara PT. BS Kargo Indonesia dengan PT. Bandara Internasional Batam dalam bidang e-commerce dan logistik. PT. BS Kargo Indonesia…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 30 Juni 2022 - 13:05 WIB

Rasio Kepemilikan Mobil di RI Masih Rendah, Menperin Agus: Ini Potensi Luar Biasa

Japan Autoparts Business Forum yang digelar di Nagoya, Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan rasio kepemilikan kendaraan roda empat di Indonesia masih…