Masuk Gelombang ketiga Covid-19, India Khawatir Penularan Pada Anak

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 26 Agustus 2021 - 11:00 WIB

Ilustrasi Warga India (reuters)
Ilustrasi Warga India (reuters)

INDUSTRY.co.id - India sudah berhasil melewati gelombang kedua Covid-19. Namun, para ahli menyebutkan bahwa negara tersebut akan mengalami gelombang ketiga Covid-19 yang akan diperkiran puncaknya sekitar Oktober 2021. 

Dalam sebuah laporan baru-baru ini, komite ahli yang dibentuk di bawah Institut Nasional Penanggulangan Bencana (NIDM) yang dibentuk di bawah arahan Kementerian Dalam Negeri memperingati bahwa saat ini anak-anak mungkin juga berisiko sama dengan orang dewasa. 

Komite pun juga meminta kepada pemerintah pusat untuk meningkatkan dorongan inokulasi secara signifikan untuk menjinakkan lonjakan virus Corona yang akan segera terjadi.

"Fasilitas pediatrik, dokter dan peralatan seperti ventilator, ambulans, dan fasilitas lainnya tidak dekat dengan apa yang mungkin diperlukan jika sejumlah besar anak terinfeksi," katanya seperti dilansir dari laman Indiatoday, Kamis (26/8/2021).

Laporan yang diserahkan ke Kantor Perdana Menteri (PMO), mencatat bahwa hanya sekitar 7,6 persen orang yang sepenuhnya divaksinasi. Namun, saat ini tidak ada bukti langsung yang membuktikan anak-anak di India akan lebih terpengaruh dalam gelombang ketiga. 

Akan tetapi, Laporan tersebut mengungkapkan bagaimanapun juga anak-anak tetap bisa menjadi penyebab kekhawatiran karena mereka masih belum divaksinasi. 

"Banyak ahli kesehatan pada awalnya mengemukakan kekhawatiran tentang kemungkinan gelombang ketiga yang mempengaruhi anak-anak lebih buruk daripada orang dewasa. Namun, data ilmiah baru-baru ini menunjukkan sebaliknya," kata laporan itu.

Namun, karena virus terus berkembang ini akan menjadi tantangan besar bagi anak-anak karena mereka tetap tidak divaksinasi. 

"Menurut para ahli kesehatan masyarakat, anak-anak di bawah 18 tahun tetap tidak divaksinasi di India. Juga, fasilitas perawatan kesehatan pediatrik yang ada tidak cukup kuat untuk merawat anak-anak dalam skala besar," jelasnya.

"Laporan Gugus Tugas Covid-19 Komisi India juga menunjukkan bahwa meskipun anak-anak memiliki penyakit yang lebih ringan dan tingkat kematian yang rendah dibandingkan dengan orang dewasa, mereka yang memiliki komorbiditas yang mungkin berisiko lebih tinggi," tukasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…