UNESCO Umumkan 9 Tambahan Baru Daftar Situs Warisan Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 28 Juli 2021 - 14:00 WIB

Taman Retiro, di Madrid, Spanyol (Tripadvisor)
Taman Retiro, di Madrid, Spanyol (Tripadvisor)

INDUSTRY.co.id - Komite Warisan Dunia UNESCO mengumumkan penambahan terbaru untuk daftar Situs Warisan Dunia, yakni Taman Retiro Madrid dan Kereta Api Trans di Iran.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, sembilan penambahan baru tersebut tersebar di seluruh Eropa dan Asia.

Di Madrid, Taman Retiro dan Jalan Raya Paseo del Prado dengan deretan tanaman tua di tepi jalan masuk ke dalam daftar tersebut dan ini merupakan salah satu tempat pertama di kota besar Eropa.

"Di mana semua warga negara, tanpa perbedaan kelas, dapat menikmati waktu luang dan berjalan-jalan," jelas Kementerian Laur Negeri Spanyol dalam sebuah pernyataan, menurut Reuters.

"Bangga dengan kota kami, dan bahagia untuk Spanyol dan warisan ibu kotanya," kata WaliKota Madrid Jose Luis Martinez-Almeida.  dalam tweet-nya.

Selain itu, komite juga memilih untuk memasukkan China's Emporium of the Wor, sebuah situs yang berasal dari abad ke-10 Masehi. Situs ini memiliki bangunan keagamaan dan sisa-sisa arkeologi dermaga, jembatan, dan jaringan transportasi yang berdiri sebagai pengingat semangat kota sebagai emporium maritim selama periode Song and Yuan.

Selanjutnya, ada pula koleksi 11 kota spa di tujuh negara Eropa, di antaranya Austria, Belgia, Ceko, Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris juga ditambahkan sebagai penanda sebagai 'budaya spa Eropa internasional yang berkembang dari awal abad ke-18 hingga 1930-an'.

Serta, Kawasan Budaya Ḥimā Arab Saudi di bagian pegunungan negara itu ditambahkan untuk koleksi besar gambar seni cadas yang berisi lebih dari 7.000 tahun.

Lebih lanjut, ada Mercusuar Cordouan abad ke-16 di Prancis, Koloni Seniman Darmstadt di Mathildenhöhe di Jerman, lukisan dinding abad ke-14 di Padua, Italia, Kuil Kakatiya Rudreshwaraabad ke-12 di India, dan kereta api Trans-Iran.

Sementara itu Komite Situs Warisan Dunia akan melanjutkan pemungutan suara pada penambahan daftar baru hingga 28 Juli.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Rabu, 24 April 2024 - 06:29 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Olahraga Bersama Menembak Pistol

Guna menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kemampuan menembak Pistol, Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi…

Progress Group groundbreaking jalan penghubung di Ciputat

Rabu, 24 April 2024 - 06:15 WIB

Permudah Mobilitas Warga Paradise Resort City, Progress Group Groundbreaking Jalan Penghubung di Ciputat

Progress Group melakukan groundbreaking pembangunan jalan penghubung antara Jl. Aria Putra dan Jl. H Taip di Ciputat, sebagai bagian penting dari pengembangan akses boulevard dari township Paradise…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Rabu, 24 April 2024 - 04:29 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin Upacara HUT Ke-78 TNI AU, bertempat di Lapangan Dirgantara Akademi Angkatan Udara Yogyakarta, Jawa Tengah, Senin (22/4/2024).