Anti Busuk, Ini Tips dari Chef Cara Menyimpan Kentang di Rumah

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:15 WIB

 Kentang di Pasar Tradisional
Kentang di Pasar Tradisional

INDUSTRY.co.id - Kentang merupakan salah satu sayuran yang dapat diolah berbagai macam masakan. Sama seperti sayuran pada umumnya, kentang juga tidak bisa tahan dalam waktu yang lama. Kesegaran kentang mudah hilang jika disimpan terlalu lama.

Maka dari itu, jika Kamu punya banyak stok kentang di rumah, Chef Kunal Kapur akan membagikan tips dan trik cara menyimpan kentang di rumah agar tahan lama dan tetap segar. 

"Tahukah Anda bahwa kentang dapat bertahan lebih lama daripada buah dan sayuran lainnya? Tetapi akhirnya, mereka mulai tumbuh tunas hijau dan kehilangan beberapa kesegaran dan rasa mereka. Jika Anda tahu cara menyimpannya dengan benar, mereka akan tetap segar selama berminggu-minggu, atau bahkan mungkin berbulan-bulan, lebih lama," tulisnya dalam postingan Instagram milikinya @chefkunal.

Dilansir dari laman Indianexpress, berikut tips dari Chef Kunal cara menyimpan kentang yang baik dan benar di rumah.

- Simpan kentang di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. 
- Lalu jang simpan di dalam kulkas karena, suhu dingin di dalamnya menyebabkan pati kentang dikonversi menjadi gula, menghasilkan rasa manis dan perubahan warna saat dimasak.
- Hindari area yang mencapai suhu tinggi atau menerima terlalu banyak sinar matahari. Selalu di tempat gelap yang sejuk jauh dari sinar matahari. 
- Siapkan kantong plastik berlubang dan kertas di dalamnya karena dipercaya dapat membuat kentang tahan lama.
- Jangan mencuci kentang sebelum disimpan. Karena kelembaban dapat merusak tekstur kentang.
- Hijau pada kulit kentang adalah penumpukan bahan kimia yang disebut Solanine. Ini adalah reaksi alami terhadap kentang yang terpapar terlalu banyak cahaya.
- Solanin menghasilkan rasa pahit dan jika dimakan dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan penyakit.
- Jika ada sedikit penghijauan, potong bagian hijau dari kulit kentang sebelum memasak dan makan.
- Kecambah adalah tanda bahwa kentang mencoba untuk tumbuh. Menyimpan kentang di tempat yang sejuk, kering, gelap yang berventilasi baik akan mengurangi kentang dapat tumbuh. 
- Potong kecambah sebelum memasak atau makan kentang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…