Studi Menyebutkan Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Tertular Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 26 Juli 2021 - 17:15 WIB

Kopi Sumatera (Foto Dok Industry.co.id)
Kopi Sumatera (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Minum kopi memang dipercaya dapat menyehatkan tubuh. Bahkan, ada sebuah terbaru yang dilakukan oleh para ahli di Northwestern University di Illinois, Amerika Serikat menemukan bahwa minum kopi dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap Covid-19. Selain itu, sayuran sehat juga memainkan peran penting dalam penelitian ini. 

Dilansir dari laman Food Ndtv, dipublikasikan dalam jurnal Nutrients, para peneliti menganalisis data 37.988 peserta dari UK Biobank. Dari studi tersebut, peneliti mengamati kebiasaan diet peserta sejak 2006 hingga 2010 dan menarik hipotesis berkaitan dengan risiko infeksi Covid-19 pada 2020.

Selain itu, penelitian ini berfokus pada diet peserta dengan asupan kopi, teh, sayuran, buah, ikan berlemak, daging olahan, dan daging merah yang dikonsumsi mereka. Maka, setelah peneliti menemukan bahwa di antara 37.988 peserta yang dites Covid-19, 17 persera dites positif Covid-19.

Menurut rilis resmi, disimpulkan oleh para peneliti dari penelitian ini, bahwa :

Satu atau lebih cangkir kopi per hari dikaitkan dengan sekitar 10 persen penurunan risiko Covid-19 dibandingkan dengan kurang dari satu cangkir per hari. Lalu,  konsumsi setidaknya 0,67 porsi per hari sayuran (dimasak atau mentah, tidak termasuk kentang) dikaitkan dengan risiko infeksi Covid-19 yang lebih rendah.

Kemudian, mengonsumsi daging olahan setidaknya 0,43 porsi per hari dikaitkan dengan risiko Covid-19 yang lebih tinggi. 

"Kopi adalah sumber utama kafein, tetapi ada juga puluhan senyawa lain yang mungkin berpotensi mendasari asosiasi pelindung yang kami amati," kata penulis senior studi Marilyn Cornelis, profesor asosiasi kedokteran pencegahan di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Sabtu, 18 September 2021 - 19:33 WIB

Yayasan Dharma Pertiwi Resmikan Daycare dan PAUD Holistik Integratif

Yayasan Dharma Pertiwi mengadakan acara peresmian Daycare dan PAUD Holistik Integratif Yayasan Dharma Bhakti Dharma Pertiwi yang berlokasi di lingkungan Mabes TNI, Jumat (17/9/2021).

Ilustrasi Bermain internet (altselection.com)

Sabtu, 18 September 2021 - 18:25 WIB

Bangun Kualitas Diri dengan Jejak Digital Positif dan Terapkan Etika

Transformasi digital mengalami percepatan, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang memengaruhi bagaimana masyarakat berinteraksi di dunia digital. Mulai dari mencari informasi, bekerja,…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Sabtu, 18 September 2021 - 18:00 WIB

Ketua MPR RI Harap Dunia Usaha di Bali Bisa Segera Bangkit

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap perekonomian di Bali bisa kembali bergerak seiring penurunan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 ke level 3 di Pulau Bali.…

Ilustrasi Pelecehan Seksual Secara Online (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:55 WIB

Jangan Takut Melapor! Pentingnya Kenali 5 Bentuk Pelecehan Seksual di Ruang DigitalĀ 

Interaksi sosial masyarakat yang beralih ke ruang digital berkat adanya internet, membuat tindak kekerasan seksual pun berpindah ke ranah online.

Orangtua Ajarkan Anak Tentang Internet (Ist)

Sabtu, 18 September 2021 - 17:10 WIB

Peran Orangtua Memberi Ajaran Agar Anak Aman Berinternet

Internet dan media sosial seperti mata pisau, di satu sisi memiliki manfaat positif namun sisi lainnya ada dampak negatif yang bisa melukai penggunanya. Terlebih untuk anak-anak, peran orangtua…