UNESCO Umumkan 9 Tambahan Baru Daftar Situs Warisan Dunia

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 28 Juli 2021 - 14:00 WIB

Taman Retiro, di Madrid, Spanyol (Tripadvisor)
Taman Retiro, di Madrid, Spanyol (Tripadvisor)

INDUSTRY.co.id - Komite Warisan Dunia UNESCO mengumumkan penambahan terbaru untuk daftar Situs Warisan Dunia, yakni Taman Retiro Madrid dan Kereta Api Trans di Iran.

Dilansir dari laman Travel and Leisure, sembilan penambahan baru tersebut tersebar di seluruh Eropa dan Asia.

Di Madrid, Taman Retiro dan Jalan Raya Paseo del Prado dengan deretan tanaman tua di tepi jalan masuk ke dalam daftar tersebut dan ini merupakan salah satu tempat pertama di kota besar Eropa.

"Di mana semua warga negara, tanpa perbedaan kelas, dapat menikmati waktu luang dan berjalan-jalan," jelas Kementerian Laur Negeri Spanyol dalam sebuah pernyataan, menurut Reuters.

"Bangga dengan kota kami, dan bahagia untuk Spanyol dan warisan ibu kotanya," kata WaliKota Madrid Jose Luis Martinez-Almeida.  dalam tweet-nya.

Selain itu, komite juga memilih untuk memasukkan China's Emporium of the Wor, sebuah situs yang berasal dari abad ke-10 Masehi. Situs ini memiliki bangunan keagamaan dan sisa-sisa arkeologi dermaga, jembatan, dan jaringan transportasi yang berdiri sebagai pengingat semangat kota sebagai emporium maritim selama periode Song and Yuan.

Selanjutnya, ada pula koleksi 11 kota spa di tujuh negara Eropa, di antaranya Austria, Belgia, Ceko, Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris juga ditambahkan sebagai penanda sebagai 'budaya spa Eropa internasional yang berkembang dari awal abad ke-18 hingga 1930-an'.

Serta, Kawasan Budaya Ḥimā Arab Saudi di bagian pegunungan negara itu ditambahkan untuk koleksi besar gambar seni cadas yang berisi lebih dari 7.000 tahun.

Lebih lanjut, ada Mercusuar Cordouan abad ke-16 di Prancis, Koloni Seniman Darmstadt di Mathildenhöhe di Jerman, lukisan dinding abad ke-14 di Padua, Italia, Kuil Kakatiya Rudreshwaraabad ke-12 di India, dan kereta api Trans-Iran.

Sementara itu Komite Situs Warisan Dunia akan melanjutkan pemungutan suara pada penambahan daftar baru hingga 28 Juli.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Groundbreaking Mazenta Residence Bintaro (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 07 Juli 2022 - 18:20 WIB

Gelar Groundbreaking, Mazenta Residence Bintaro Sukses Tarik Minat Konsumen

PT Serpong Bangun Cipta melalui Cipta Harmoni Lestari (CHL) yang merupakan anak perusahaan Harita Group menggelar 'Groundbreaking' proyek residensial terbarunya yaitu 'Mazenta Residence Bintaro'.

Para anggota Direksi PT Summarecon Agung Tbk yang mengikuti acara paparan publik usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Kamis (07/07/2022) di Jakarta. (Foto: Humas Summarecon Agung)

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:26 WIB

Kontribusi Usaha Summarecon Dukung Perekonomian Indonesia di Masa Pandemi

PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) menghadapi kondisi yang penuh tantangan untuk melalui masa pandemi Covid-19 dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun. Pasalnya, beragam pembatasan mobilitas yang…

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:22 WIB

Kementerian PUPR Benahi 8 Venue ASEAN Para Games 2022 di Kota Surakarta

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membenahi sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Delapan…

Direktur Retail Banking BSI Ngatari (kiri) dan Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna (kanan) saat meresmikan Program Hujan Emas BSI 2022 di Pasar Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta.

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:18 WIB

Dorong Investasi Emas di Masyarakat, BSI Lakukan Program Hujan Emas

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) mendorong minat masyarakat dalam berinvestasi khususnya melalui instrumen logam mulia atau emas lewat Program Hujan Emas.

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:17 WIB

Waspada ! Berekspresi di Sosial Media Ada Batasannya

Menurut laporan We Are Social, penggunaan internet di Indonesia untuk bersosial media menghabiskan 197 menit atau sekitar 3,2 jam per harinya. Seperti yang sudah kita tahu, media sosial digunakan…