Kenalkan Objek Wisata dan Produk Unggulan, PB PON XX Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism & Gerai Honai

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 Agustus 2021 - 16:01 WIB

Peluncuran aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua
Peluncuran aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Panitia Besar (PB) PON XX Pemerintah Provinsi Papua, Bidang Sosial Budaya meluncurkan Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua.

Aplikasi tersebut guna mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Kedua program tersebut adalah merupakan wujud dari hasil identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di 4 cluster PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, termasuk 2 wilayah buffer yakni Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya. 

Aplikasi tersebut resmi diluncurkan oleh Ketua Panitia Besar (PB) Pekan Olahraga Nasional (PON) Yunus Wonda, Koordinator Sosial Budaya PB PON PAPUA XX Septinus Saa, Bendahara Umum PB PON PAPUA XX Theodorus Rumbiah, serta Perwakilan klaster penyelenggara Joko Sunaryo pada Rabu, di Hotel Horizon Ultima Entrop, Jayapura dan telah dapat didownload, melalui perangkat android maupun Ios.

Koordinator Sosial Budaya PB PON PAPUA XX, Septianus mengatakan, tujuan dari Launching Aplikasi Papua Tourism adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 cluster PON XX Papua baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah dan sebagai  E-Commerce Penjualan Produk Budaya secara online.

"Sedangkan tujuan program Gerai Honai Papua adalah mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 cluster PON XX Papua kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON di bulan Oktober mendatang," katanya melalui keterangan tertulisnya di Jakarta (20/8).

Adapun hasil produk budaya tersebut antara lain, anyaman (tas / noken), ikiran, lukisan kulit kayu, gerabah dan kuliner lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism dan secara langsung di Gerai Honai Papua.

"Diharapkan melalui Aplikasi Papua Tourism serta Gerai Honai Papua semua produk budaya yang dibuat oleh masyarakat Papua di 5 wilayah adat dan budaya yang tersebar dalam 4 zona ekologi di Papua dapat memanfaatkannya untuk menjual hasil karya mereka, sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan ekonominya selama pelaksanaan PON", tutup Septianus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:58 WIB

PT PLN Batam Raih Peringkat 1 Wajib Pajak Taat Pajak Kategori PPJU

Pemerintah Kota Batam menyelenggarakan Malam Apresiasi Wajib Pajak Taat Pajak Kota Batam, untuk memberikan penghargaan bagi wajib pajak taat pajak terbaik tahun 2022, Jumat (24/6/2022) malam…

Glamping resort di Yogyakarta

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:52 WIB

Glamping, Tren Wisata di Alam Bebas Senyaman di Hotel Mewah

Ada banyak pilihan jenis wisata, namun yang menjadi primadona belakangan ini adalah wisata di alam terbuka. Selain menawarkan keindahan, wisata di alam terbuka terasa lebih nyaman dilakukan,…

Gedung Bank Mandiri Pusat

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:48 WIB

Bank Mandiri Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi

Bank Mandiri konsisten memperkuat eksistensi sebagai lembaga keuangan terpercaya dalam mendukung sektor usaha lewat dukungan pembiayaan dengan skema sindikasi, terlihat dari posisi Bank Mandiri…

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:29 WIB

Presiden Jokowi Bertolak ke Moskow Adakan Pertemuan dengan Presiden Vladimir Putin

Setelah menempuh perjalanan dengan Kereta Luar Biasa (KLB) selama 11 jam, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di kota Przemysl, Polandia, Kamis, 30 Juni 2022…

Vaksinasi terhadap Sapi

Kamis, 30 Juni 2022 - 14:24 WIB

Terima Vaksin PMK, Gubernur Kalsel Apresiasi Keseriusan Kementan

Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor mengapresiasi dan berterimakasih kepada Menteri Pertanian atas alokasi vaksin PMK kepada Provinsi Kalimantan Selatan.