Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Oleh : Kormen Barus | Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)
PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan, salah satunya meningkatkan kualitas Customer Service. Peningkatan Customer Service meliputi pengembangan Sumber Daya Manusia serta optimasi sarana dan prasana pendukung guna memberikan kemudahan akses, pelayanan yang lebih cepat, dan solusi terbaik bagi pelanggan di tengah dinamika kebutuhan dan tuntutan pasar yang dipicu oleh disrupsi digital, dan pandemi Covid-19.

Upaya peningkatan Link Net mendapatkan pengakuan dari Majalah SWA dan Business Digest, kali ini dengan predikat Top 3 Customer Service Champion kategori Data & Entertainment di ajang Indonesia Customer Service Champions 2021, yang diselenggarakan secara virtual bersamaan dengan Indonesia Customer Service Quality Award 2021 (9/9).  

Victor Indajang, Deputy CEO dan Chief Operation Officer PT Link Net Tbk menyampaikan, “Saya melihat Link Net adalah empowering solution beyond connectivity, yang memberikan solusi dengan memberdayakan people to people, people to business, dan people to knowledge. Dari layanan yang Link Net berikan untuk mendukung kebutuhan pelanggan, menjadi kepuasaan tersendiri bagi kami ketika kami membuat mereka merasa sangat terbantu, dan memiliki kemampuan untuk melakukan apa yang mungkin belum bisa dilakukan sebelumnya.”

Victor juga menambahkan bahwa setiap tahunnya, Link Net terus berupaya melakukan peningkatan kapasitas dan kapabilitas First Squad termasuk Customer Service sebagai garda terdepan, dengan mengacu pada pola pikir Customer Centricity.

Secara konseptual, Customer Centricity Link Net memiliki nilai-nilai utama seperti; customer first, integrity, teamwork, excellence, innovation, ownership, urgency, dan passion. Dari nilai-nilai ini, Link Net ingin bisa menghadirkan kemudahan dan solusi melalui pendekatan yang melibatkan pelanggan, sehingga dapat memberikan pelayanan tidak hanya apa yang dibutuhkan, tetapi juga apa yang diharapkan oleh pelanggan, terutama di masa kenormalan baru.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di era digital telah memberikan tantangan yang semakin kompleks, khususnya terhadap pola perilaku masyarakat dalam mengonsumsi internet. Berdasarkan data dan pengamatan Link Net selama kurun waktu setahun terakhir, permintaan pelanggan melalui aplikasi My FirstMedia mengalami peningkatan trafik.

Di sisi lain, Link Net juga mengamati perjalanan pelanggan, dimana sejak pandemi terjadi perubahan preferensi masyarakat terhadap informasi dan layanan untuk mendukung aktivitas dan produktivitas mereka dengan dominasi akses pada channel dan platform digital.

Dinamika perubahan dan perilaku inilah yang menuntut perseroan dan bisnis untuk terus belajar dan melakukan transisi digital, sehingga dapat melahirkan inovasi serta solusi pelayanan yang lebih mudah dan cepat kepada pelanggan.

Salah satu yang terus Link Net kembangkan yakni layanan First Media Digital Selfcare melalui website my.firstmedia.com, cek. firstmedia.com, serta aplikasi My FirstMedia yang ke semuanya dilengkapi dengan fitur unggulan seperti Chatbot FITA (First Media Support Assistant), dan peningkatan fitur-fitur Interactive Voice Response (IVR) yang ada di Contact Center.

Dari berbagai platform beserta fitur pendukung yang tersedia, First Media ingin memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam mengakses berbagai informasi mulai dari produk dan paket berlangganan, pengecekan status jaringan, tagihan dan pembayaran, self-troubleshooting, booking jadwal kedatangan teknisi, dsb.

Selain itu, First Media juga memiliki program loyalitas yang dihadirkan sebagai upaya untuk lebih dekat dengan pelanggan, dan menjadi bentuk apresiasi terhadap mereka yang telah merekomendasikan serta mempercayakan kebutuhan akan layanan internet broadband dan TV kabelnya kepada Link Net (First Media).

SB Diah Pudjiastuti, Head of Customer Interaction PT Link Net Tbk mengungkapan rasa bangganya atas apresiasi yang Majalah SWA bersama Business Digest berikan di ajang Indonesia Customer Service Champions 2021.

“Pencapaian ini kami persembahkan untuk seluruh pelanggan setia First Media yang telah memberikan berbagai inputnya kepada kami, sehingga dapat mendorong Link Net untuk terus melakukan peningkatan layanan. Penghargaan ini juga kami dedikasikan kepada seluruh tim Customer Service atas komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan, serta dukungan dari manajemen Link Net yang memfasilitasi berbagai pengembangan yang diperlukan.” Ungkap Diah.

Indonesia Customer Service Champions merupakan ajang penilaian untuk memeringkat perusahaan-perusahaan yang telah berhasil meningkatkan kinerja bisnis atau organisasinya, melalui pengelolaan tim atau divisi customer service secara cerdas, efektif, dan efisien terhadap operasional perusahaan. Indikator dan kriteria penilaian dalam ajang ini yakni; Kemampuan mengidentifikasi masalah dan terobosan baru yang diperlukan; Relevansi konsep/sistem/model program customer service terhadap permasalahan, Keunikan solusi yang diimplementasikan; Hasil, dampak dan keberlanjutannya.   

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Selasa, 26 Oktober 2021 - 22:00 WIB

KemenKopUKM Raih Anugerah KIP 2021 Klasifikasi Badan Publik Informatif

Kementerian Koperasi dan UKM berhasil meraih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2021 untuk klasifikasi Badan Publik Informatif dengan kategori penilaian tertinggi.

OMAI Stimuno

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:46 WIB

Sukses Pasarkan OMAI Stimuno ke Mancanegara, Dexa Medica Sabet Penghargaan Primaniyarta 2021

Berkontribusi meningkatkan ekspor salah satu produk farmasi Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) yakni STIMUNO ke pasar nontradisional, Dexa Group melalui PT Dexa Medica meraih penghargaan Primaniyarta…

Ketua Umum PII Heru Dewanto

Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:30 WIB

Persatuan Insinyur Indonesia Bantu 50 Mahasiswa dan Lulusan Program Vokasi Asal Indonesia Bekerja di Hungaria

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), membantu 50 orang yang terdiri dari mahasiswa dan lulusan program vokasi asal Indonesia…

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin

Selasa, 26 Oktober 2021 - 20:02 WIB

Legislator Golkar Minta Pemerintah Genjot Vaksinasi Covid-19 di Daerah Luar Jawa-Bali

Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin meminta pemerintah mempercepat vaksinasi di luar Jawa-Bali, mengingat sampai saat ini, baru 5 provinsi yang capaian vaksinasinya di atas nasional

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat mendampingi Presiden Joko Widodo pada acara peresmian pabrik gula PT Prima Alam Gemilang (PAG) di Bombana, Sulawesi Tenggara

Selasa, 26 Oktober 2021 - 19:45 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur Sukses Jadi Penopang Utama Ekonomi RI

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Joko Widodo tetap memainkan peranan penting…