Mentan Syahrul Yasin Limpo: Posisi Mempawah Strategis, Selain Tanahnya Subur, Juga Terdapat Dukungan Air Melimpah

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 14 September 2021 - 08:34 WIB

 Syahrul Yasin Limpo (Tengah) Sedang Menjadi Operator Combine Harvester
Syahrul Yasin Limpo (Tengah) Sedang Menjadi Operator Combine Harvester

INDUSTRY.co.id, Mempawah - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menghadiri acara Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan verietas Inpari 32, Inpari 36 dan Inpari 37 pada Kelompok Usaha Bersama yang merupakan Binaan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Barat, di Desa Kecurit, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat (Kalbar), Minggu (12/9).

Kelompok Usaha Bersama (Sarmen) merupakan salah satu penangkaran yang berkerjasama dengan PT Pertani (Persero) Cabang Kalimatan Barat untuk berkontribusi menjadi offtaker serta membantu memenuhi kebutuhan benih padi di Provinsi Kalimantan Barat.

Kunjungan Temu Lapang dan panen padi Varietas Unggul Baru (VUB) Balitbangtan Kementan tersebut juga dihadiri oleh Perwakilan Anggota Komisi IV DPR RI dari Dapil Kalbar II Yessy Melania dan Dapil Kalbar I Maria Lestari, serta Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan bersama OPD terkait dan Bupati Mempawah, Erlina.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kabupaten Mempawah mempunyai posisi yang strategis karena selain tanahnya yang subur juga terdapat dukungan air yang melimpah dan dari segi aspek pasar Kab.Mempawah memiliki potensi ekspor yang terbuka lebar.

“Saya yakin lahan di sini bisa menjadi sumber ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Karena tanaman pangannya menjanjikan, perkebunannya juga menjanjikan, dan tentu saja ekspor juga sangat menjanjikan” urainya.

Sementara itu Direkur Utama PT Pertani (Persero) Maryono, mengatakan pihaknya akan memaksimalkan peran PT Pertani dalam mengangkat potensi pertanian khususnya di Kalimantan Barat.

“Kami akan turut men-support pemenuhan benih padi khususnya dikawasan kalbar serta daerah perbatasan. Tentunya ini dilakukan untuk kesejahteraan petani melalui kolaborasi yang strategis bersama jajaran Kementerian Pertanian dan Pemerintah Daerah,” katanya.

Pada kesempatan itu juga Mentan beserta jajaran langsung menyerahkan bantuan benih padi unggul, serta sejumlah alsintan dan menyerahkan KUR dari BRI dan BNI untuk petani di daerah tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kejahatan Siber (Foto Dok Jatim Times)

Rabu, 22 September 2021 - 15:05 WIB

Ancaman Kejahatan Siber dan Perlindungan Korbannya di UU ITE

Kejahatan siber yang menargetkan komputer, internet, jaringan, dan teknologi merupakan segala kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan sarana, sistem dan jaringan komputer seperti perdagangan…

PT Uni-Charm Indonesia raih Sertifikat PEFC-CoC

Rabu, 22 September 2021 - 15:00 WIB

Uni-Charm Indonesia Raih Sertifikat PEFC-CoC

PT Uni-Charm Indonesia Tbk berhasil mendapatkan sertifikasi Chain of Custody (CoC) - Programme for the Endorsement of Forest Certification (PEFC) untuk produk ekspor popok bayi di 2 pabrik pada…

PT Pupuk Kaltim

Rabu, 22 September 2021 - 15:00 WIB

15 Tim Inovasi Pupuk Kaltim Raih Predikat Terbaik APQO 2021

Pupuk Kaltim merupakan salah satu dari 12 perusahaan perwakilan Indonesia, yang berkompetisi dengan 57 tim dari berbagai negara di Asia Pasifik. Setiap tim mempresentasikan berbagai terobosan…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Rabu, 22 September 2021 - 14:52 WIB

Mulai 23 Sept, Penumpang SIA dari Indonesia Diizinkan Transit di Singapura

Mulai tanggal 23 September 2021, penumpang Singapore Airlines (SIA) dari Indonesia akan diizinkan untuk transit di Bandara Changi Singapura, dalam penerbangan dari Jakarta menuju destinasi dalam…

Menperin Agus Gumiwang

Rabu, 22 September 2021 - 14:30 WIB

Bikin Konsumen Bahagia, Menperin Agus Bakal Tingkatkan Kualitas Standar Produk Industri Nasional

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberi dukungan kepada sektor industri agar dapat mengoptimalkan manajemen daya saingnya melalui peningkatan kualitas.