APKI Targetkan Produksi Kertas Indonesia Naik 30% Tahun Depan

Oleh : Hariyanto | Selasa, 13 Desember 2016 - 09:53 WIB

Industri Pulp dan Kertas
Industri Pulp dan Kertas

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Produksi kertas Indonesia ditargetkan naik 30% pada tahun depan, hal ini dikarenakan masih akan adanya permintaan dari dalam dan luar negeri.

Wakil ketua umum Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Rusli Tan mengatakan, jumlah produksi kertas tahun depan dapat mencapai 15 juta hingga 17 juta Ton.

"Kami masih optimis permintaan kertas dalam dan luar negeri masih bagus," kata Rusli Tan di Jakarta, Senin (12/12)

Rusli menilai para produsen kertas memiliki perhitungan sebelum melakukan ekspansi produksi. Dengan adanya tambahan investasi dan mesin produksi pada sektor ini, dia berharap target jumlah produksi pada tahun depan dapat dicapai.

"Jangan dilihat dari angka produksi saja, tetapi lapangan kerja yang terbuka dari industri kertas." tambahnya.

ia berharap pemerintah dapat memberikan sejumlah insentif untuk pengusaha kertas untuk dapat memompa produktivitas dan penjualan pada 2017. Selain itu, perlu ada kerja sama antar industri terkait yang menggunakan kertas sebagai bagian dari produksi.

"Industri kertas tahun depan sepertinya akan mendapatkan keuntungan dari peristiwa politik seperti Pilkada (pemilihan kepala daerah)." ujar Rusli.

Adapun berdasarkan data Kementerian Perdagangan sumbangsih sektor ini terhadap PDB sebesar 2%. Nilai ekspor pada Januari hingga September 2016 sebesar US$2561 juta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen PKH Nasrullah mendampingi Mentan SYL saat penyerahan bantuan hadapi PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:58 WIB

Kendalikan PMK, Kementan Kirim Obat-Obatan dan APD ke Beberapa Wilayah

Dalam upaya melakukan pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kementerian Pertanian (Kementan) gerak cepat mengirimkan logistik kesehatan berupa Vitamin, Antibiotik, Antipiretik,…

Exabytes Indonesia

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:33 WIB

47% Sudah Go Digital, Exabytes Indonesia Ajak Pelaku UMKM Transisi Bisnis ke Online

Perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital saat ini menjadi kunci utama bergeraknya UMKM. Seiring dengan tantangan yang semakin berat dan pasca masa pandemi kemarin, tiga persoalan UMKM…

Petugas antisipasi penyebaran PMK

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:21 WIB

Mentan SYL Optimis PMK Dapat Diatasi Segera

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengaku optimis penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dikendalikan secara cepat.

Bank BTN meraih fasilitas pinjaman dari Japan International Cooperation atau JICA, Citi Bank, dan BCA. Adapun nilai pinjamannnya sebesar USD 100 juta. Dana segar tersebut rencananya akan disalurkan BTN ke masyarakat khususnya segmen milenial dalam bentuk KPR non subsidi.

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:12 WIB

Pembiayaan Rumah Rakyat, Bank BUMN Jawara KPR Ini Dapat Dukungan Pendanaan dari JICA, Citi Bank dan BCA

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendapat dukungan dari Japan International Cooperation Agency (JICA) Citi Bank dan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senilai total USD 100 juta…

PT Pegadaian

Rabu, 18 Mei 2022 - 22:01 WIB

Tanggapan Pegadaian Atas Pemberitaan Tentang Gugatan Hak Cipta Tabungan Emas

Jakarta- PT Pegadaian menanggapi pemberitaan media tentang adanya gugatan melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PT Pegadaian atas dugaan pelanggaran hak cipta layanan Tabungan Emas…