Cegah Overtourism, Venesia Pasang CCTV dan Sistem Pelacakan Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 September 2021 - 12:15 WIB

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)
Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk mencegah overtourism atau membludaknya wisatawan, kini Venesia berencana akan memasang raturan kamera CCTV dan sistem pelacakan pada ponsel wisatawan untuk mengawasi dan mengetahui siapa saja yang masuk ke kota tersebut. 

Dilansir dari laman Times of India, kota bersejarah yang indah itu hampir didatangi oleh wisatawan dari seluruh dunia sebelum pandemi melanda. 

Rencananya, akan ada sebanyak 468 sistem kamera dan sensor yang bisa membedakan penduduk dari wisatawan, lalu sistem tersebut bisa melacak asal dan tujuan serta mengetahui berapa cepat seseorang bergerak.

Sebelum pandemi, mayoritas wisatawan akan mendarat di Venesia melalui jalur pelayaran, hanya untuk menghabiskan beberapa jam, bahkan hampir tidak menambah ekonomi lokal dan sangat menghancurkan ekosistem yang ada di Venesia. 

Sehingga hal tersebut telah menjadi topik diskusi intens selama beberapa tahun sekarang. Akibatnya, kota ini telah belajar dan berkembang dengan cepat untuk membuatnya lebih layak huni bagi penduduknya. 

Sekarang, setelah menutup lagunanya untuk kapal pesiar besar, pemerintah kota juga akan melacak aktivitas wisatawan melalui kamera CCTV. Langkah ini adalah langkah untuk mengendalikan overtourism di kota tersebut. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:53 WIB

Sah! Jokowi Lantik 17 Dubes Baru RI, Ada Nama Mantan Bos Kadin Hingga Jubir Presiden

Presiden Joko Widodo atau Jokowi secara resmi melantik 17 duta besar baru RI untuk 34 negara sahabat di Istana Negara, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Anggota DPR Fraksi Gerindra Novita

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:52 WIB

Polemik Syarat Terbang PCR dari Mendagri! Novita DPR: Aturan ini Lahir Kenapa, Landasannya Apa?

Menyikapi Instruksi Menteri Dalam Negri (Inmendagri) Nomor 53 Tahun 2021 tentang PPKM Level 3, 2 dan 1 di Jawa dan Bali, Novita Wijayanti selaku Anggota Komisi V mempertanyakan landasan aturan…

Budi Hikmat, Kepala Makro Ekonomi dan Direktur Strategi Investasi PT Bahana TCW Investment Management,

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:42 WIB

Surplus Neraca Perdagangan RI Perkuat Perekonomian Indonesia dan Kepercayaan Investor Asing

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan Indonesiakembali surplus US$ 4,37 miliar pada September 2021, sehingga secara akumulatif sembilan bulan tahun ini mencapai surplus sebesar…

Ilustrasi Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:40 WIB

Kemenkop UKM Diminta Komisi VI Evaluasi Penyaluran BPUM, Enggak Tepat Sasaran?

Anggota Komisi VI DPR RI Haeny Relawati Rini Widyastuti berharap agar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) dapat menyalurkan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)…

Anggota Komisi IX DPR RI drg. Putih Sari

Senin, 25 Oktober 2021 - 10:31 WIB

Penumpang Pesawat Wajib PCR, DPR Cantik Ini Geleng-geleng! Makin Susut Covid-19 Kok Aturannya Makin Ribet

Anggota Komisi IX DPR RI Putih Sati menyoroti soal kebijakan pemerintah yang mewajibkan tes PCR bagi penumpang pesawat.  Padahal diketahui sebelumnya syarat perjalanan udara cukup hasil tes…