Deretan UMKM Kuliner Online Terima Penghargaan eKuliner Awards 2021

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 30 Juli 2021 - 18:30 WIB

Bakakak Ayam Kampung (Ist)
Bakakak Ayam Kampung (Ist)

INDUSTRY.co.id - Tidak hanya memiliki keindahan alam, Indonesia juga kaya akan kelezatan kuliner nusantara. Bahakan, di selama pandemi ini kuliner masuk dalam satu dari top tiga subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama pandemi. 

Maka, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan sebagai salah satu penggerak perekonomian, pelaku UMKM kuliner perlu diberikan pelatihan digital sekaligus channel pemasaran yang memadai

"Sejak awal 2020, Kuliner Nusantara terbukti menjadi andalan UMKM Indonesia yang bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan perekonomian selama pandemi. Saya secara khusus mengapresiasi ajang penghargaan "eKuliner Awards 2021" sebagai langkah positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital," katanya dalam siaran pers yang diterima Industry.co.id, Jumat (30/7/2021).

"Saya berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan confidence para pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga sektor parekraf segera bangkit kembali," harap Kemenparekraf Sandiaga.

Dikesempatan yang sama, menurut Bryant Christanto CEO Paxel mengungkapkan adanya peningkatan pertumbuhan pelaku UMKM Kuliner yang sangat tinggi selama Lebaran tahun lalu. 

"Kami mencatat setidaknya ada 900 ribu makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM Kuliner Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar kota. Ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat mulai dari awal Ramadhan, sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya sebagai obat kangen rumah," jelasnya. 

Melalui teknologi dan logistik, Paxel telah mewujudkan mimpi UMKM Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa mencapai tiga kali lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan ribu paket per bulan. 

"Fakta menariknya berdasarkan data, kita dapati bahwa makanan khas daerah tertentu menjadi favorit orang-orang di daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membeli  bakwan Surabaya dan orang Bandung suka membeli pempek," tuturnya.

Sejak berdiri di akhir 2017, Paxel telah mengukuhkan posisinya sebagai ekosistem digital yang membantu memasarkan produk sekaligus mendorong perekonomian lebih dari 1 juta pelaku UMKM Kuliner Online di Indonesia, lewat layanan sameday delivery  dan platform belanja jajanan khas daerah, PaxelMarket. 

Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” untuk UMKM Kuliner Online yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf). 

Berdasarkan data transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar. 

Sedangkan untuk kategori yang diluncurkan adalah (1) Kuliner Online Favorit Dari Kota (2) Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek (3) Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung.

Berikut daftar UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan "eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran":

1. Pempek Cuko Sedap -- Kuliner Online Favorit dari Kota Jakarta
2. Catering Si Babah -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bogor
3. Venus Tweets -- Kuliner Online Favorit dari Kota Depok
4. Broth Mama -- Kuliner Online Favorit dari Kota Tangerang
5. Kedai Dimsum -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bekasi
6. Bakakak Ayam Kampung -- Kuliner Online Favorit dari Kota Bandung
7. Asla Bird Nest -- Kuliner Online Favorit dari Kota Semarang
8. Ayam Goreng PIO -- Kuliner Online Favorit dari Kota Solo
9. Delicia Bakery -- Kuliner Online Favorit dari Kota Yogyakarta
10. Bakwan Sowan -- Kuliner Online Favorit dari Kota Surabaya
11. Bakso Ndeso Malang -- Kuliner Online Favorit dari Kota Malang
12. Babi Guling Karya Rebo -- Kuliner Online Favorit dari Kota Denpasar
13. Bakso Atiraja -- Kuliner Online Favorit dari Kota Makassar
14. Bakwan Sowan dari Surabaya -- Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek
15. Pempek Cuko Sedap dari Jakarta -- Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…