Ayah Bunda, Ini Berapa Tips Menghadiri Undangan Pernikahan saat Pandemi COVID-19

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 28 Juli 2021 - 17:41 WIB

Ilustrasi Pesta Pernikahan (Yuri Arcurs/Getty Images)
Ilustrasi Pesta Pernikahan (Yuri Arcurs/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Pandemi Covid-19 yang mulai terjadi di awal tahun ini tidak hanya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan, tapi juga membuat banyak rencana penyelenggaraan acara-acara besar terpaksa harus batal atau ditunda, termasuk pesta pernikahan.

Tidak sedikit pasangan pengantin yang menunda sampai waktu yang tidak ditentukan, tapi ada juga sebagian pasangan yang memutuskan untuk tetap melanjutkan pernikahan dengan membuat pesta kecil sebagai gantinya.

Entah itu kerabat atau teman baik yang menikah, bila kamu merasa tidak nyaman untuk menghadiri pesta pernikahan di masa seperti sekarang ini, kamu berhak untuk menolak datang. Namun, bila kamu memutuskan untuk hadir, berikut ini tips aman menghadiri pesta pernikahan agar kesehatan dan keselamatan kamu dan orang lain tetap terjaga. Tips ini dikutip dari Tribratanews.polri.go.id.

1. Pastikan ada protokol kesehatan yang diterapkan oleh penyelenggara

Apabila akan menghadiri sebuah acara pernikahan, maka pastikan penyelenggaraan pesta tersebut sudah sesuai dengan protokol kesehatan. Namun, apabila tidak mematuhi protokol kesehatan, kitab berhak untuk tidak menghadiri acara tersebut.

2. Jika sakit atau tidak enak badan tunda/batalkan kehadiran

Patikan kondisi badan yang fit untuk menghidari pesta pernikahan. Apabila tidak enak badan, diimbau untuk tidak bepergian keluar rumah untuk menghindari penularan Covid-19

3. Selalu memakai masker mulai dari keluar rumah hingga kembali kerumah

Mengenakan masker adalah cara paling efektif agar kamu bisa menghadiri pesta pernikahan dengan aman dan nyaman. Bahkan bila kamu berada di luar ruangan, tetap patuhi protokol kesehatan dan kenakan masker, apalagi bila kamu berada dalam jarak dekat dengan orang lain. Kamu harus tetap mengenakan masker, termasuk saat berfoto bersama pengantin dan kerabat yang datang ke resepsi.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, masker sudah menjadi perlengkapan yang wajib digunakan saat kamu ingin bepergian ke mana pun, termasuk menghadiri pesta pernikahan. Jangan khawatir, kamu tetap bisa tampil cantik kok meski mengenakan masker. Kini, banyak dijual masker dengan desain yang mewah dan elegan yang cocok digunakan untuk menghadiri acara formal, seperti pesta pernikahan.

4. Hindari mengobrol dengan orang lain saat makan

Bila kamu ingin menghadiri pesta pernikahan selama pandemi COVID-19, ada baiknya kamu mengurangi bersosialisasi dengan orang lain sebelum acara tersebut. Artinya, lewatkan hang out bersama teman-teman di restoran, berbelanja di mall, kencan di café, kecuali benar-benar penting. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi risiko tertular virus dan menyebarkannya di pesta pernikahan yang akan kamu hadiri nanti.

5. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain

Virus Corona sangat mudah menular, sehingga penting untuk menjaga jarak dengan orang lain. Tidak bisa memberi pelukan ucapan selamat kepada sahabat terdekat yang sedang menikah memang menyedihkan. Namun ingat, saat ini yang terpenting adalah menjaga keamanan semua orang. Sebagai tamu undangan yang baik, kamu tentunya tidak mau membuat pasangan pengantin merasa tidak nyaman dengan berdiri terlalu dekat dengan mereka.

Oleh karena itu, tetap menjaga jarak sejauh enam kaki dengan orang lain selama menghadiri pesta pernikahan. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri, tapi dengan sedikit perhatian ekstra, kamu masih bisa merayakan momen bahagia tersebut bersama teman dan keluarga dari jarak yang aman.

6. Selalu mencuci tangan berkala menggunakan sabun

Beberapa pakar kesehatan percaya bahwa virus Corona bisa menempel di berbagai benda dan menular dengan melakukan kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi tersebut. Penting untuk mencuci tangan sesering mungkin.

Cara terbaik adalah pergi ke kamar mandi dan cuci tangan kamu dengan sabun dan air hangat selama 20 detik. Namun, kamu juga dianjurkan untuk selalu membawa hand sanitizer berbahan dasar alkohol, sehingga kamu bisa membersihkan tangan kamu sesering mungkin selama perayaan.

7. Utamakan salam “Namaste” dan batasi waktu ketika di lokasi

Namaste ini bisa digunakan sebagai pengganti berjabat tangan yang biasa dilakukan orang Indonesia. Gerakan namaste dikenal dalam olahraga yoga. Biasanya, orang yang selesai latihan yoga akan mengucapkan namaste diikuti dengan gerakan mengatupkan kedua tangan di dada.

Sebaiknya berikan salam namaste dari jarak yang cukup jauh, agar teman atau kerabat sudah mengetahui kamu akan memberikan salam namaste.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…