PON XX Papua Moment Tepat Memperkuat Persaudaraan

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 September 2021 - 12:00 WIB

Saiful SH Pengamat Kebijakan Pub;ik
Saiful SH Pengamat Kebijakan Pub;ik

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pesta olahraga nasional terakbar, Pekan Olahraga Nasional (PON) kr XX di Tanah Papua bakal digelar 2-15 Oktober 2021 mendatang. Demi suksesnya pesta olahraga di Indonesia paling timur perlu disukseskan, dengan suksesnya PON di Papua adalah pembuktian pembangunan Sumber daya manusia di Papua berhasil dan bisa bersaing dengan daerah lain.

"Kami berharap suksesnya PON Papua, dengan pencapaian itu berarti SDM Papua bisa bersaing dengan SDM dari daerah lain," ujar Saiful SH, salah satu pengamat masalah Sosial dan Kebijakan Publik saat dihubungi Industry.co.id Senin (20/9/2021)

Sementara tokoh Muda Papua, Steve R Mara mengatakan, PON XX Papua merupakan momentum menanamkan nilai spirit nasionalisme bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya sebagai asli putra Papua bangga bahwa PON XX kali ini di Papua dan ini merupakan tonggak sejarah karena mungkin baru akan 100 tahun lagi Papua menjadi tuan rumah berikutnya di event olahraga yang mempersatukan anak bangas ini, “ kata Steve dalam Podcast secara virtual yang digelar ICF TV Channel dengan tema “PON XX Papua, Perkuat Persaudaraan dan Persatuan, Senin, 20 September 2021.

Menurut Steve, euforia PON XX sangat terasa sama seperti di Ibukota Jakarta dimana masyarakat sangat antusias menantikan helatan ini dan siap menjadi tuan rumah yang baik.

Tentunya tambah Steve, masyarakat Papua sangat siap dan mendukung penuh PON XX ini serta menjadi tuan rumah yang baik,” ucapnya.

“Kami berharap semua masyarakat Indonesia juga mendukung penuh pelaksanaan PON kali ini,  dan kami torang bisa,” tegasnya.

Penganat Kebijakan Publik, Saiful menambahkan PON XX di Papua tentunya merupakan moment bagus untuk mempersatukan  masyarakat dalam memperkuat persaudaraan .

“Sesuai dengan harapan Bapak Presiden Jokowi bahwasannya PON XX Papua  harus bisa meningkatkan persatuan, mempererat persaudaraan dan solidoritas antar daerah,” kata Saiful.

Menurut Saiful, PON XX di Papua secara langsung membawa 4 macam pendekatan, pertama pendekatan solidoritas antar daerah. Dimana masing masing daerah akan mengirim putra putri terbaiknya untuk mengikuti  PON tersebut , sehingga terjalin komunikasi yang bersifat membangun, bertukar pengalaman. Serta saling mengenalkan  nilai nilai positif.

“Kedua pendekatan budaya, bahwasanya Papua adalah Indonesia. Budaya Papua adalah aset kebanggaan Indonesia, ketiga pendekatan kultural atau dialog yang mampu menciptakan persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Terakhir, pendekatan kesejahteraan dan keamanan, tentunya dalam hal ini juga sangat di tunggu - tunggu oleh seluruh masyarakat Papua. Bahwa keamanan di Papua juga harus di maksimalkan untuk menciptakan rasa persaudaraan.

“Jika seluruh rakyat Indonesia bersatu dan rasa  persaudaraan yang tinggi, maka akan semakin sadar dan kompak, maka tidak akan mudah  di pengaruhi oleh bujukan misalnya separatis atau radikal yang akan mengacak ngacak nilai persatuan dan persaudaraan,” pungkasnyanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:52 WIB

BTN Peduli Bencana Gempa Bumi Bali

Pejabat Bank BTN Cabang Denpasar Wahjudi Djoko Poerwanto memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi Bali di Karangasem dan Bangli melalui BPBD Provinsi Bali di, Denpasar, Minggu…

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Minggu, 17 Oktober 2021 - 21:48 WIB

Rangkaian Hari Habitat Dunia BTN Gelar Akad Kredit Massal 3.000 Unit

Pasuruan-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggelar akad kredit massal sebanyak 3.000 unit di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Habitat Dunia yang diperingati…

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 19:10 WIB

OJK Siapkan Delapan Arah Kebijakan Strategis Tahun 2022

Manado-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyiapkan delapan kebijakan strategis di tahun 2022 untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi Indonesia dengan terus mengoptimalkan manfaat sektor jasa keuangan…

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 17:00 WIB

Begini Cara Mengajarkan Keamanan Berinternet pada Anak

Sebelum mengedukasi anak mengenai keamanan berinternet, Idayanti Sudiro seorang Certified Life and Wellness Coach menyampaikan, terdapat hal yang harus dipahami oleh orang tua, yaitu menyadari…

Ilustrasi Bermain Media Sosial (Ist)

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:15 WIB

Melihat Sisi Positif dari Bermain Media Sosial

Seiring perkembangan zaman, kehadiran media sosial semakin beragam. Media sosial merupakan sebuah media yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, dan menciptakan…