Kenari Djaja-HDII dan Itenas Kupas Tuntas Fungsi Handle Pintu Menurut Tampilan dan Fungsi

Oleh : Ridwan | Kamis, 29 Juli 2021 - 20:15 WIB

Seminar Interior tentang HANDLE PINTU – Tinjauan Arsitektural, Ergonomi, dan Material
Seminar Interior tentang HANDLE PINTU – Tinjauan Arsitektural, Ergonomi, dan Material

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kemajuan teknologi semakin memacu perkembangan desain arsitektur dan interior modern, sehingga rancangannya semakin nyaman dinikmati oleh pengguna, pengelola maupun pemilik bangunan rumah tinggal, hotel, apartemen, perkantoran, shoping center, rumah sakit, termasuk gedung pemerintah.

Salah satu bagian terpenting dari semua bangunan tersebut adalah eksistensi pintu yang menghubungkan satu ruang dengan lainnya, sebagai lubang masuk (entrance) dan fungsi penyelamat dilengkapi daun pintu untuk menyekat ruang.

Pada kelengkapan daun pintu, peran handle (pegangan pintu) memiliki fungsi penting di samping penampilannya yang berukuran kecil, mudah digunakan dan selaras dengan arsitektur atau desain interiornya.

Fungsi handle pintu yang sangat urgent dan mengikuti desain pintu yang semakin trendy & stylish, membuat 3 pakar dengan latar belakang ahli arsitektur, desain interior dan desain produk, terlibat membahasnya dalam sebuah Seminar Interior tentang HANDLE PINTU – Tinjauan Arsitektural, Ergonomi, dan Material.

Seminar diselenggarakan oleh Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII) bersama Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung ini, didukung oleh perusahaan kunci Kenari Djaja dan media partner Asrinesia serta Property & Bank pada Kamis (29/07).

Menghadapi tuntutan desain yang semakin canggih dan trendi, Desainer Interior yang berlatar keahlian arsitek Diana Pratiwi, ST memberikan tips melalui presentasinya yang berjudul ‘How to choose your best Door Handles’ untuk berbagai gaya arsitektur maupun desain interior.

Menghadapi tantangan zaman ini, Desainer Interior Djalu Djatmiko, M.Sn dengan paparan tentang ‘Ergonomi Pada Desain Handle’ menyatakan harus tetap ada karakter yang pas dengan kebutuhan fungsi, material dan desainnya yang turut menentukan peran handle pintu pada suatu gaya arsitektur.

Apabila bangunannya mengacu pada gaya tradisional yang kaya dengan berbagai etnik budaya, Desainer Interior Anwar Subkiman, M.Sn menyampaikan ‘Bagaimana Menyilih Desain Handle Pintu Nusantara’ yang masih banyak penggemarnya.

Seminar virtual ini dipimpin oleh moderator Irma Rosalia Handayani, ST, HDII yang mengharap dapat menginspirasi desainer produk dalam menciptakan handle pintu yang memenuhi kebutuhan kreasi para Arsitek dan Desainer Interior. Peserta yang terdiri dari desainer muda, mahasiswa, dan pelaku pembangunan, banyak medapat ide kreatif untuk menginovasi karya mereka.

Seperti di katakan Direktur Kenari Djaja Hendry Sjarifudin dan sambutan Ketua Umum HDII Rohadi, S.Sn., saat ini mereka tengah menyelenggarakan kegiatan kompetisi desain ‘hande pintu’ yang bisa dimanfaatkan mahasiswa dan professional muda untuk mengkaji dan mereformasi bentuk handel masa depan yang terbaik.

Mungkin saja nama mereka akan tercantum pada produk handle pintu yang dipilih untuk diproduksi dan dipasarkan oleh Kenari Djaja.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi produksi keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:30 WIB

Dukung Proyek IKN, Industri Keramik Siap Investasi di Kaltim

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) optimis pemerintahan baru yang akan dipimpin oleh Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan melanjutkan proyek Ibu Kota Negara (IKN)…

Proses bongkar muat sekam padi di storage area sekam padi di Pabrik Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rabu, 24 April 2024 - 18:13 WIB

Keren! Reduksi Emisi Gas Rumah Kaca, SIG Tingkatkan Penggunaan Bahan Bakar Alternatif Menjadi 559 Ribu Ton

Jakarta– Isu perubahan iklim yang disebabkan oleh emisi gas rumah kaca (GRK) telah menjadi perhatian dunia, dengan munculnya komitmen global untuk mewujudkan net zero emission pada 2060.

Industri keramik

Rabu, 24 April 2024 - 18:00 WIB

Asaki Desak Pemerintah Segera Terapkan Antidumping Keramik China, Besaran Tarif Capai 150%

Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) mendesak KADI untuk bekerja serius dan segera menerapkan kebijakan Antidumping untuk produk keramik impor asal Tiongkok yang secara tren tahunan…

Platform Teknologi Laboratorium di Indonesia Digelar untuk Ketujuh Kalinya

Rabu, 24 April 2024 - 17:56 WIB

Program Keberlanjutan dan Kecerdasan Buatan Menjadi Topik Hangat pada Pameran Lab Indonesia 2024

Jakarta– Lab Indonesia 2024 kembali mempertemukan elit industri laboratorium ilmiah dan analisis pada tanggal 24 – 26 April 2024 di Jakarta Convention Center (JCC).

Pembukaan kantor baru Thermo Fisher Scientific

Rabu, 24 April 2024 - 17:50 WIB

Ekspansi di Asia Pasifik, Thermo Fisher Scientific Buka Kantor di Jakarta dan Jalin Kemitraan Baru

Perusahaan menandatangani dua Nota Kesepahaman (MoU) dengan National Battery Research Institute dan Mandaya Hospital Group sebagai bagian dari ekspansi strategisnya di Indonesia