Negara Ini Mulai Terapkan Tanggal Kadaluwarsa Vaksin Untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 07 September 2021 - 16:00 WIB

Danau Plitvice di kota Plitvice, Kroasia (Ist)
Danau Plitvice di kota Plitvice, Kroasia (Ist)

INDUSTRY.co.id - Kini adapun beberapa negara berencana akan menetapkan kadaluwarsa untuk vaksinasi Covid-19. Menurut sebuah laporan terbaru,  negara di Eropa kini telah menetapkan tanggal kadaluwarsa,  ketika wisatawan datang untuk berlibur. 

Dilansir dari laman Times of India, Selasa (7/9/2021), hal ini merupakan langkah terbaru yang memungkinka akan membawa lebih banyak perubahan dalam lanskap perjalanan internasional yang akan terus berubah. 

Saat ini, Krosia dan Austria dilaporkan telah menerapkan peraturan tersebut. Adapun aturannya adalah masa berlaku vaksin bagi wisatawan hanya 270 hari masa kadaluwarsa untuk vaksin yang diterima, berarti hanya berjangka waktu sekitar sembilan bulan. 

Dengan pembaruan perjalanan terbaru ini, berarti bahwa para wisatawan yang ingin mengunjungi negara-negara ini harus menunjukkan bukti vaksinasi, sekarang harus membuktikan bahwa sudah kurang dari 270 hari sejak mereka menerima dosis kedua.

Sesuai aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, mereka yang bepergian ke Kroasia dapat memilih untuk menunjukkan bukti laporan tes negatif yang telah diambil dalam waktu 72 jam perjalanan untuk tes PCR, atau dalam waktu 48 jam perjalanan untuk tes antigen, atau tunjukkan bukti vaksinasi untuk memasuki negara tersebut dan melewati karantina.  

Selain itu, wisatawan dapat memilih untuk menunjukkan bukti bahwa mereka tertular Covid-19 sebelumnya dan sekarang telah pulih. Perhatikan bahwa mereka yang mengunjungi Kroasia, juga akan diminta untuk menunjukkan bahwa mereka memiliki akomodasi prabayar. 

Sementara Austria, telah menyambut wisatawan dari Amerika Serikat yang menunjukkan bukti vaksinasi, atau bukti tes PCR negatif yang telah diambil dalam waktu 72 jam setelah kedatangan mereka, atau bukti tes antigen negatif yang diambil yang telah mereka jalani dalam waktu 48 jam kedatangan mereka. Untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun dibebaskan dari pengujian. 

Keputusan untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa ini  untuk vaksin datang pada saat seluruh dunia sedang memperdebatkan bagaimana dan kapan harus memberikan suntikan booster vaksin. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi, Mineral, dan Batubara Indonesia (ASPEBINDO), Anggawira

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:33 WIB

Mari Vote Anggawira untuk Ketua Umum HIPMI 2022-2025!

HIPMI sebagai perhimpunan pengusaha muda akan mencari nakhoda baru di 17 September 2022. Tantangan jaman menuntut pengusaha muda kita untuk berinovasi dan berkolaborasi, dua hal yang tentu dimiliki…

Presiden Jokowi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:28 WIB

Pidato Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara

Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya menyampaikan selamat Hari Bhayangkara ke-76 dan memberikan penghargaan atas kerja keras Polri dalam melayani rakyat, dalam membela bangsa dan negara.

Artis ChaCha Marisa

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:42 WIB

Artis ChaCha Marisa Kesal Foto Syurnya Tersebar di Medsos, Lapor Polisi

Bintang film dan model iklan laris Chacha Marisa kesandung masalah, foto syurnya tersebar luas di media sosial. Dengan kasus yang menimpanya, bintang film Makmum 2, Gentayangan, Perjanjian dengan…

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:30 WIB

Presiden dan Ibu Iriana Disambut Tradisi Penyambutan oleh Taruna saat Tiba di AKPOL Semarang

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Gerbang Tanggon Kosala, Akademi Kepolisian (Akpol), Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Selasa, 5 Juli 2022, sekitar pukul 07.15 WIB.…

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Selasa, 05 Juli 2022 - 12:22 WIB

BCA Raih Penghargaan Gold Champion dalam BISRA Award 2022

Komitmen PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) dalam menghadirkan service excellence dan inovasi terdepan serta nilai tambah bagi masyarakat telah mengantarkan BCA dalam beberapa ajang penghargaan.…