Ketahuilah 8 Kelemahan WA Web Sebelum Menggunakannya

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 Agustus 2021 - 12:03 WIB

Whatsapp (Foto Ist)
Whatsapp (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penggunaan WA web saat ini memang telah memberikan berbagai kemudahan komunikasi bagi para pengguna. Namun ternyata, dibalik segala keunggulannya tersebut, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipahami oleh para pengguna.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur secara optimal dan bisa mengatasi berbagai kekurangan yang ada agar tidak mengganggu kegiatan Anda saat menggunakan aplikasi WA versi Web.

Berikut Beberapa Kelemahan Penggunaan WA Web
Seperti dikutip laman suratkabar.id, Senin (30/8/2021) untuk memaksimalkan kinerja aplikasi, Anda harus mengetahui kelemahannya sebelum menggunakannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul saat penggunaan. Simak beberapa kelemahan WhatsApp versi web sebagai berikut.

1. Ponsel harus tetap terkoneksi internet
Meskipun Anda mengakses WA melalui perangkat laptop atau PC, namun ponsel yang digunakan harus tetap terkoneksi dengan internet. Hal tersebut perlu dilakukan karena WA ponsel akan terhubung dengan WA yang di PC atau laptop. Untuk memastikan hubungan tetap bagus, kedua perangkat yang digunakan harus tetap online.

2. Membutuhkan koneksi internet yang bagus
Untuk menikmati layanan WA versi web secara optimal, Anda harus memastikan koneksi internet dalam keadaan yang cukup stabil. Jika tidak, maka WhatsApp web akan memberikan respon yang lama. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kegiatan Anda ketika menggunakan aplikasi pesan yang satu ini.

3. Bergantung pada koneksi ponsel
Kedua perangkat ponsel dan laptop yang digunakan harus dalam keadaan hidup. Untuk itu Anda perlu memastikan daya baterainya terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ponsel tiba-tiba mati, maka secara otomatis WA yang dibuka pada web juga akan terputus.

4. Akun lebih mudah diakses oleh sembarangan orang
Ketika menggunakan WA ponsel, Anda tentu menghidupkan opsi keamanan dan memasang kata sandi sehingga potensi untuk dibajak sangatlah rendah. Namun berbeda jika Anda mengakses WA versi web.

Saat WA masih terkoneksi pada laptop akun lebih rentan dibajak atau diambil alih oleh pihak lain. Untuk itu sebaiknya Anda memantau kedua perangkat ketika menggunakan. Jika sudah selesai menggunakannya, pastikan Anda telah logout akun WA sebelum menutup aplikasi browser.

5. Penggunaan terbatas
Penggunaan WA selain menggunakan ponsel hanyalah terbatas, yaitu satu akun saja. Hal tersebut dirasa kurang efektif untuk keperluan bisnis, karena customer service hanya bisa menyalurkan perhatiannya pada satu perangkat saja.

Selain itu pengguna juga tidak bisa membagi beban pekerjaan kepada orang lain. Kondisi ini bisa diatasi jika Anda menggunakan platform aplikasi pesan yang dibuat oleh pihak ketiga.

6. Tidak tersedia fitur panggilan online
Berbeda dengan versi ponsel, WA versi web tidak menyediakan fitur panggilan online. Sehingga Anda tidak bisa melakukan panggilan video atau suara jika sedang menggunakan WA pada web. Jika ingin menggunakannya, Anda harus berpindah perangkat ke ponsel terlebih dahulu.

7. Menguras daya baterai
Penggunaan WA versi web bergantung dari koneksi internet dan juga koneksi dengan ponsel. Hal ini menyebabkan sumber daya baterai menjadi boros. Anda harus mengecas ulang kedua perangkat yang digunakan.
Kondisi ini umumnya membuat ponsel menjadi lebih panas jika terlalu lama dihubungkan dengan WhatsApp versi web.

8. Kompatible dengan beberapa aplikasi browser tertentu
WhatsApp web ternyata harus kompatible pada beberapa aplikasi browser tertentu saja, sehingga tidak bisa digunakan pada sembarang aplikasi. Beberapa aplikasi browser yang bisa digunakan adalah Opera, Chrome, Microsoft Edge, Safari dan Mozilla Firefox.

Beberapa kelemahan tersebut memberikan Anda informasi, bahwa Anda harus mempersiapkan perangkat dengan baik jika ingin menggunakan WA web. Sebenarnya kelemahan tersebut tidak terlalu menjadi masalah selama Anda merasa terbantu menggunakan versi web.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Dody Widodo

Senin, 27 Juni 2022 - 08:15 WIB

Keren! Sekolah Vokasi Kemenperin Olah Limbah Darah Sapi Jadi Pupuk Organik Cair

SMK Sekolah Menengah Analis Kimia Padang (SMK-SMAK Padang), salah satu sekolah vokasi yang dimiliki oleh Kemenperin berhasil mengolah limbah darah sapi menjadi pupuk cair. Inovasi yang dinamai…

Menparekraf: Desa Wisata Pecinan Glodok Miliki Storynomics Tourism yang Kuat

Senin, 27 Juni 2022 - 08:11 WIB

Menparekraf Sandi Sebut: Desa Wisata Pecinan Glodok Miliki Storynomics Tourism yang Kuat

Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan Desa Wisata Pecinan Glodok, Jakarta…

Dokter hewan menyuntikkan ke Sapi

Senin, 27 Juni 2022 - 08:03 WIB

Vaksinasi PMK di Lampung dimulai, Wagub Apresiasi Kinerja Kementan

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Lampung, Chusnunia Chalim menyambut baik pelaksanaan vaksinasi perdana untuk mencegah penyebarluasan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Provinsi Lampung.

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 27 Juni 2022 - 08:00 WIB

Menteri BUMN Erick Thohir Ingin Terus Jaga Kesejahteraan Seniman dan Budayawan Indonesia

Menteri BUMN, Erick Thohir menyatakan bandara internasional sebagai gerbang masuk ke Indonesia harus menjadi panggung tetap bagi para seniman dan budayawan lokal untuk mementaskan karya seni…

Menperin Agus Gumiwang

Senin, 27 Juni 2022 - 07:50 WIB

Terbang ke Jepang, Menperin Agus Bakal 'Bereskan' Empat Masalah Rantai Pasok IKM Otomotif

Mengawali lawatan ke Jepang, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita melakukan pertemuan dengan delegasi bisnis industri kecil dan menengah (IKM) komponen otomotif dan Toyota…