Tingkatkan Layanan Pelanggan, Astragraphia Perkenalkan Tiga Solusi Digital

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 September 2021 - 15:15 WIB

King Iriawan Sutanto, Direktur PT Astra Graphia Tbk
King Iriawan Sutanto, Direktur PT Astra Graphia Tbk

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melalui bisnis inti Solusi Dokumen memperkenalkan tiga solusi digital bernama iCare, iSense, dan Online Support Assistance (OSA) untuk seluruh pelanggan Astragraphia di Indonesia.

Ketiga solusi ini mejadi bukti komitmen Astragraphia untuk terus beradaptasi dan berinovasi melalui penerapan teknologi di masa pandemi Covid-19, demi menjaga dan meningkatkan kualitas layanan perusahaan terhadap pelanggan.

King Iriawan Sutanto – Direktur PT Astra Graphia Tbk mengatakan, iCare, iSense, dan OSA adalah inovasi yang Astragraphia hadirkan di masa pandemi Covid-19 untuk memberikan nilai tambah terhadap kualitas layanan perusahaan untuk pelanggan serta mendukung langkah efisiensi perusahaan.

"Ketiga inovasi ini Astragraphia proyeksikan sebagai solusi digital untuk mempercepat penyampaian permintaan layanan dan eskalasi penyelesaian masalah, mempermudah proses administrasi dan pengecekan status mesin, serta mempermudah pelanggan untuk mendapatkan info atau panduan lengkap seputar produk yang dibutuhkan oleh seluruh pelanggan Astragraphia," kata King yang dikutip INDUSTRY.co.id,Senin (6/9/2021).

"Hadirnya iCare, iSense, dan OSA menjadi strategi perusahaan untuk menjaga kepercayaan pelanggan melalui pemanfaatan automation technology seperti otomatisasi proses robotik dengan solusi database yang lengkap dan terintegrasi," imbuhnya.

iCare, iSense, dan OSA diproyeksikan sebagai layanan yang dapat diakses dengan cepat oleh pelanggan kapan pun dan di mana pun dengan fungsi yang berbeda-beda. iCare merupakan aplikasi mobile untuk pelanggan menyampaikan permintaan layanan dengan lebih cepat.

iSense merupakan aplikasi disajikan dengan dashboard yang membantu mencatat status mesin, bahan pakai, dan meter mesin (penggunaan klik/cetak) secara otomatis.

Sedangkan OSA memampukan pelanggan untuk mendapatkan informasi dan panduan seputar produk secara lengkap melalui situs web yang dapat diakses secara mandiri 24 jam setiap hari.

Soebandi - Chief of Customer Service & Support PT Astra Graphia Tbk mengatakan, pelanggan merespon positif inovasi layanan yang Astragraphia hadirkan.

Sejak diluncurkan, Astragraphia sudah memproses lebih dari 2.000 permintaan layanan per bulan terkait perbaikan mesin maupun permintaan bahan pakai melalui aplikasi iCare. Per Agustus 2021, iSense juga sudah diaplikasikan di mesin-mesin pelanggan di 32 cabang Astragraphia di Indonesia.

"Sedangkan OSA sudah diakses oleh seluruh pelanggan di Indonesia dengan rata-rata 8.000 sesi perbulan. Astragraphia menyadari bahwa kemudahan akses layanan untuk pelanggan dan kecepatan respon atas permintaan layanan menjadi faktor penting untuk meningkatkan kualitas layanan Astragraphia," kata Soebandi.

"Selama masa pandemi Covid-19 di mana interaksi fisik dibatasi, solusi digital iCare, iSense, dan OSA mampu meminimalisir interaksi fisik namun mempercepat proses administrasi pemberian layanan kepada pelanggan. Contohnya iCare yang mampu memotong proses tunggu pelanggan hingga 81,25% dalam menyampaikan permintaan layanan dibandingkan jika melakukan panggilan telepon ke Call Center Halo Astragraphia," imbuhnya.

Pembuatan iCare dan pengembangan iSense telah dilakukan sejak akhir tahun 2020. Pembaruan iSense dan OSA lebih dulu beroperasi pada tengah tahun 2020, sedangkan iCare mulai beroperasi pada bulan Februari 2021.

iCare telah terdaftar pada Penyelenggara Sistem Elektronik Kementerian Komunikasi dan Informatika nomor 000219.01/DJAI.PSE/02/2021 dan telah mendapat penghargaan sebagai Innovative Digital Service Solution dalam acara IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia (ICAII) 2021.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…

Arta Monica Pasaribu, S.IP – President University Mahasiswa S2 MMT

Selasa, 23 April 2024 - 17:30 WIB

Strategi Marketing Dinamo Listrik Buatan Lokal untuk Mendukung Net Zero Emission

Tidak dapat dipungkiri ternyata penggunaan kendaraan listrik seperti motor listrik sangat tumbuh dengan cepat. Pemerintah mencatat keberadaan motor dan mobil yang berbasis listrik di sini naik…

PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi demi generasi masa depan.

Selasa, 23 April 2024 - 17:28 WIB

Cinta Bumi, PIS Sukses Tekan Emisi 25,4 Ribu Ton Setara CO2

Jakarta - PT Pertamina International Shipping (PIS) menunjukkan komitmennya untuk mendorong dekarbonisasi di sektor industri maritim sekaligus wujud kecintaan PIS untuk menjaga kelestarian bumi…