Sawit Sumbermas Sarana Persiapkan RSPO Virtual Tour untuk Agustus 2021

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 24 Juli 2021 - 08:00 WIB

Pulau Salat dijadikan areal konservasi Orangutan oleh manajemen PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). Ini adalah salah satu langkah untuk mengusung kemitraan yang sesuai dengan mekanisme Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustanable Palm Oil (RSPO). (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk)
Pulau Salat dijadikan areal konservasi Orangutan oleh manajemen PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS). Ini adalah salah satu langkah untuk mengusung kemitraan yang sesuai dengan mekanisme Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustanable Palm Oil (RSPO). (Foto: Humas PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS), salah satu emiten kelapa sawit yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, akan melaksanakan RSPO Virtual Tour pada Agustus 2021. Itu adalah salah satu langkah untuk mengusung kemitraan yang sesuai dengan mekanisme Remediation & Compensation Program (RaCP) Roundtable on Sustanable Palm Oil (RSPO).

Program RaCP RSPO tersebut dilaksanakan SSMS dengan menyediakan areal konservasi orang utan di Pulau Salat, Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Program itu menegaskan bahwa SSMS tidak hanya mengedepankan profit dalam berbisnis, tetapi juga peduli terhadap lingkungan dan masyarakat.

Head of Sustainability SSMS, Henky Satrio Wibowo, mengungkapkan, pihaknya kini mempersiapkan kegiatan RSPO virtual Tour pada Agustus 2021. Untuk mengecek perkembangan persiapan acara tersebut, Tim RSPO mengunjungi areal konservasi Orangutan di Pulau Salat, Desa Pilang, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, pada 12 - 13 Juni 2021.

“Ini kedatangan kedua RSPO untuk melihat progress kemitraan yang diinisiasi oleh PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) bersama Yayasan BOS (Borneo Orangutan Survival) sejak tahun 2016 itu,”ujar Hengky, Jumat (23/07/2021)

Dia menambahkan, kegiatan virtual tour ini adalah kesempatan bagus untuk mengedukasi dan menepis persepsi negatif masyarakat Indonesia terhadap industri sawit, apalagi kegiatan ini banyak melibatkan generasi muda.

Melalui kegiatan ini, pihaknya juga ingin menunjukkan bahwa SSMS, perusahaan yang bertanggung jawab. Selain itu sekaligus mengabarkan, kehadiran industri sawit dapat menjadi solusi serta memberikan kontribusi positif dalam pelestarian lingkungan dan satwa langka khususnya orang utan.

Tidak hanya berkunjung ke Pulau Salat, tim RSPO juga menyempatkan bersilaturahim dengan Ketua BUMDes Pilang dan Ketua Kelompok Tani Pandohop yang menjadi penyuplai pakan orang utan dan kebutuhan logistik di Pulau Salat.

Imam A. El Marzuq, Senior Manager Global Community Outreach and Engagement RSPO,  menyampaikan, tujuan utama kegiatan ini, untuk mengedukasi masyarakat, khususnya melalui generasi muda. Intinya, mereka ingin memperlihatkan betapa praktek sawit berkelanjutan sudah dilakukan para pelaku industri sawit di Indonesia, yang tergabung dalam keanggotaan RSPO.

Menurut Imam, konsep awal RSPO virtual Tour, mengajak peserta melakukan kunjungan langsung ke Pulau Salat. Tetapi, kondisi pandemi Covid-19 belum kondusif, konsep kegiatan diubah menjadi kunjungan virtual dengan memanfaatkan platform digital.

Imam berjanji, video yang telah diambil oleh Tim RSPO akan dikemas semenarik mungkin dengan beragam informasi. Tujuannya, agar para peserta virtual tour dapat menikmati dan mendapatkan informasi dari berbagai lokasi layaknya berkunjung langsung. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…