Ada Pulau di Hawaii yang Terlarang dikunjungi Wisatawan, Kenapa Ya?

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 06 September 2021 - 16:15 WIB

Pulau Niihau, Hawaii (tourist-destinations.com)
Pulau Niihau, Hawaii (tourist-destinations.com)

INDUSTRY.co.id - Memiliki keindahan alam yang menakjubkan, pantainya yang bersih serta budaya yang beragam membuat Hawaii menjadi salah satu tujuan wisata poupuler di Amerika Serikat.

Meski begitu, di Hawaii terdapat salah satu pulau yang terlarang untuk dikunjungi wisatawan asing, lho. Namanya, pulau Niihau. Ya, pulau kecil ini memiliki luas tanah 70 mil persegi, dan merupakan pulau tertua dari delapan pulau di Hawaii.

Dilansir dari laman Times of India, sejarah pulau Niihau ini dibeli oleh Elizabeth Sinclair pada tahun 1864 seharga $ 10.000 atau sekitar Rp142 juta. Kemudian, kepemilikan pulau itu diteruskan ke keturunannya, Robinsons. Sesuai buku sejarah, pulau itu adalah tempat insiden selama Perang Dunia II, di mana seorang pilot pesawat tempur angkatan laut Jepang jatuh.

Diektahui, pulau ini terlarang bagi orang luar dan hanya keluarga Robinson, kerabat mereka, tamu undangan, pejabat pemerintah dan personel Angkatan Laut Amerika Serikat yang diizinkan di sini.

Pulau ini dihuni oleh hanya 70 penduduk hingga saat ini. Pulau ini tidak memiliki jalan, tidak ada rumah sakit, tidak ada kantor polisi atau toko kelontong. Penduduk di pulau itu sepenuhnya bergantung pada air hujan untuk air. Tetapi karena semua ini, pulau ini masih memiliki ekosistem yang belum terjamah. Bahkan, sejumlah spesies yang terancam punah dapat ditemukan di sini. Menariknya, Penduduk pulau Niihau dikenal karena keahlian shell lei seperti permata mereka.

Sementara untuk pariwisata, dari 1987 dan seterusnya, keluarga yang memiliki pulau itu memungkinkan pariwisata di pantai dan sejumlah tur kegiatan yang diawasi terbatas dan safari berburu dibuka untuk wisatawan secara bertahap. Untuk saat ini pulau Niihau dikelola oleh dua bersaudara Bruce dan Keith Robinson. 

Cukup menakjubkan, Niihau adalah satu-satunya tempat di dunia di mana penduduknya masih berbicara bahasa Hawaii sebagai bahasa utama mereka. Penduduk memiliki dialek mereka sendiri yang disebut Olelo Kanaka Niihau.

Karena pulau ini terputus dari seluruh dunia, kesempatan kerja langka di sini. Penduduk umumnya melakukan memancing dan bertani di pulau itu dan menggunakan panel surya untuk listrik dan pemanasan. Baru-baru ini, salah satu keluarha di sana telah membuka bagian dari pulau untuk tujuan pariwisata tetapi tetap mematuhi aturan yang diterapkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.