Kabar Gembira! KADIN Bakal Berikan Stimulus Pembiayaan UMKM, Arsjad Rasjid: Agar Bisa Naik Kelas

Oleh : Candra Mata | Rabu, 22 September 2021 - 19:55 WIB

Ketum Kadin Arsjad Rasjid
Ketum Kadin Arsjad Rasjid

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan mendorong pemberdayaan UMKM melalui program-program yang akan dijalankan. 

Tujuannya, guna bisa mengangkat kelas dari usaha mikro ke menengah, dan menengah ke atas.

Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid mengatakan, salah satu upayanya adalah dengan memberikan akses pembiayaan yang mudah bagi pelaku UMKM. 

Dengan demikian, UMKM bisa beralih dari sektor informal dan masuk ke sektor formal.

“Bagaimana nanti kedepan kita KADIN sedang menyiapkan program-program, bantu pengusaha mikro dan kecil, bagaimana membuat pengusaha mikro naik kelas,” katanya dalam Dialog Ekonomi Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia, Selasa (21/9/2021).

Guna mendukung rencananya tersebut, Arsjad mengatakan saat ini pihaknya sedang meninjau program-program pendukung UMKM di negara-negara lain. 

Misalnya, Malaysia, Singapura, dan Arab Saudi yang telah lebih dulu melakukan stimulus kepada UMKM agar pelaku usahanya bisa naik kelas.

“Jadi nanti kita pertimbangkan, mana sekiranya program yang bisa kita adaptasi dan dijalankan di Indonesia,” katanya.

Selain itu, ia juga mengatakan, sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan peran UMKM di Indonesia, Kementerian Investasi juga telah mulai menyeleksi investasi yang masuk ke tanah air untuk bisa menggaet mitra lokal.

“Tiap investasi yang masuk akan ditanya soal siapa partner lokalnya, Apa kontribusi UMKM-nya. Ini harus kita dorong ini, bahwa UMKM bisa jadi product chain,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bupati Indramayu, Jawa Barat, Hj. Nina Agustina

Minggu, 05 Desember 2021 - 09:04 WIB

Bupati Indramayu Nina dan Sembilan Lainnya Nominasi Anugerah Kebudayaan PWI-HPN 2022

Sepuluh bupati/wali kota dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi hingga Pulau Nusa Tengggara Barat, terpilih menjadi nomine Anugerah Kebudayaan (AK) PWI pada Hari Pers…

Ilustrasi sektor kesehatan

Minggu, 05 Desember 2021 - 08:00 WIB

Pemerintah Teken Tiga LOI Sektor Kesehatan Capai Rp 10 Miliar

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melalukan penandatanganan tiga Letter of Intent (LOI) dengan 3 perusahaan alat kesehatan.

Dankormar Mayjen Mar Suhartono

Minggu, 05 Desember 2021 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Tinjau Museum Korps Marinir TNI AL

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono meninjau Museum Korps Marinir (MKM) TNI AL yang berlokasi di Kesatrian Marinir Moekijat Pasmar 2 Jalan. A.Yani No. 1A Gedangan,…

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:45 WIB

Sejumlah Perwira Pasmar 1 Laksanakan Gowes Sepeda Bersama

Komandan Pasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., menggelar kegiatan bersepeda dalam rangka olahraga bersama jajaran Pejabat Utama Pasmar 1, Jumat (03/12/2021).

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Minggu, 05 Desember 2021 - 05:30 WIB

Tim Triathlon Pasmar 1 Juarai Belitung Sprint Triathlon 2021

Tim Triathlon Pasmar 1 tampil membanggakan pada Belitung Sprint Triathlon 2021 yang dilaksanakan di Pantai Tanjung Tinggi Lorin Hotel and Resort, Belitung, Sabtu (04/12/2021).