Mentan Syahrul Yasin Limpo: Posisi Mempawah Strategis, Selain Tanahnya Subur, Juga Terdapat Dukungan Air Melimpah

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 14 September 2021 - 08:34 WIB

 Syahrul Yasin Limpo (Tengah) Sedang Menjadi Operator Combine Harvester
Syahrul Yasin Limpo (Tengah) Sedang Menjadi Operator Combine Harvester

INDUSTRY.co.id, Mempawah - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan verietas Inpari 32, Inpari 36 dan Inpari 37 pada Kelompok Usaha Bersama yang merupakan Binaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, di Desa Kecurit, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (12/9).

Kelompok Usaha Bersama (Sarmen) merupakan salah satu penangkaran yang berkerjasama dengan PT Pertani (Persero) Cabang Kalimatan Barat untuk berkontribusi menjadi offtaker serta membantu memenuhi kebutuhan benih padi di Provinsi Kalimantan Barat.

Kunjungan Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil Kalbar II Yessy Melania dan Dapil Kalbar I Maria Lestari, serta Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama OPD terkait dan Bupati Mempawah, Erlina.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kabupaten Mempawah mempunyai posisi yang strategis karena selain tanahnya yang subur juga terdapat dukungan air yang melimpah dan dari segi aspek pasar Kab.Mempawah memiliki potensi ekspor yang terbuka lebar.

“Saya yakin lahan di sini bisa menjadi sumber ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Karena tanaman pangannya menjanjikan, perkebunannya juga menjanjikan, dan tentu saja ekspor juga sangat menjanjikan” urainya.

Sementara itu Direkur Utama PT Pertani (Persero) Maryono, mengatakan pihaknya akan memaksimalkan peran PT Pertani dalam mengangkat potensi pertanian khususnya di Kalimantan Barat.

“Kami akan turut men-support pemenuhan benih padi khususnya dikawasan kalbar serta daerah perbatasan. Tentunya ini dilakukan untuk kesejahteraan petani melalui kolaborasi yang strategis bersama jajaran Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Pada kesempatan itu juga Mentan beserta jajaran langsung menyerahkan bantuan benih padi unggul, serta sejumlah alsintan dan menyerahkan KUR dari BRI dan BNI untuk petani di daerah tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…