'Munggahan' Salah Satu Tradisi Unik Adat Sunda Sambut Ramadhan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 27 Mei 2017 - 14:19 WIB

Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Ngariung, Salah Satu Cara Makan Dalam Tradisi Munggahan Untuk Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Menyambut Bulan Suci Ramadhan, berbagai macam kegiatan yang diselenggarakan diberbagai daerah. Menjelang Ramadhan, ada sebuah tradisi yang sampai saat ini masih menjadi tradisi hingga saat ini, salah satunya 'Munggahan'.Pastinya, tiap daerah tidak melewatkan momen ini.

Bahkan setiap daerah memiliki keunikan dan keanekaragaman masing-masing dalam tradisi menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Mungghan juga sebagai cara untuk melestarikan atau mewariskan suatu tradisi turun-temurun.

Cara makan 'Mungghan' ini disebut dengan 'Ngariung' artinya berkumpul untuk memanjatkan doa. Kebanyakan, masyarakat Sunda menggunakan cara makan ini dengan cara lesahan. Uniknya makanan ini disajikan di atas daun pisang atau daun pandan yang digelar lalu disantap bersama-sama.

Menurut Fitriyani (25) tahun, seorang Karyawati yang pernah makan secara 'Ngirung' ini mengungkapkan bahwa, "Ngariung ini mempunyai makna kebersamaan, jadi Kita makan bersama-sama di atas daun pisang, dengan lauk yang bermacam-macam," ungkapnya kepada Industry.co.id, Kamis (25/5/2017).

Ia menambahkan, Ngariung itu berasal dari bahasa Sunda yang artinya makan bersama.

"Dengan makan Ngariung ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan, solidaritas, kekeluargaan, kan kita makan sambil ngrobol sambil tukar pikiran juga," tambahnya.

Saya ingin, cara makan Ngariung ini merupakan sebagai hal yang positif dan menjadi salah satu untuk mengembangkan makanan khas Indonesia.

"Iya, termasuk untuk mempromosikan makanan khas Indonesia. Kan ada, sambelnya yang khas Sunda, tempe, tahu, ayam, dipadukan dengan makanan khas Betawi, bisa pakai sayur asam," pungkasnya, Fitriyani.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Investasi Bodong (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 00:11 WIB

Catat Ya! Jadi Korban Investasi Bodong, Nasabah Disarankan Tempuh Jalur Hukum

Jakarta - Kasus dugaan dana nasabah hilang di rekening tabungan PT Bank Tabungan Negara Tbk menarik perhatian publik.

PJ Gubernur Turut Hadir dalam Paskah ASN DKI Jakarta 2024

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:53 WIB

Hadiri Paskah, Heru Imbau ASN Tingkatkan Pelayanan Bagi Masyarakat

Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar perayaan Paskah Bersama 2024 dengan mengangat tema "Aktualisasi Nilai-Nilai Paskah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Tahun 2024" yang digelar…

Atlet tim Thomas dan Uber

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:38 WIB

BNI Apresiasi Tim Thomas dan Uber Indonesia  

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI selaku sponsor resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi luar biasa Tim Thomas…

BTN Raih Best Savings Bank Award

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:22 WIB

Konsisten Jalankan Peran, BTN Raih Best Savings Bank Award

Jakarta-Konsistensi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menjalankan peran sebagai bank tabungan dan meningkatkan tingkat inklusi keuangan di masyarakat membuat perseroan meraih penghargaan…

Peluncuran Oreo Pokemon di Indonesia.

Minggu, 05 Mei 2024 - 22:11 WIB

Oreo Rayakan Kolaborasinya Bersama Pokemon. Ada Kepingan Biskuit Langka Berhadiah Perjalanan ke Jepang

Kolaborasi ini mengajak masyarakat untuk menemukan seluruh gambar koleksi karakter Pokemon pada kepingan biskuit Oreo dan berkesempatan mengikuti undian berhadiah istimewa.