BKPM dan SKK Migas Sumbagsel Adakan Workshop, Tingkatkan Peran UMKM di Sektor Hulu Migas

Oleh : Herry Barus | Kamis, 15 Juli 2021 - 16:00 WIB

Direktur Pemberdayaan Usaha Kementerian Investasi / BKPM, Anna Nurbani
Direktur Pemberdayaan Usaha Kementerian Investasi / BKPM, Anna Nurbani

INDUSTRY.co.id - Palembang- Setelah sukses dilaksanakan di Surabaya, Kementerian Investasi / BKPM kembali mengadakan Workshop Peningkatan Daya Saing Nasional 2021 di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan Workshop belum lama ini dilakukan dengan kerjasama antara SKK Migas Sumbagsel dan Kementerian Investasi/ BKPM RI.

Direktur Pemberdayaan Usaha Kementerian Investasi / BKPM, Anna Nurbani menjelaskan kegiatan ini ditujukan untuk mengajak pengusaha daerah untuk ikut terlibat aktif dalam industri penunjang hulu migas.

“Workshop ini kami hadirkan dibeberapa daerah agar peran pengusaha muda terus meningkat dalam industri hulu migas nasional, sehingga secara tidak langsung akan membuat industri hulu migas semakin bergairah untuk investasi” terang Anna dalam sambutannya ketika membuka acara workshop (12/07/2021).

Kementerian Investasi / BKPM saat ini terus mendorong pertumbuhan ekonomi di berbagai sektor. Salah satunya di sektor hulu migas yang masih sangat menjanjikan. Apalagi saat ini Indonesia melalui SKK Migas telah menargetkan peningkatan produksi migas secara signifikan dari kisaran 750.000 barel per hari menjadi 1.000.000 barel per hari.

Anna menilai untuk mencapai target tersebut pengusaha daerah melalui UMKM harus diikutsertakan.

“Peluang investasi sektor migas hingga tahun 2024 diperkirakan sekitar US$ 117 miliar, ini peluang besar yang harus kita tangkap. Kementerian Investasi / BKPM akan terus mendorong peran serta UMKM dan pengusaha daerah untuk terlibat dalam kegiatan investasi di sektor migas ini," terang Anna.

Ia menambahkan saat ini Kementerian Investasi / BKPM menggalakan program kemitraan BKPM dalam Rangka Pemberdayaan Usaha UMKM.

“Target kami jelas, kami akan mendorong peluang usaha hulu-hilir migas untuk UMKM dengan kolaborasi dengan SKK Migas dan Kontraktor Kerjasama. Selain itu melalui kegiatan ini kami juga berharap ada peningkatan jumlah vendor atau UMKM yang terintegrasi dalam database SKK Migas untuk sektor jasa penunjang migas," kata Anna

Dalam kesempatan yang sama, Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Anggono Mahendrawan juga menyampaikan dukungan dan komitmen satuannya terhadap pelibatan UMKM dan pengusaha lokal.

“SKK Migas Sumbagsel tentu sangat terbuka untuk rekan-rekan pengusaha daerah dan UMKM. Wilayah Sumbagsel memiliki potensi dan sumur minyak yang membutuhkan peran serta aktif dari rekan-rekan pengusaha. Acara yang digagas oleh Kementerian Investasi / BKPM akan kami lanjutkan dengan pertemuan-pertemuan selanjutnya dengan rekan-rekan himpunan pengusaha muda (HIPMI)," kata Anggono.

Workshop yang diadakan selama dua hari ini juga dihadiri Ketua Umum HIPMI Sumsel, Hermansyah Mastari, Staf Ahli Menteri ESDM, Nanang Abdul Manaf, Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas, Widi Santuso, Kontraktor Kerjasama di Wilayah Sumbagsel, Petrochina dan Pertamina Zona 1 dan Zona 4, Deputy General Manager Bisnis Menengah BNI, Andy Yusdiman, serta Agus Suhendro, Group Head SME Business Group BSI

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.