Bikin Bangga! IndonesiaHub Pamerkan Produk Premium Indonesia di Beijing

Oleh : Hariyanto | Jumat, 27 Agustus 2021 - 07:13 WIB

 IndonesiaHub Pamerkan Produk Premium Indonesia di Beijing
IndonesiaHub Pamerkan Produk Premium Indonesia di Beijing

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk mendukung peningkatan ekspor Indonesia, IndonesiaHub berpartisipasi dalam Exhibition Expo China International Fair for Trade In Services (CIFTIS) di Beijing. CIFTIS memiliki sejarah panjang sebagai tuan rumah pameran perdagangan jasa sejak 2012, yang sebelumnya dikenal sebagai Beijing Fair.

Selama penyelenggaraannya, CIFTIS berhasil menyebarkan gagasan, menghubungkan penawaran dan permintaan, membagikan peluang bisnis, dan mempromosikan pembangunan perdagangan jasa. Ekshibisi ini akan berlangsung secara online di ciftis.org pada Agustus sampai September.

Sesi offline direncanakan untuk digelar selanjutnya dengan mengikuti situasi pandemi Covid-19 di Negara Tirai Bambu tersebut. CIFTIS diikuti pula oleh International Trade Promotion Center (ITPC) Shanghai yang berkedudukan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Beijing.

ITPC sebagai organisasi nirlaba dibawah pengawasan Badan Pengembangan Ekspor Negara Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bertanggung jawab dalam meningkatkan ekspor nasional serta mengembangkan kesempatan kerja sama bisnis internasional.

Berbicara mengenai kesiapan dalam merealisasikan ekspor, khususnya bagi UKM, langkah terawal yang perlu dilakukan ialah kurasi produk dengan menimbang kualitas, kuantitas dan kontinuitas. Tiga hal tersebut adalah nilai fundamental yang akan membedakan produk UKM layak ekspor dengan yang bukan.

Ghafran Cakradiwirya selaku Managing Director IndonesiaHub menjelaskan bahwa selain kurasi produk, dibutuhkan wadah kolektif untuk menaungi beragam produk premium yang telah memenuhi tiga syarat tersebut sebelum ekspor dilakukan.

“Setelah melalui kurasi, produk unggulan harus mendapatkan panggung yang membuka akses ke pasar global. Nah, di sinilah IndonesiaHub sebagai platform digital berskala internasional karya anak negeri berperan penting dalam membawa produk UKM Indonesia ke kancah perdagangan dunia," ungkap Ghafran yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (27/8/2021).

IndonesiaHub, dengan fitur katalog daring yang dikembangkan secara terintegrasi, membawa ide untuk memberikan akses bagi produk unggulan Indonesia ke ranah global dalam satu sistem marketplace berbasis business to business (B2B).

Platform digital ini hadir sebagai bagian dari ExportHub.id, pionir ekosistem perdagangan global dengan tiga layanan yang saling berkesinambungan: pengelolaan akses ke pembeli global, pengelolaan hubungan dengan pembeli global, dan pengelolaan toko online di platform global.

ExportHub.id memadukan rangkaian layanan hulu ke hilir tersebut untuk mendongkrak ekspor Indonesia ke pasar dunia dengan mengusung gerakan #LokalMengglobal dan #BeraniEkspor.

Ia ditunjang oleh tiga bisnis unit terintegrasi: GeTI Incubator sebagai fasilitator pendampingan dan pelatihan di bidang ekspor, Usaha Perdagangan Indonesia sebagai akselerator perdagangan produk lokal terbaik di pasar nasional, serta AeXI sebagai eksekutor yang membuka akses masif menuju pembeli global.

Ketiga unit bisnis tersebut kian memantapkan peran ExportHub.id sebagai ekosistem perdagangan global pertama di Indonesia yang telah mengantarkan bermacam produk premium milik UKM ke USA, Prancis, German, UK, dan Vietnam.

Dengan keikutsertaan IndonesiaHub dalam CIFTIS, diharapkan produk premium tanah air dapat jauh lebih mudah dan cepat dalam menjangkau konsumen mancanegara dengan memanfaatkan infrastruktur digital mumpuni buatan dalam negeri.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…