Sawit Sumbermas Sarana Persiapkan RSPO Virtual Tour untuk Agustus 2021

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 24 Juli 2021 - 08:00 WIB

Pulau Salat dijadikan areal konservasi Orangutan oleh manajemen PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). Ini adalah salah satu langkah untuk mengusung kemitraan yang sesuai dengan mekanisme Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustanable Palm Oil (RSPO). (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk)
Pulau Salat dijadikan areal konservasi Orangutan oleh manajemen PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). Ini adalah salah satu langkah untuk mengusung kemitraan yang sesuai dengan mekanisme Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustanable Palm Oil (RSPO). (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), salah satu emiten kelapa sawit yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, akan melaksanakan RSPO Virtual Tour pada Agustus 2021. Itu adalah salah satu langkah untuk mengusung kemitraan yang sesuai dengan mekanisme Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustanable Palm Oil (RSPO).

Program RaCP RSPO tersebut dilaksanakan SSMS dengan menyediakan areal konservasi orang utan di Pulau Salat, Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Program itu menegaskan bahwa SSMS tidak hanya mengedepankan profit dalam berbisnis, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Head of Sustainability SSMS, Henky Satrio Wibowo, mengungkapkan, pihaknya kini mempersiapkan kegiatan RSPO virtual Tour pada Agustus 2021. Untuk mengecek perkembangan persiapan acara tersebut, Tim RSPO mengunjungi areal konservasi Orangutan di Pulau Salat, Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, pada 12 - 13 Juni 2021.

“Ini kedatangan kedua RSPO untuk melihat progress kemitraan yang diinisiasi oleh PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) bersama Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival) sejak tahun 2016 itu,”ujar Hengky, Jumat (23/07/2021)

Dia menambahkan, kegiatan virtual tour ini adalah kesempatan bagus untuk mengedukasi dan menepis persepsi negatif masyarakat Indonesia terhadap industri sawit, apalagi kegiatan ini banyak melibatkan generasi muda.

Melalui kegiatan ini, pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa SSMS, perusahaan yang bertanggung jawab. Selain itu sekaligus mengabarkan, kehadiran industri sawit dapat menjadi solusi serta memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan dan satwa langka khususnya orang utan.

Tidak hanya berkunjung ke Pulau Salat, tim RSPO juga menyempatkan bersilaturahim dengan Ketua BUMDes Pilang dan Ketua Kelompok Tani Pandohop yang menjadi penyuplai pakan orang utan dan kebutuhan logistik di Pulau Salat.

Imam A. El Marzuq, Senior Manager Global Community Outreach and Engagement RSPO,  menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini, untuk mengedukasi masyarakat, khususnya melalui generasi muda. Intinya, mereka ingin memperlihatkan betapa praktek sawit berkelanjutan sudah dilakukan para pelaku industri sawit di Indonesia, yang tergabung dalam keanggotaan RSPO.

Menurut Imam, konsep awal RSPO virtual Tour, mengajak peserta melakukan kunjungan langsung ke Pulau Salat. Tetapi, kondisi pandemi Covid-19 belum kondusif, konsep kegiatan diubah menjadi kunjungan virtual dengan memanfaatkan platform digital.

Imam berjanji, video yang telah diambil oleh Tim RSPO akan dikemas semenarik mungkin dengan beragam informasi. Tujuannya, agar para peserta virtual tour dapat menikmati dan mendapatkan informasi dari berbagai lokasi layaknya berkunjung langsung. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Merger BGR ke dalam PPI sesuai amanah Presiden yang telah diturunkan melalui PP Nomor 97 tahun 2021.

Kamis, 23 September 2021 - 21:29 WIB

Calon Holding Pangan Dukung Penuh Proses Penggabungan BGR ke dalam PPI

akarta-Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) / RNI, Arief Prasetyo Adi, sambangi Kantor Pusat PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) / PPI guna memberikan dukungan…

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.

Ilustrasi Digital Skills (Ist)

Kamis, 23 September 2021 - 20:45 WIB

Pentingnya Memiliki Kemampuan Digital Saat Ini

Berkembangnya teknologi digital juga turut membawa kemampuan-kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh masyarakat khususnya para generasi muda dan usia produktif. Mereka juga harus mengetahui sebenarnya…