Ketahuilah 8 Kelemahan WA Web Sebelum Menggunakannya

Oleh : Hariyanto | Senin, 30 Agustus 2021 - 12:03 WIB

Whatsapp (Foto Ist)
Whatsapp (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penggunaan WA web saat ini memang telah memberikan berbagai kemudahan komunikasi bagi para pengguna. Namun ternyata, dibalik segala keunggulannya tersebut, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus dipahami oleh para pengguna.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur secara optimal dan bisa mengatasi berbagai kekurangan yang ada agar tidak mengganggu kegiatan Anda saat menggunakan aplikasi WA versi Web.

Berikut Beberapa Kelemahan Penggunaan WA Web
Seperti dikutip laman suratkabar.id, Senin (30/8/2021) untuk memaksimalkan kinerja aplikasi, Anda harus mengetahui kelemahannya sebelum menggunakannya. Hal tersebut perlu dilakukan agar Anda bisa mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul saat penggunaan. Simak beberapa kelemahan WhatsApp versi web sebagai berikut.

1. Ponsel harus tetap terkoneksi internet
Meskipun Anda mengakses WA melalui perangkat laptop atau PC, namun ponsel yang digunakan harus tetap terkoneksi dengan internet. Hal tersebut perlu dilakukan karena WA ponsel akan terhubung dengan WA yang di PC atau laptop. Untuk memastikan hubungan tetap bagus, kedua perangkat yang digunakan harus tetap online.

2. Membutuhkan koneksi internet yang bagus
Untuk menikmati layanan WA versi web secara optimal, Anda harus memastikan koneksi internet dalam keadaan yang cukup stabil. Jika tidak, maka WhatsApp web akan memberikan respon yang lama. Hal tersebut tentu dapat mengganggu kegiatan Anda ketika menggunakan aplikasi pesan yang satu ini.

3. Bergantung pada koneksi ponsel
Kedua perangkat ponsel dan laptop yang digunakan harus dalam keadaan hidup. Untuk itu Anda perlu memastikan daya baterainya terlebih dahulu sebelum digunakan. Jika ponsel tiba-tiba mati, maka secara otomatis WA yang dibuka pada web juga akan terputus.

4. Akun lebih mudah diakses oleh sembarangan orang
Ketika menggunakan WA ponsel, Anda tentu menghidupkan opsi keamanan dan memasang kata sandi sehingga potensi untuk dibajak sangatlah rendah. Namun berbeda jika Anda mengakses WA versi web.

Saat WA masih terkoneksi pada laptop akun lebih rentan dibajak atau diambil alih oleh pihak lain. Untuk itu sebaiknya Anda memantau kedua perangkat ketika menggunakan. Jika sudah selesai menggunakannya, pastikan Anda telah logout akun WA sebelum menutup aplikasi browser.

5. Penggunaan terbatas
Penggunaan WA selain menggunakan ponsel hanyalah terbatas, yaitu satu akun saja. Hal tersebut dirasa kurang efektif untuk keperluan bisnis, karena customer service hanya bisa menyalurkan perhatiannya pada satu perangkat saja.

Selain itu pengguna juga tidak bisa membagi beban pekerjaan kepada orang lain. Kondisi ini bisa diatasi jika Anda menggunakan platform aplikasi pesan yang dibuat oleh pihak ketiga.

6. Tidak tersedia fitur panggilan online
Berbeda dengan versi ponsel, WA versi web tidak menyediakan fitur panggilan online. Sehingga Anda tidak bisa melakukan panggilan video atau suara jika sedang menggunakan WA pada web. Jika ingin menggunakannya, Anda harus berpindah perangkat ke ponsel terlebih dahulu.

7. Menguras daya baterai
Penggunaan WA versi web bergantung dari koneksi internet dan juga koneksi dengan ponsel. Hal ini menyebabkan sumber daya baterai menjadi boros. Anda harus mengecas ulang kedua perangkat yang digunakan.
Kondisi ini umumnya membuat ponsel menjadi lebih panas jika terlalu lama dihubungkan dengan WhatsApp versi web.

8. Kompatible dengan beberapa aplikasi browser tertentu
WhatsApp web ternyata harus kompatible pada beberapa aplikasi browser tertentu saja, sehingga tidak bisa digunakan pada sembarang aplikasi. Beberapa aplikasi browser yang bisa digunakan adalah Opera, Chrome, Microsoft Edge, Safari dan Mozilla Firefox.

Beberapa kelemahan tersebut memberikan Anda informasi, bahwa Anda harus mempersiapkan perangkat dengan baik jika ingin menggunakan WA web. Sebenarnya kelemahan tersebut tidak terlalu menjadi masalah selama Anda merasa terbantu menggunakan versi web.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Foto kiri-kanan (Markus Rozano Antar Prasetyo - Bung Kepra selaku Ketua Koordinator Pergelaran; Dirjen Bimas Budha Supriyadi; Ketua Umum Panitia Acara Siddhartha The Musical, Sutina Irsan)

Sabtu, 25 Mei 2024 - 02:40 WIB

Keren! Hadir Kembali Setelah 17 Tahun, Siddhartha The Musical Sukses Hipnotis Warga Jakarta

Jakarta- Kerinduan warga Jakarta, khususnya umat Budha akan Siddhartha The Musical akhirnya terobati. Penampilan para seniman panggung Siddharta The Musical sukses menghipnotis warga yang memadati…

[Ki-Ka] M. Ade Kurniawan - CEO of ACSI, Jaja Ahmad Subarja - President Director of ACSI Corp, Yusup

Jumat, 24 Mei 2024 - 21:22 WIB

Kukuhkan Kepemimpinan Teknologi Lingkungan, Cetta Akuisisi EAS.ai

Akuisisi EAS.ai akan memperkuat posisi Cetta sebagai pemimpin dalam industri teknologi lingkungan di Indonesia dengan mengembangkan kemampuan teknologi AI-nya serta membuka peluang pasar baru.

Kegiatan CSR PT Krakatau Sarana Properti

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:48 WIB

PT. Krakatau Sarana Properti Gelar Kegiatan CSR Bidang Pendidikan dan Lingkungan di Provinsi Banten

PT. Krakatau Sarana Properti (KSP) baru saja menggelar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin dilaksanakan di wilayah Cilegon maupun juga disekitar daerah Provinsi Banten.…

Apartemen

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:42 WIB

Sentimen Positif Dorong Permintaan Apartemen di Jakarta Selama Paruh Kedua Tahun 2024

Colliers memperkirakan permintaan apartemen di Jakarta akan mengalami peningkatan sepanjang sisa semester tahun ini, terutama pada paruh kedua dengan penetapan pemerintahan baru dan kondisi…

PT Charoen Pokphand Indonesia

Jumat, 24 Mei 2024 - 15:18 WIB

Citi Indonesia Rampungkan Kesepakatan Fasilitas Kredit Sindikasi Bergulir untuk Charoen Pokphand

Citibank Indonesia (Citi Indonesia), bertindak sebagai Bank Koordinator Tunggal, telah sukses menyelesaikan kesepakatan fasilitas kredit sindikasi bergulir (syndicated revolving credit facilities)…