Ada Pulau di Hawaii yang Terlarang dikunjungi Wisatawan, Kenapa Ya?

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 06 September 2021 - 16:15 WIB

Pulau Niihau, Hawaii (tourist-destinations.com)
Pulau Niihau, Hawaii (tourist-destinations.com)

INDUSTRY.co.id - Memiliki keindahan alam yang menakjubkan, pantainya yang bersih serta budaya yang beragam membuat Hawaii menjadi salah satu tujuan wisata poupuler di Amerika Serikat.

Meski begitu, di Hawaii terdapat salah satu pulau yang terlarang untuk dikunjungi wisatawan asing, lho. Namanya, pulau Niihau. Ya, pulau kecil ini memiliki luas tanah 70 mil persegi, dan merupakan pulau tertua dari delapan pulau di Hawaii.

Dilansir dari laman Times of India, sejarah pulau Niihau ini dibeli oleh Elizabeth Sinclair pada tahun 1864 seharga $ 10.000 atau sekitar Rp142 juta. Kemudian, kepemilikan pulau itu diteruskan ke keturunannya, Robinsons. Sesuai buku sejarah, pulau itu adalah tempat insiden selama Perang Dunia II, di mana seorang pilot pesawat tempur angkatan laut Jepang jatuh.

Diektahui, pulau ini terlarang bagi orang luar dan hanya keluarga Robinson, kerabat mereka, tamu undangan, pejabat pemerintah dan personel Angkatan Laut Amerika Serikat yang diizinkan di sini.

Pulau ini dihuni oleh hanya 70 penduduk hingga saat ini. Pulau ini tidak memiliki jalan, tidak ada rumah sakit, tidak ada kantor polisi atau toko kelontong. Penduduk di pulau itu sepenuhnya bergantung pada air hujan untuk air. Tetapi karena semua ini, pulau ini masih memiliki ekosistem yang belum terjamah. Bahkan, sejumlah spesies yang terancam punah dapat ditemukan di sini. Menariknya, Penduduk pulau Niihau dikenal karena keahlian shell lei seperti permata mereka.

Sementara untuk pariwisata, dari 1987 dan seterusnya, keluarga yang memiliki pulau itu memungkinkan pariwisata di pantai dan sejumlah tur kegiatan yang diawasi terbatas dan safari berburu dibuka untuk wisatawan secara bertahap. Untuk saat ini pulau Niihau dikelola oleh dua bersaudara Bruce dan Keith Robinson. 

Cukup menakjubkan, Niihau adalah satu-satunya tempat di dunia di mana penduduknya masih berbicara bahasa Hawaii sebagai bahasa utama mereka. Penduduk memiliki dialek mereka sendiri yang disebut Olelo Kanaka Niihau.

Karena pulau ini terputus dari seluruh dunia, kesempatan kerja langka di sini. Penduduk umumnya melakukan memancing dan bertani di pulau itu dan menggunakan panel surya untuk listrik dan pemanasan. Baru-baru ini, salah satu keluarha di sana telah membuka bagian dari pulau untuk tujuan pariwisata tetapi tetap mematuhi aturan yang diterapkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur (Presdir) JNE, Mohamad Feriadi saat menerima plakat Ramadhan Bahagia oleh Bendahara Jurnalis Filantropi Indonesia (Jufi) Ahmad Zuhdi

Jumat, 01 Juli 2022 - 22:54 WIB

Kunci Sukses PT JNE, Berbisnis Melibatkan Tuhan

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) menjadi salah satu perusahaan logistik ternama di Tanah Air.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:52 WIB

Menkeu: Anggaran Perlinsos Naik Seiring Guncangan yang Dirasakan Masyarakat

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, anggaran perlindungan sosial (perlinsos) mengalami kenaikan seiring dengan guncangan yang dirasakan oleh masyarakat.

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:41 WIB

Tegas! Sri Mulyani: Kami Tak Akan Lagi Berikan Program Pengampunan Pajak!

Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022), menegaskan pihaknya tidak akan lagi memberikan program pengampunan pajak.

Ikan Gurame Asam Manis (Foto: Instagram: dcost.seafood)

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:30 WIB

3 Rekomendasi Tempat Makan Seafood Nikmat, dijamin Bikin Ketagihan

Bagi kamu pecinta hidangan laut, ada satu rekomendasi restoran yang wajib kamu coba nih! Ya, namanya D'Cost, ini merupakan jaringan restoran seafood terbesar di Indonesia.

Direktur SDM dan Hukum PT ASABRI (Persero) Sri Ainin Muktirizka beserta jajaran menghadiri langsung Penanaman Pohon di Polda Kepulauan Riau

Jumat, 01 Juli 2022 - 18:16 WIB

ASABRI Tanam Pohon di Sejumlah Kesatuan Kepolisian

Dalam memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 Bhayangkara yang jatuh pada 1 Juli 2022, PT ASABRI (Persero) melaksanakan Program Pelestarian Alam melalui Penanaman Pohon di sejumlah kesatuan Kepolisian.