Asiiik! Kemenparekraf Tunjuk Candi Borobudur Untuk Uji Coba Pembukaan Wisata

Oleh : Hariyanto | Rabu, 15 September 2021 - 09:39 WIB

Candi Borobudur
Candi Borobudur

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menunjuk destinasi wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang untuk melakukan uji coba pembukaan wisata secara terbatas. Candi Borobudur merupakan satu dari dua puluh wisata lain di Pulau Jawa yang melakukan uji coba. 

Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) pun tengah mempersiapkan terkait rencana pembukaan wisata tersebut. General Manager TWCB Jamaludin Mawardi mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan uji coba pembukaan wisata secara terbatas ini. Serta uji coba destinasi dengan aplikasi PeduliLindungi.

“Kami ada undangan Zoom Meeting untuk membahas penunjukkan itu dari Kemenparekraf. Hadir Kementerian kesehatan dan perwakilan dari destinasi yang ditunjuk,” ujar Jamaludin yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (15/9/2021). 

Ditunjuknya Borobudur sebagai destinasi yang melakukan uji coba pembukaan, tak lain karena di wilayah Jawa dan Bali merupakan destinasi acuan bagi yang lain.

“Maka untuk uji coba ini perlu dipersiapkan betul. Supaya berhasil dan sesuai yang diharapkan pemerintah,” katanya.

Kendati begitu, sampai saat ini pihaknya belum mendapat informasi pasti waktu dilaksanakan uji  coba pembukaan. Karena masih menunggu akun aplikasi dari Kemenkes untuk scan bercode PeduliLindungi bagi pengunjung nantinya. 

“Proses di Kemenkes itu, katanya dapat akun sekitar lima sampai tujuh hari setelah rapat Zoom kemarin,” jelas Jamaludin. 

Menjelang pembukaan, kata dia, TWCB menyiapkan beberapa hal. Seperti protokol kesehatan (prokes) wisata, persiapan serta penerapan aplikasi PeduliLindungi. “Kira-kira kalau pembatasan pengunjung mengacu pada Satgas Covid provinsi sekitar 25 persen,” ungkapnya. 

Selama uji coba nanti pihaknya akan fokus dan konsisten menerapkan  layanan sesuai dengan prokes. Karena Borobudur menjadi kiblat bagi destinasi yang lainnya.

“Masa uji coba menjadi perhatian khusus bagi kami. Harus bisa membuktikan dan konsisten apa yang diberlakukan dalam aplikasi PeduliLindungi,” pungkas Jamaludin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”