Ketahuilah 8 Kelemahan WA Web Sebelum Menggunakannya

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 Agustus 2021 - 12:03 WIB

Whatsapp (Foto Ist)
Whatsapp (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penggunaan WA web saat ini memang telah memberikan berbagai kemudahan komunikasi bagi para pengguna. Namun ternyata, dibalik segala keunggulannya tersebut, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipahami oleh para pengguna.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur secara optimal dan bisa mengatasi berbagai kekurangan yang ada agar tidak mengganggu kegiatan Anda saat menggunakan aplikasi WA versi Web.

Berikut Beberapa Kelemahan Penggunaan WA Web
Seperti dikutip laman suratkabar.id, Senin (30/8/2021) untuk memaksimalkan kinerja aplikasi, Anda harus mengetahui kelemahannya sebelum menggunakannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul saat penggunaan. Simak beberapa kelemahan WhatsApp versi web sebagai berikut.

1. Ponsel harus tetap terkoneksi internet
Meskipun Anda mengakses WA melalui perangkat laptop atau PC, namun ponsel yang digunakan harus tetap terkoneksi dengan internet. Hal tersebut perlu dilakukan karena WA ponsel akan terhubung dengan WA yang di PC atau laptop. Untuk memastikan hubungan tetap bagus, kedua perangkat yang digunakan harus tetap online.

2. Membutuhkan koneksi internet yang bagus
Untuk menikmati layanan WA versi web secara optimal, Anda harus memastikan koneksi internet dalam keadaan yang cukup stabil. Jika tidak, maka WhatsApp web akan memberikan respon yang lama. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kegiatan Anda ketika menggunakan aplikasi pesan yang satu ini.

3. Bergantung pada koneksi ponsel
Kedua perangkat ponsel dan laptop yang digunakan harus dalam keadaan hidup. Untuk itu Anda perlu memastikan daya baterainya terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ponsel tiba-tiba mati, maka secara otomatis WA yang dibuka pada web juga akan terputus.

4. Akun lebih mudah diakses oleh sembarangan orang
Ketika menggunakan WA ponsel, Anda tentu menghidupkan opsi keamanan dan memasang kata sandi sehingga potensi untuk dibajak sangatlah rendah. Namun berbeda jika Anda mengakses WA versi web.

Saat WA masih terkoneksi pada laptop akun lebih rentan dibajak atau diambil alih oleh pihak lain. Untuk itu sebaiknya Anda memantau kedua perangkat ketika menggunakan. Jika sudah selesai menggunakannya, pastikan Anda telah logout akun WA sebelum menutup aplikasi browser.

5. Penggunaan terbatas
Penggunaan WA selain menggunakan ponsel hanyalah terbatas, yaitu satu akun saja. Hal tersebut dirasa kurang efektif untuk keperluan bisnis, karena customer service hanya bisa menyalurkan perhatiannya pada satu perangkat saja.

Selain itu pengguna juga tidak bisa membagi beban pekerjaan kepada orang lain. Kondisi ini bisa diatasi jika Anda menggunakan platform aplikasi pesan yang dibuat oleh pihak ketiga.

6. Tidak tersedia fitur panggilan online
Berbeda dengan versi ponsel, WA versi web tidak menyediakan fitur panggilan online. Sehingga Anda tidak bisa melakukan panggilan video atau suara jika sedang menggunakan WA pada web. Jika ingin menggunakannya, Anda harus berpindah perangkat ke ponsel terlebih dahulu.

7. Menguras daya baterai
Penggunaan WA versi web bergantung dari koneksi internet dan juga koneksi dengan ponsel. Hal ini menyebabkan sumber daya baterai menjadi boros. Anda harus mengecas ulang kedua perangkat yang digunakan.
Kondisi ini umumnya membuat ponsel menjadi lebih panas jika terlalu lama dihubungkan dengan WhatsApp versi web.

8. Kompatible dengan beberapa aplikasi browser tertentu
WhatsApp web ternyata harus kompatible pada beberapa aplikasi browser tertentu saja, sehingga tidak bisa digunakan pada sembarang aplikasi. Beberapa aplikasi browser yang bisa digunakan adalah Opera, Chrome, Microsoft Edge, Safari dan Mozilla Firefox.

Beberapa kelemahan tersebut memberikan Anda informasi, bahwa Anda harus mempersiapkan perangkat dengan baik jika ingin menggunakan WA web. Sebenarnya kelemahan tersebut tidak terlalu menjadi masalah selama Anda merasa terbantu menggunakan versi web.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto pembangunan proyek Apartemen Antasari 45 yang berlokasi di Jalan Pangeran Antasari No. 45, Cilandak, Jakarta Selatan, yang diambil dari atas. (Foto: Apartemen Antasari 45)

Minggu, 23 Januari 2022 - 23:57 WIB

Pengembangan Apartemen 45 Antasari Berlanjut Jadi Antasari Place

AH Bimo Suryono, Direktur Utama PT Prospek Duta Sukses (PDS), menanggapi keluhan yang disampaikan Paguyuban Konsumen Apartemen 45 Antasari yang terdiri dari sekitar 210 pembeli 45 Antasari.

PT Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:08 WIB

BUMD Food Station Tjipinang Jaya Raih Penghargaan Top Quality Product & Company 2022

Jakarta - Mengawali tahun 2022, PT Food Station Tjipinang Jaya sebagai BUMD Pangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, menerima penganugerahan penghargaan dari Bintang Record Indonesia dengan kategori…

Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema ponzi atau piramida ilegal.

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:03 WIB

Bareskrim Polri Berhasil Tangkap Pemilik Aplikasi Robot Trading Ilegal Sistem Ponzi

Jakarta-Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menangkap salah satu aktor utama tersangka kasus dugaan investasi penjualan aplikasi robot trading dengan skema…

Ketum IMI Bambang Soesatyo

Minggu, 23 Januari 2022 - 18:00 WIB

Ketum IMI Ingatkan Semangat Brotherhood Harus Rekatkan Ikatan Kebangsaan, HUT Ke-3 MBI DKI Jakarta

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengingatkan bagi sebuah organisasi, peringatan hari ulang tahun adalah momen penting, baik sebagai sarana refleksi…

Perluas Ekosistem Perumahan, Bank BTN Diminta Perkuat Sinergi dengan BUMN dan Swasta

Minggu, 23 Januari 2022 - 17:14 WIB

Perluas Ekosistem Perumahan, Erick Thohir Minta Bank BTN Perkuat Sinergi dengan BUMN dan Swasta

Jakarta-Menyambut tahun 2022, PT Bank Tabungan Negara (Persero ) Tbk (BTN) menggelar Rapat Kerja 2022 untuk menetapkan inisiatif, strategi dan target-target perseroan menghadapi tahun 2022.