Anti Busuk, Ini Tips dari Chef Cara Menyimpan Kentang di Rumah

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:15 WIB

 Kentang di Pasar Tradisional
Kentang di Pasar Tradisional

INDUSTRY.co.id - Kentang merupakan salah satu sayuran yang dapat diolah berbagai macam masakan. Sama seperti sayuran pada umumnya, kentang juga tidak bisa tahan dalam waktu yang lama. Kesegaran kentang mudah hilang jika disimpan terlalu lama.

Maka dari itu, jika Kamu punya banyak stok kentang di rumah, Chef Kunal Kapur akan membagikan tips dan trik cara menyimpan kentang di rumah agar tahan lama dan tetap segar. 

"Tahukah Anda bahwa kentang dapat bertahan lebih lama daripada buah dan sayuran lainnya? Tetapi akhirnya, mereka mulai tumbuh tunas hijau dan kehilangan beberapa kesegaran dan rasa mereka. Jika Anda tahu cara menyimpannya dengan benar, mereka akan tetap segar selama berminggu-minggu, atau bahkan mungkin berbulan-bulan, lebih lama," tulisnya dalam postingan Instagram milikinya @chefkunal.

Dilansir dari laman Indianexpress, berikut tips dari Chef Kunal cara menyimpan kentang yang baik dan benar di rumah.

- Simpan kentang di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. 
- Lalu jang simpan di dalam kulkas karena, suhu dingin di dalamnya menyebabkan pati kentang dikonversi menjadi gula, menghasilkan rasa manis dan perubahan warna saat dimasak.
- Hindari area yang mencapai suhu tinggi atau menerima terlalu banyak sinar matahari. Selalu di tempat gelap yang sejuk jauh dari sinar matahari. 
- Siapkan kantong plastik berlubang dan kertas di dalamnya karena dipercaya dapat membuat kentang tahan lama.
- Jangan mencuci kentang sebelum disimpan. Karena kelembaban dapat merusak tekstur kentang.
- Hijau pada kulit kentang adalah penumpukan bahan kimia yang disebut Solanine. Ini adalah reaksi alami terhadap kentang yang terpapar terlalu banyak cahaya.
- Solanin menghasilkan rasa pahit dan jika dimakan dalam jumlah banyak yang dapat menyebabkan penyakit.
- Jika ada sedikit penghijauan, potong bagian hijau dari kulit kentang sebelum memasak dan makan.
- Kecambah adalah tanda bahwa kentang mencoba untuk tumbuh. Menyimpan kentang di tempat yang sejuk, kering, gelap yang berventilasi baik akan mengurangi kentang dapat tumbuh. 
- Potong kecambah sebelum memasak atau makan kentang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Link Net Tbk (LINK) (Foto DokIndustry.co.id)

Kamis, 23 September 2021 - 21:01 WIB

Curhat Pelanggan Direspon Cepat, Link Net Dianugerahi Penghargaan Indonesia Customer Service Champions

Jakarta– Dalam mewujudkan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan, PT Link Net Tbk dengan brand First Media terus melakukan berbagai upaya dan optimalisasi layanan,…

Produk Mie BonCabe level 30 Rasa Ramen Pedas yang diluncurkan PT Kobe Boga Utama, Kamis (23/09/2021), di Tangerang, Provinsi Banten. (Foto: Humas PT Kobe Boga Utama)

Kamis, 23 September 2021 - 20:59 WIB

Kobe Boga Utama Luncurkan Mie BonCabe Level 30 Rasa Ramen Pedas

PT Kobe Boga Utama meluncurkan produk baru Mie BonCabe level 30 rasa Ramen Pedas pada acara Live Event “Ngeramen BonCabe” pada Kamis (23/09/2021). Acara tersebut dimeriahkan oleh para komika,…

Jalin Kerja Sama, Kemenag dan Perpusnas Luncurkan Portal Web Kepustakaan Keagamaan

Kamis, 23 September 2021 - 20:46 WIB

Pemulihan Pembelajaran di Madrasah Mengandalkan Buku Teks

Jakarta-Kementerian Agama (Kemenag) RI dan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI meluncurkan portal web Kepustakaan Keagamaan.

Ilustrasi Digital Skills (Ist)

Kamis, 23 September 2021 - 20:45 WIB

Pentingnya Memiliki Kemampuan Digital Saat Ini

Berkembangnya teknologi digital juga turut membawa kemampuan-kemampuan baru yang bisa dimiliki oleh masyarakat khususnya para generasi muda dan usia produktif. Mereka juga harus mengetahui sebenarnya…

JULO meluncurkan fitur lengkap kredit digital untuk dapat Hidupkan Hidupmu melalui stabilitas keuangan

Kamis, 23 September 2021 - 20:36 WIB

Dahsyat! Perusahaan Teknologi Karya Anak Bangsa Ini Ciptakan JULO, Kredit Digital Lengkapi Fitur Isi Pulsa Hingga Scan QRIS

JAKARTA- Sebagai perusahaan teknologi asal Indonesia, PT JULO Teknologi Finansial (JULO) meluncurkan kredit digital dengan berbagai fitur transaksi meliputi kelengkapan transaksi cash dan non-cash.