Konser Daring Jonathan Kuo & Friends, In Leipzig

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 September 2021 - 15:15 WIB

Konser Daring Jonathan Kuo & Friends, In Leipzig
Konser Daring Jonathan Kuo & Friends, In Leipzig

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dua konser daring Jonathan Kuo,‘The Russians Connections’ dan The Great Three 'B' telah sukses digelar. Kali ini pianis kebanggaan Indonesia kembali menunjukan karya-karya kolosal komponis besar dunia.

Jonathan akan tampil dalam program virtuosik membawakan karya komponis yang pernah tinggal dan berkarir di Leipzig, Jerman. Yaitu, dua komponis (di paruh awal abad XIX), Robert Schumann (Symphonic Etudes, Op. 13) dan Felix Mendelssohn (Trio for Piano, Violin & Cello, Op 49).

”Keduanya adalah komposer Jerman yang terkenal. Alasan lain mengapa saya memilih keduanya adalah meski tinggal di daerah yang sama, mereka menunjukan karakter yang berbeda,” jelas Jonathan.

Sesuai dengan tema, Jonathan mengangkat ‘In Leipzig’ sebagai penampilan ketiganya di tahun 2021. Penampilan pria yang akrab disapa Jo ini bisa disaksikan melalui kanal Youtube Jakarta Sinfonietta, Jum’at 1 Oktober pukul 20.00 WIB (premiere).

Berbeda dengan penampilan sebelumnya, Jonathan akan tampil bersama dua rekannya dari Bandung dan juga anggota Jakarta Sinfonietta. Mereka adalah Ahmad Ramadhan (pemain biola) dan Dani K Ramadhan (pemain cello).

”Dua teman saya ini memang musisi yang luar biasa dan berdomisili di Bandung. Sehingga mudah melakukan kolaborasi. Kami sudah sering berkolaborasi bersama,” aku Jonathan lagi.

Di bawah bimbingan Iswargia R Sudarno dari Konservatorium Musik Jakarta, Jonathan mulai berlatih sejak dua bulan yang lalu. Menurut Jonathan karya yang dibawakannya nanti penuh tantangan dan termasuk karya yang sulit.

”Karya Felix Mendelssohn dan Robert Schumann sangat jarang dimainkan di Indonesia. Jadi jangan terlewatkan untuk menyaksikan karya-karya mereka yang akan saya mainkan nanti,” ajak Jonathan.

Selama mendampingi Jonathan berlatih, Iswargia menjelaskan bila anak didiknya sangat mencintai karya komponis besar. ”Salah satu komponis favorit Jonathan adalah Robert Schumann, yang dulu pernah tinggal di Leipzig,” jelas Iswargia.

”Leipzig merupakan kota penting dalam perkembangan musik di awal Abad XIX, disamping Wina, Paris, dan London. Mendelssohn yang banyak berkarir di sana merupakan tokoh penting dalam perkembangan musik di kota itu,” ujarnya menambahkan.

Saat penampilannya nanti, Jonathan & Friends akan menyuguhkan karya apik sekitar 90 menit. ”Program utama yang berbeda dengan konser sebelumnya adalah, dalam konser ini ada karya musik kamar yaitu Piano Trio No 1 karya Mendelssohn,” sebut Iswargia.

Melihat konsistensi Jonathan dalam mempelajari dan mengenalkan karya-karya komponis besar menjadi kebanggaan tersendiri bagi Iswargia. 

”Saya sebagai guru untuk memperkenalkan lebih jauh lagi komponis ternama lain yang memberi pengaruh terhadap perkembangan musik Barat, agar wawasan, pengetahuan, serta inspirasi Jonathan pun semakin luas dan terbuka,” pungkas Iswargia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapangan golf Jababeka

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:21 WIB

Ini Hunian Berkelas di Jababeka yang Diminati Para Ekspatriat, Hanya 2 Menit ke Lapangan Golf

Produk Jababeka Residence bernama Paradiso Golf Villas berada tepat di tengah lapangan golf Jababeka (Jababeka Golf & Country Club). Hunian mewah yang mengusung konsep resort ini memberi warna…

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah

Rabu, 08 Mei 2024 - 08:03 WIB

Apa Salahnya Orang Berdoa? Basarah MPR Mengecam Keras Pelarangan Ibadah di Tangsel

Jakarta – Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengecam keras dan meminta Polri menindak tegas sejumlah oknum masyarakat yang melarang sambil melakukan kekerasan terhadap para mahasiswa dan mahasiswi…

SW Indonesia di Surabaya Meningkatkan Kapasitas Layanan

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:54 WIB

Dukung Lingkungan Bisnis dan Industri, SW Indonesia di Surabaya Tingkatkan Kapasitas Layanan

Surabaya-SW Indonesia di Surabaya meningkatkan kapasitas layanan melalui perluasan ruang kerja, penambahan jumlah profesional, dan pengembangan kompetensi tim. Seiring pertumbuhan kantor akuntan…

Jababeka Residence di Cikarang

Rabu, 08 Mei 2024 - 07:24 WIB

Jababeka Residence Lokasi Tepat Tanam Modal Panen Cuan

Pengembangan hunian berkelas yang dilakukan oleh anak usaha dari PT. Jababeka Tbk. (KIJA) ini semakin pesat dengan menghadirkan beragam produk residensial dan komersial unggulan.

Yusril Ihza Mahendra

Rabu, 08 Mei 2024 - 06:23 WIB

Ketum PBB Yusril : Prabowo-Gibran Harus Revisi UU atau Terbitkan Perppu Jika Mau Tambah Kementerian

Pakar Hukum Tata Negara, Prof Yusril Ihza Mahendra, menanggapi isu presiden terpilih, Prabowo Subianto, yang ingin menambah nomenklatur kementerian. Beredar kabar jumlah nomenklatur kementerian…