Cegah Overtourism, Venesia Pasang CCTV dan Sistem Pelacakan Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 September 2021 - 12:15 WIB

Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)
Tempat Wisata di Venesia (Foto: Instagram/fabianalorenzon_tma)

INDUSTRY.co.id - Sebagai upaya untuk mencegah overtourism atau membludaknya wisatawan, kini Venesia berencana akan memasang raturan kamera CCTV dan sistem pelacakan pada ponsel wisatawan untuk mengawasi dan mengetahui siapa saja yang masuk ke kota tersebut. 

Dilansir dari laman Times of India, kota bersejarah yang indah itu hampir didatangi oleh wisatawan dari seluruh dunia sebelum pandemi melanda. 

Rencananya, akan ada sebanyak 468 sistem kamera dan sensor yang bisa membedakan penduduk dari wisatawan, lalu sistem tersebut bisa melacak asal dan tujuan serta mengetahui berapa cepat seseorang bergerak.

Sebelum pandemi, mayoritas wisatawan akan mendarat di Venesia melalui jalur pelayaran, hanya untuk menghabiskan beberapa jam, bahkan hampir tidak menambah ekonomi lokal dan sangat menghancurkan ekosistem yang ada di Venesia. 

Sehingga hal tersebut telah menjadi topik diskusi intens selama beberapa tahun sekarang. Akibatnya, kota ini telah belajar dan berkembang dengan cepat untuk membuatnya lebih layak huni bagi penduduknya. 

Sekarang, setelah menutup lagunanya untuk kapal pesiar besar, pemerintah kota juga akan melacak aktivitas wisatawan melalui kamera CCTV. Langkah ini adalah langkah untuk mengendalikan overtourism di kota tersebut. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ir. H. Said Iqbal, ME Presiden Partai Buruh

Senin, 27 Juni 2022 - 06:30 WIB

Hari Ini Partai Buruh Daftarkan Uji Formil dan Materiil UU P3 ke Mahkamah Konstitusi

Uji formil dan materiil terhadap UU P3 akan didaftarkan ke Mahkamah Konstitusi pada hari Senin, tanggal 27 Juni 2022 jam 14.00 WIB. Demikian disampaikan Presiden Partai Buruh Said Iqbal.

Presiden Jokowi

Senin, 27 Juni 2022 - 06:17 WIB

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Tiba di Munich Jerman

Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 13 jam, pesawat Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GIA-1 yang membawa Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo beserta rombongan…

Ilustrasi galon guna ulang

Senin, 27 Juni 2022 - 06:01 WIB

Komisioner KPPU: Secara Pribadi Saya Tidak Setuju Ada Pelabelan BPA

Komisioner┬áKomisi Pengawas Persaingan usaha (KPPU), Chandra Setiawan, mengatakan secara pribadi tidak setuju ada pelabelan Bisfenol A (BPA) terhadap kemasan galon guna ulang. Alasannya menurut…

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Senin, 27 Juni 2022 - 06:00 WIB

Atlet Tae Kwondo Yon Infantri 1 Marinir Peroleh Medali Emas

Atlet Taekwondo Yonif 1 Marinir yang berhasil meraih medali yaitu Prada Marinir Rama Julio Litik yang bertanding di kelas Under 58 kilogram berhasil merebut medali Emas, Prada Marinir Bagus…

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Senin, 27 Juni 2022 - 05:00 WIB

PuslatpurMar 7 Lampon Gelar Gashuku Inkanas

Sebanyak 79 peserta Institut Karate Nasional ( Inkanas ) Cabang Banyuwangi melaksanakan latihan bersama ( Gashuku ) yang bertempat di lapangan apel Pusat Latihan Pertempuran Marinir ( Puslatpurmar…