Luar Biasa Gercep! Menperin Agus Sulap Balai Diklat Industri Jadi Fasilitas Isolman Pasien Covid-19

Oleh : Candra Mata | Senin, 26 Juli 2021 - 14:23 WIB

Menperin Agus Resmikan BDI Jakarta Pusat Isolman
Menperin Agus Resmikan BDI Jakarta Pusat Isolman

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita terus bergerak cepat membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

Didampingi oleh Sekjen Kemenperin yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid 19 di Kementerian Perindustrian Dody Widodo serta Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Arus Gunawan, Menperin Agus meninjau sekaligus meresmikan Fasilitas Isolasi Mandiri Terpusat di Balai Diklat Industri (BDI) Jakarta.

Menperin mengemukakan bahwa fasilitas isolasi mandiri (isoman) terpusat ini sejatinya merupakan balai pelatihan Kemenperin yang didedikasikan untuk masyarakat sekitar, khususnya para pegawai Kemenperin yang terpapar covid19.

"Penyediaan fasilitas isoman merupakan kontribusi Kemenperin yang bekerjasama dengan BNPB Indonesia, hal ini dimaksudkan untuk mendorong percepatan penanganan pandemi serta mengurangi tekanan terhadap rumah sakit yang cukup kewalahan akibat melonjaknya jumlah pasien covid-19," ujarnya seperti dikutip redaksi INDUSTRY.co.id dari keterangannya di akun Instagram @Kemenperin pada Senin (26/7/2021).

Selain di BDI Jakarta, sambung Menperin pihaknya juga menyiapkan Wisma Industri Kemenperin di Puncak, lalu Politeknik STTT Bandung, kemudian BDI Yogyakarta, dan BDI Surabaya sebagai tempat isoman terpusat.

Dikatakannya, setiap fasilitas isoman ini mampu menampung sekitar 100 pasien Covid-19 bergejala ringan atau tanpa gejala, yang dilengkapi dengan fasilitas kamar termasuk alat bantu pernafasan, kunjungan dokter dan perawat, serta pemberian obat-obatan.

"Selain obat-obatan fasilitas isoman tersebut juga akan dilengkapi dengan 300 konsentrator oksigen yang merupakan alat bantu pernafasan bagi pasien dengan gejala ringan dan sedang yang membutuhkan," tandasnya.

Saat ini, menurut Agus, Kemenperin juga tengah mendorong pendirian fasilitas-fasilitas isolasi berupa rumah-rumah oksigen bekerja sama dengan para perusahaan industri terutama industri-industri non-produsen oksigen tetapi memiliki teknologi penghasil oksigen. 

"Ini ditujukan untuk mendekatkan fasilitas isolasi dengan sumber-sumber oksigen sehingga tidak ada kendala suplai oksigen bagi pasien covid-19," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).