Asyiiik! Taman Nasional Alas Purwo dibuka untuk Wisatawan, Ini Syarat Berkunjungnya

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 September 2021 - 11:00 WIB

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Foto: anekatempatwisata.com)
Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Foto: anekatempatwisata.com)

INDUSTRY.co.id - Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akhirnya dibuka untuk wisatawan pada 13 September 2021. Sebelumnya, taman nasional ini ditutup sementara karena penerapan PPKM Jawa - Bali. 

Kini taman seluas 43.320 hektare sudah dibuka untuk kunjungan wisatawan. Namun, ada beberapa syarat dan ketentuan untuk wisatawan. 

Dilansir dari Instagram resminya @btn_alaspurwo pembukaan Taman Nasional Alas Purwo mengacu pada Surat Edaran Balai TN Alas Purwo yang ditandatangani oleh Kepala Balai yakni Nuryadi, S., Hut.,M.P. 

Dalam surat edaran tersebut menyatakan pengunjung wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi, menunjukkan bukti telah divaksin, pembatasan pengunjung 25 persen dari kuota, serta tentu saja penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

Selain itu, wisatawan juga tidak boleh memberi makan satwa di lingkungan taman nasional, dan membuang sampah pada tempatnya. Sementara, wisata gua untuk saat ini masih ditutup, serta jam kunjungan pun mulai pukul 08.00 hingga 16.00. 

Diketahui, di dalam Taman Nasional Alas Purwo terdapat beberapa jenis satwa seperti rusa, kijang, lutung, kancil, banteng hingga macan tutul.

Selain itu, juga ada beberapa jenis burung seperti merak, kangkareng perut putih, ayam hutan hijau, dan masih banyak lagi. Jadi, sudah siapkah kamu berlibur? Jangan lupa protokol kesehatannya, ya!

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Erwin Aksa Peduli

Selasa, 05 Juli 2022 - 14:00 WIB

Sosialisasi Airlangga Hartarto Sebagai Capres Partai Golkar, Komunitas Erwin Aksa Peduli Lakukan Penggalangan Melalui EKTA

Mesin politik Partai Golkar mulai bergerak di berbagai tingkatan, tidak terkecuali Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis, Erwin Aksa. Ia mengaktifasi serta…

Dirjen Industri Agro Kemenperin Putu Juli Ardika

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:50 WIB

Mantap! Realisasi Investasi Industri Mamin Tembus Rp19,17 Triliun Sepanjang Triwulan I-2022

Ditinjau dari sisi perdagangan internasional, ekspor produk mamin sampai triwulan I-2022 menembus USD10,92 miliar (termasuk minyak kelapa sawit), dan mengalami neraca perdagangan yang positif…

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…