Tidak Ada Penurus, Toko Permen Usia 346 Tahun di Kuil Jepang Terpaksa ditutup

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 14 Agustus 2021 - 15:00 WIB

Toko Permen Usia 346 Tahun di Kuil Sensoji di Asakusa, Jepang Ditutup (Foto:Soranews23)
Toko Permen Usia 346 Tahun di Kuil Sensoji di Asakusa, Jepang Ditutup (Foto:Soranews23)

INDUSTRY.co.id - Kuil Sensoji di Asakusa, terkenal sebagai tempat wisata yang populer di Jepang. Tetapi tidak hanya destinasinya saja yang menarik, sebab sepanjang jalan yang disebut Nakamise Dori di daerah tersebut juga banyak toko-toko usaha kecil yang menjual berbagai macam souvenir hingga makanan. 

Ya, Kinryuzan merupakan salah satunya sebuah toko permen berusia 346 tahun yang sangat populer di kalangan warga setempat dan wisatawan asing yang berkunjung. Namun, sayangnya toko permen tersebut resmi ditutup pada bulan lalu. 

Dilansir dari laman Soranews24, toko ini terkenal karena menjual permen tradisional yang tentunya sangat melegenda. Berita penutupan toko permen ini tentu saja mengejutkan para pelanggannya. Banyak yang mengira penutupan toko legendaris ini dikarenakan dampak dari pandemi Covid-19 di Jepang. Tetapi, para staf toko menegaskan bahwa masalah sebenarnya tidak ada penurus untuk mengambil alih toko permen tersebut.

Ini adalah kebingungan yang dihadapi oleh banyak bisnis tradisional lama seperti Kinryuzan, karena generasi muda telah memilih pekerjaan kantoran yang aman dan bergaji baik. 

Sayangnya untuk keluarga Kinryuzan, yang telah membuat permen tradisional seperti mochi (kue beras) dan agemanju (kue nasi kukus goreng dengan isian manis) selama berabad-abad. Maka, dengan tidak ada yang bisa mengambil alih bisnis, warisan keluarga mereka sekarang telah berakhir.

Menurut penduduk setempat, Kinryuzan dianggap sebagai salah satu toko tertua di daerah itu, dengan sejarahnya sejak 1675. 

Penutupan toko ini tentu membuat para pelanggan banyak yang bersedih, bahkan mereka pun berkomentar. 

"Saya tidak pernah makan apa pun selain agemanju Kinryuzan di Asakusa, jadi kesenangan Asakusa telah menurun bagi saya," tulis salah satu pelanggan. 

"Sayang sekali, saya sudah makan di sana sejak saya masih kecil. Saya tidak percaya itu hilang," sambung pelanggan lainnya. 

"Ini sangat mengejutkan, sangat sedih mereka tidak memiliki penerus," kata salah satu pelanggannya.

Toko permen kecil ini adalah tempat yang harus dikunjungi banyak orang yang mengunjungi kuil selama bertahun-tahun, tetapi seperti yang ditunjukkan oleh foto-foto terbaru ini, bisnis berusia 346 tahun itu tidak ada lagi.

Sayangnya, bukan hanya kurangnya penerus yang mengancam toko lama ini tetapi, meningkatkan persaingan dari perambahan department store dan mal. Meskipun menjadi daerah bersejarah, sejumlah tempat baru untuk membeli permen dan suvenir telah muncul di distrik Sensoji dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pusat perbelanjaan bertingkat Marugoto Nippondi dekatnya, yang dibuka pada 2015.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Bitcoin

Minggu, 03 Juli 2022 - 20:00 WIB

Simak! Berikut Panduan Lengkap Analisa Teknikal Bitcoin dan Saran Indodax Untuk Investor

Analisa teknikal Bitcoin menjadi salah satu kunci dalam investasi. Hal ini agar para investor dapat tetap meraih untuk meskipun pasar kripto tengah bergejolak. Saat ini, harga bitcoin menyentuh…

Industri 4.0 di sektor industri

Minggu, 03 Juli 2022 - 19:35 WIB

Kemenperin Pastikan Teknologi Industri 4.0 di Seluruh Rantai Pasok Manufaktur Terus Berjalan

Akselerasi revolusi industri 4.0 yang dicanangkan melalui Peta Jalan Making Indonesia 4.0 terus berjalan. Sektor manufaktur didorong bertransformasi menggunakan teknologi digital di seluruh…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Juara Pertama Best of The Best Eksekutif Kejuaraan Menembak Jaksa Agung Cup

Ketua MPR RI sekaligus Dewan Penasihat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo berhasil menyabet Juara Pertama Best of The Best Kelas Eksekutif Kejuaraan…

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:04 WIB

Peletakan Batu Pertama Gedung Keuskupan Merauke oleh Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan rakyat (PUPR) memulai pembangunan gedung Keuskupan Merauke di Jalan Raya Mandala, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua. Secara seremoni pembangunan infrastruktur…

Bincang Tokoh Inspiratif: Gigi & Mulut Sehat Kunci Hidup Berkualitas

Minggu, 03 Juli 2022 - 16:02 WIB

Unilever Indonesia, PDGI dan Sederet Tokoh Inspiratif Ajak Konsumen Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut

Setelah berikan manfaat ke lebih dari 10.000 orang, Pepsodent dan PDGI ajak lebih banyak keluarga Indonesia manfaatkan layanan teledentistry gratis “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent”